Rabu, 01 Juli 2020

MENERBITKAN BUKU DARI HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


BIODATA

Hati Nurahayu PENDIDIK: SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kab. Bandung SMP-SMA Karakter UTSMAN BIN AFFAN Arjasari Kab. Bandung CEO-TATA AKBAR Biodata penulis Nama : Hati Nurahayu, S.Pd. Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 01-Agustus 1980 NUPTK : 7440-7586-5930-0032 Tunjangan dr Pemerintah : Sertifikasi dan Inpassing Mapel yang diampu : IPA Lama Mengajar : 16,5 Tahun Sekolah Tempat Mengajar : SMP Plus Al-Amanah ( 2008-sekarang ) SMP-SMA Karakter Utsman Bin Affan Boarding School(2019-sekarang) Alamat Rumah : Perumahan Parahyangan Kencana E 12/21 rt;03/Rw 13, desa Ciluncat, Kec. Cangkuang Kabupaten Bandung. HP: 081282180370 Telp Rumah: 022 589991507 Pengalaman Mengajar : Tahun 2003-2008- SMP Terpadu Baiturrahman Kab Bandung Tahun 2005-sekarang SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kab Bandung Tahun 2019-sekarang SMP/SMA Karakter UBA Boarding School Bidang yang dipegang : TBM Saung Literasi Hati, WaG Literasi Patungan Buku dan Penerbit Tata Akbar

Penelitian Ilmiah

x Media Kartu Elmu- Finalis Inobel 2019- Presenter xStrategi LIBGET dalam PBM – Simposium Nasional 2018 - Presenter ´ Media CTI HATI-Inobel WS Kemendikbud 2017 ´ PTK Media Pembelajaran – Seminar Nasional 2017-Presenter ´ Model Inquiri untuk Karakter Pendidikan PBM Asam Basa Garam-Dana Hibah Penelitian Seameo in QITEP- 2017-Presenter ´ Media Puzzle dlm Pembelajaran darah- Karya Inovatif IPA-P4TK IPA 2016 – Peserta ´ Media Kartu Kuartet- Karya Inovetif P4TK IPA-Presenter ´ Media Pembelajaran ….- Dana Block Grant LPMP JABAR 2008 ´ Diskusi Biologi dikaitkan dengan Ayat Suci Al-Qur’an- Seminar internasinal Sains – SEDEC P4TKIPA-2007- Presenter ´ Pemateri Semiloka Kearifan Lokal – Dinas Kabupaten Bandung-Tahun 2018

Penghargaan

 ´ Anugerah Winaya Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Bupati Bandung sebagai Guru Penggerak Indonesia Maju- 2019 ´ Anugerah Winaya Kabupaten Bandung Guru Berprestasi 2017 ´ Karya Terbaik I Diseminasi Literasi Nasional Kemendikbud 2017.

Semua guru pastinya terutama yang diwajibkan menulis biasanya bagi PNS untuk memenuhi naik pangkat.  Susah susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  menentukan PTK. Itu modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan

Lalu  setelah  membuat PTK dapatkah kita  mendapatkan  nilai PAK versi lain,  ini terutama bagi PNS. selain artikel untuk dijurnalkan, dapat pula  kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain dalam melakukan PTKnya juga.

Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Beliau menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya beliau  tidak menerbitkan asal langsung  cetak hasil PTK. tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.

Bagaimana caranya?..

Ini versi beliau akan bagikan ini misalkan contoh PTK sederhana beliau tahun 2014.


Lalu bagaimana beliau membukukannnya, bisa menjadi 2 versi

Beliau mohon  yang menerima   materi ini tidak di publis di  web..hanya untuk pribadi peserta di sini, karena beliau pernah mendapatkan  file peuyeum bandung beliau di share di salah satu penerbit  terkenal tanpa meminta izin terlebih dahulu ke beliau. dan beliau belum menghubungi mereka.

Ini buku versi ke 2 yang beliau susun bagaimana menerbitkan buku PTK .

Teman teman  boleh menentukan, mau versi satu atau versi beliau yang pernah beliau  buat. silahkan bebas memilih

Ini merupakann beberapa PTK dan Inobel maupunn best pract yang beliau terbitkan menjadi buku, karya sahabat guru nasional. ini juga, cara kita mengambil judul dari PTK beliau simpelkan seperti ini.

Salah satunya buku Omjay, PTK yang telah lolos Inobel 2018. dan menjadi buku beliau ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti laporan Inobel atau PTK.

Menurut beliau karena banyak penulis yang belum mengubah PTK menjadi buku, beliau lebih mengaahkan mereka mengubah versi buku terlebih dahulu.

Dalam mengubah PTK menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya. Tentunya berdasarkan sumber yang relevan.

Atau kata kunci dari PTK kita.. Banyak guru kebingungan mencari judul. Kita gak usah bingung, ambil intinya saja buku kita jadi asik tuk dikembangkan menjadi buku bacaan juga dari PTK kita.

 

Boleh dua orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan dari isi PTK kita lebih ke versi buku seperti yang beliau share filenya. tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang beliau tahu. kalau yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK. Amannya 70 halaman. dan isi materi bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK

 

Beliau masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, beliau banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca. Juga menyediakan bacaan sumber lain. karena editor juga harus banyak membaca buku sumber relevan.

Setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK.

Tergantung isi konten PTK yang dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan.

Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini beliau menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.

 

Saat beliau  menerima Researc Grant Seaqis… PTK kita bila satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor penguji PTK beliau tahun 2017 kan ada rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil.

Dan PTK fokus ke inti permasalahan, misalkan tentang ke karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indikator ..

Misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar… tapi fokus ke salah satu, ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi.

 

Bagian mana saja dari batang tubuh PTK yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi sebuah buku?

Yang dibuang yang bagian misalnya Pendahuluan..bagian kata kata PTKnya…

Bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas.

Kembangkan tentang Media (Pengertian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)

 

Upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang di dapat.

Menurut beliau semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang ditulis.

Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.

Versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. Tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang beliau contohkan. Itu pernah ditulis oleh Omjay dan beliau juga.

Data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah . R&D juga bisa banget, yang tadi dikembangkan.

 

Kalau mau membuat versi penulisan 1 cara beliau satu PTK saja. Kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. Banyak juga yang menulis Kumpulan PTK. Biasanya beliau menuliskan pembuka dan isi materi sepintas tentang PTK. Satu best bisa jadi buku. sangat bisa dan dikembangkan oleh penulis juga. tidak usah diseminarkan tidak apa apa .

 

Kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun lakukan refleksi dan tindakan lagi .

Menurut beliau variabelnya jangan terlalu banyak.Bisa aja kita tidak berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus satu variabel dan mendalam pembahasannya, itulah namanya PTK.

Agar efektif pastinya sesuai dengan tidnakannyang akan kita lakukan , jangan meluas. sesuai kata kunci judul PTK kita. .karena kalau kita bahas mendalam materi itu malah meluas juga. Jadi teori fokus ke kata kunci PTK kita

PTK kalau buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin ikuti sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat. PTK dan best pract sangat berbeda.

PTK ada alur penelitian serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak berhasil.

Best pract pengalaman terbaik di kelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel.

laporan PTK dapat dijadikan best Practice, namun laporan best Pract tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut beliau.

Mengolah kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan PTK dari pengantar atau di pembuka pada pengolahan kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan PTK dati pengantar atau di pembuka pada buku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar