BIODATA
Hati
Nurahayu PENDIDIK: SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kab. Bandung SMP-SMA Karakter
UTSMAN BIN AFFAN Arjasari Kab. Bandung CEO-TATA AKBAR Biodata penulis Nama :
Hati Nurahayu, S.Pd. Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 01-Agustus 1980 NUPTK :
7440-7586-5930-0032 Tunjangan dr Pemerintah : Sertifikasi dan Inpassing Mapel
yang diampu : IPA Lama Mengajar : 16,5 Tahun Sekolah Tempat Mengajar : SMP Plus
Al-Amanah ( 2008-sekarang ) SMP-SMA Karakter Utsman Bin Affan Boarding
School(2019-sekarang) Alamat Rumah : Perumahan Parahyangan Kencana E 12/21
rt;03/Rw 13, desa Ciluncat, Kec. Cangkuang Kabupaten Bandung. HP: 081282180370
Telp Rumah: 022 589991507 Pengalaman Mengajar : Tahun 2003-2008- SMP Terpadu
Baiturrahman Kab Bandung Tahun 2005-sekarang SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kab
Bandung Tahun 2019-sekarang SMP/SMA Karakter UBA Boarding School Bidang yang
dipegang : TBM Saung Literasi Hati, WaG Literasi Patungan Buku dan Penerbit
Tata Akbar
Penelitian
Ilmiah
x Media Kartu Elmu- Finalis Inobel 2019- Presenter xStrategi
LIBGET dalam PBM – Simposium Nasional 2018 - Presenter ´ Media CTI HATI-Inobel WS Kemendikbud 2017 ´ PTK Media Pembelajaran – Seminar Nasional 2017-Presenter
´ Model Inquiri untuk Karakter Pendidikan PBM Asam Basa
Garam-Dana Hibah Penelitian Seameo in QITEP- 2017-Presenter ´ Media Puzzle dlm Pembelajaran darah- Karya Inovatif
IPA-P4TK IPA 2016 – Peserta ´ Media Kartu
Kuartet- Karya Inovetif P4TK IPA-Presenter ´ Media Pembelajaran ….- Dana Block Grant LPMP JABAR 2008 ´ Diskusi Biologi dikaitkan dengan Ayat Suci Al-Qur’an-
Seminar internasinal Sains – SEDEC P4TKIPA-2007- Presenter ´ Pemateri Semiloka Kearifan Lokal – Dinas Kabupaten
Bandung-Tahun 2018
Penghargaan
´ Anugerah Winaya Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung,
Bupati Bandung sebagai Guru Penggerak Indonesia Maju- 2019 ´ Anugerah Winaya Kabupaten Bandung Guru Berprestasi 2017 ´ Karya Terbaik I Diseminasi Literasi Nasional Kemendikbud
2017.
Semua guru pastinya terutama yang diwajibkan menulis
biasanya bagi PNS untuk memenuhi naik pangkat.
Susah susah gampang dalam menyusun
atau menentukan latar belakang
menentukan PTK. Itu modal atau
titik awal yang menentukan PTK dapat dilakukan
Lalu setelah membuat PTK dapatkah kita mendapatkan
nilai PAK versi lain, ini
terutama bagi PNS. selain artikel untuk dijurnalkan, dapat pula kita jadikan buku. Buku ini memiliki
kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam
melakukan PTKnya juga.
Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun
PTK. Beliau menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya
beliau tidak menerbitkan asal
langsung cetak hasil PTK. tetapi
mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk
dibaca, juga menarik.
Bagaimana
caranya?..
Ini versi beliau akan bagikan ini misalkan contoh PTK sederhana beliau tahun 2014.
Lalu bagaimana beliau membukukannnya, bisa menjadi 2
versi
Beliau mohon yang
menerima materi ini tidak di publis
di web..hanya untuk pribadi peserta di
sini, karena beliau pernah mendapatkan
file peuyeum bandung beliau di share di salah satu penerbit terkenal tanpa meminta izin terlebih dahulu
ke beliau. dan beliau belum menghubungi
mereka.
Ini buku versi ke 2 yang beliau susun bagaimana
menerbitkan buku PTK .
Teman teman boleh
menentukan, mau versi satu atau versi beliau yang pernah beliau buat. silahkan bebas memilih
Ini merupakann beberapa PTK dan Inobel maupunn best pract
yang beliau terbitkan menjadi buku, karya sahabat guru nasional. ini juga, cara
kita mengambil judul dari PTK beliau simpelkan seperti ini.
Salah satunya buku Omjay, PTK yang telah lolos Inobel
2018. dan menjadi buku beliau ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti
laporan Inobel atau PTK.
Menurut beliau karena banyak penulis yang belum mengubah
PTK menjadi buku, beliau lebih mengaahkan mereka mengubah versi buku terlebih
dahulu.
Dalam mengubah PTK menjadi buku, penting sekali
memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita.
atau lebih memperluas isi bacaannya. Tentunya berdasarkan sumber yang relevan.
Atau kata kunci dari PTK kita.. Banyak guru kebingungan
mencari judul. Kita gak usah bingung, ambil intinya saja buku kita jadi asik
tuk dikembangkan menjadi buku bacaan juga dari PTK kita.
Boleh dua orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK.
kita mengembangkan dari isi PTK kita lebih ke versi buku seperti yang beliau share
filenya. tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang beliau tahu.
kalau yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK. Amannya 70
halaman. dan isi materi bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK
Beliau masih belajar hanya membantu guru menerbitkan
bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, beliau banyak membaca buku
best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku.
melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca. Juga menyediakan
bacaan sumber lain. karena editor juga harus banyak membaca buku sumber
relevan.
Setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana
menjadi luarbiasa dari PTK.
Tergantung isi konten PTK yang dibuat guru, dan kliknya
ide kita mengembangkan.
Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu
mengubah PTK, saat ini beliau menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu
agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.
Saat beliau menerima Researc Grant Seaqis… PTK kita bila
satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor penguji PTK beliau tahun 2017 kan ada
rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil.
Dan PTK fokus ke inti permasalahan, misalkan tentang ke
karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indikator ..
Misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar… tapi
fokus ke salah satu, ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga
refleksi.
Bagian mana saja dari batang tubuh PTK yang dibuang, dan
bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi
sebuah buku?
Yang dibuang yang bagian misalnya Pendahuluan..bagian
kata kata PTKnya…
Bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas.
Kembangkan tentang Media (Pengertian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)
Upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara
lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena
setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai
penggalaman dan bacaannya yang di dapat.
Menurut beliau semakin literatnya penulis akan semakin
oke buku yang ditulis.
Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.
Versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam
buku. Tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang beliau contohkan. Itu pernah
ditulis oleh Omjay dan beliau juga.
Data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan
atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah . R&D juga bisa banget, yang
tadi dikembangkan.
Kalau mau membuat versi penulisan 1 cara beliau satu PTK
saja. Kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. Banyak juga yang
menulis Kumpulan PTK. Biasanya beliau menuliskan pembuka dan isi materi
sepintas tentang PTK. Satu best bisa jadi buku. sangat bisa dan dikembangkan
oleh penulis juga. tidak usah diseminarkan tidak apa apa .
Kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir
menurun lakukan refleksi dan tindakan lagi .
Menurut beliau variabelnya jangan terlalu banyak.Bisa aja kita tidak
berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus
satu variabel dan mendalam pembahasannya, itulah namanya PTK.
Agar efektif pastinya sesuai dengan tidnakannyang akan
kita lakukan , jangan meluas. sesuai kata kunci judul PTK kita. .karena
kalau kita bahas mendalam materi itu malah meluas juga. Jadi teori fokus ke
kata kunci PTK kita
PTK kalau buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin
ikuti sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau
buat naik pangkat. PTK dan best pract sangat berbeda.
PTK ada alur penelitian serangkaian
observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak
berhasil.
Best pract pengalaman terbaik di kelas dengan sistematika
tertentu yang lebih simpel.
laporan PTK dapat dijadikan best Practice, namun laporan
best Pract tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut beliau.
Mengolah kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan PTK dari pengantar atau di pembuka pada pengolahan kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan PTK dati pengantar atau di pembuka pada buku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar