Minggu, 12 Juli 2020

DIGITAL MARKETING BUKU PENERBIT ANDI



Jum’at, 10 Juli 2020 Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Dampak penjualan buku selama Pandemi Covid-19

1.    jaringan toko buku seluruh Indonesia mengalami sementara mengalami tutup dalam kurun waktu hampir 4 bulan ini

2.    Banyak orang yang takut datang ke Toko Buku maupun mall-mall yang ada di di dalamnya ada di toko buku.

3.    Terjadi penurunan omset toko buku kurang lebih 70% sampai 80%.

4.    Banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku

5.    Banyak penerbit yang gulung tikar maupun bangkrut karena adanya pandemi ini.

 


Dari data tersebut kita bisa lihat bahwa selama masa Pendemi karena ini sangat kita lihat grafik pengunjung di Gramedia toko buku itu mengalami penurunan dan sangat tajam sekali mulai sudah pertengahan Februari sudah mulai turun dratis naik sedikit, tetapi April awal sudah mengalami penurunan lagi sampai terus tutup turun. Nah ini mulai merangkak naik lagi itu adalah pertengahan Juni tapi turun lagi nah ini di awal Juli ini sudah mulai mengalami kenaikan untuk pengunjung ke toko buku Gramedia khususnya yang dibuka khusus untuk sesuai dengan protokol Covid-19.

Pentingnya Transformasi Digital

 

1.      Dampak pandemi Covid 19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Ekonomy.  Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru harus bergeser ke sektor sektor industri terutama sektor industri perbukuan.

 

2.      Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar- mengajar sebagai seorang guru maupun dosen, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial.

 

3.      Strateginya yang paling utama yang kita pakai dalam pemasaran buku ini adalah Digital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .




Ini kalau kita lihat dalam bagan yang saya share ini yang dinamakan Digital marketing di dalam Digital marketing Inilah kita harus menyesuaikan diri dengan era normal ini kita akan sesuaikan dengan sistem marketing supaya tetap kita eksis yaitu dengan Digital marketing. Digital marketing inilah yang terkandung di dalamnya ada brand ada sosial media ada konten marketing nya lewat email marketing ada juga kita buat video produksinya desain nya di Vlog dan juga design dan sebagainya ini yang adalah gambaran gambaran bagaimana kita masuk ke dalam tataran Digital marketing.

 

Manfaat Digital Marketing

1.    Biaya lebih relatif terjangkau atau murah.

2.    Daya jangkauan sangat luas.

3.    Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori.

4.    Komunikasi dengan konsumen lebih mudah.

5.    Mudah dievaluasi dan dikembangkan.

6.    Lebih cepat popular.

7.    Sangat membantu meningkatkan penjualan.

 

 

Potensi Buku Sekolah

Kebijakan terkait dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah )

1.    Pengembangan perpustakaan

2.    Kegiatan penerimaan siswa baru

3.    Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler

4.    Kegiatan evaluasi pembelajaran

5.    Pengelolaan sekolah

6.    Pembelian atau perawatan alat multimedia pembelajaran

7.    Pembayaran honor

8.    Perawatan sekolah langganan daya dan jasa

9.    Pengembangan profesi guru.

 

Penerbit ANDI

Menyediakan

1.      Melayani pembelian buku dari Dana BOS melalui Siplah ( blanja.com dan blibli.com)

2.      Buku Teks Utama K13 ( Buku HET), BuPel pendamping,  dan buku Pelajaran Perminatan.

3.      Buku Pelajaran SMK untuk buku kelompok C2,C3

4.      Buku Ajar Informatika Kelas 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12

5.      Buku Perpustakaan baik buku fisik dan e-books

6.      Alat-alat olahraga dan alat-alat kesenian.

 



Ini adalah beliau gambarkan ranking buku laku di toko Gramedia ini untuk di toko Gramedia seluruh Indonesia itu masih kontribusi terbesar dalam pembelian buku best sellernya masih didominasi oleh novel yaitu Novels kurang lebih kontribusinya 16% dari keseluruhan kategori dari 34 kategori. Kedua itu adalah departemen children.  Buku anak itu masih cukup ranking tinggi yaitu rangking 2 kontribusinya 13,6% dan Departemen religi maupun spiritual itu juga ga menduduki rangking 6 dan referensi itu juga masih cukup bagus.  Jadi bilamana kepingin sekali menerbitkan atau menulis buku silakan itu dipilih dari rangking 1 sampai ranking 10 itu adalah gambaran buku yang diminati oleh pasar pertama di toko buku Gramedia dan toko buku lainnya.

 

www.andipublisher.com

“Menulis adalah suatu perjuangan penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya. Lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia” .

 

Dalam hal untuk pembelian melalui buku paket melalui Siplah ini kami menyediakan blanja.com marketplace yang kami gunakan atau blibli setelah masukkan ke Po blibli atau ke blanja.com melalui akun Dapodik sekolah, itu baru nanti kita akan kirim barang setelah kirim barang itu diterima langsung pembeli buat barang ada berita acara serah terima barang setelah itu telah di-upload ke Siplah baru nanti di transfer ke Metro Plaza Kalau di blanja.com namanya setelah itu bukti slip pembayaran tersebut juga diupload baru kami akan menunggu verifikasi dari pihak marketplace tersebut Jadi intinya adalah barang baru sampai di terima oleh pembeli baru boleh dibayar.

 

Cara kita bekerjasama dengan memasarkan buku dengan penulis dengan pihak penerbit. Biasanya kami sama-sama dengan Penulis itu di dalam marketing itu antara penulis dengan penerbit itu biasanya melakukan pemasaran kerjasama bersama dengan mengadakan bedah buku serta mengatakan saat ini sering kita lakukan setiap hari yaitu dengan webinar dengan tersebut mengadakan promo bersama tersebut pihak Penulis itu juga akan diuntungkan karena nanti dengan hasil promosi tersebut maka akan mendapatkan hak royalti yang akan diterima oleh penulis Dari hasil penjualan tersebut dan bilamana penulis ingin memasarkan sendiri kami juga dari pihak penerbit akan memberikan kontribusi diskon atau rabat kepada penulis tersebut rata-rata 30% sampai 40% demikian itu bisa dijadikan kerja sama untuk sama-sama memasarkan produknya yang telah ditulis oleh penulis tersebut.

 

Peran yang diharapkan oleh penerbit terutama untuk bagian pemasaran terhadap penulis yang ikut andil dalam menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat Covid 19 yaitu peran yang kami harapkan itu adalah penulis bisa berkolaborasi dengan penerbit dalam hal kita mengadakan promosi bersama lewat media sosial dan juga lewat komunitas yang ada supaya buku yang ditulis oleh penulis tersebut itu bisa sama-sama meningkatkan penjualan karena dengan kondisi Covid-19 ini kita tidak bisa bergerak sendiri juga kita juga harus sama-sama berkolaborasi antara penerbit dengan penulis sehingga di situlah kita bisa sama-sama memasarkan produk yang telah ditulis oleh penulis tersebut bisa kita melalui webinar bisa melalui kita mengadakan bedah buku dengan cara kita zoom ataupun dengan cara kita masuk ke livestreaming kami fasilitasi tersebut kami sudah mengagendakan setiap hari mengadakan webinar dengan banyak penulis yang ada di penerbit Andi.

 

Yang kedua harapan dengan peran dan peran para guru dengan kondisi saat ini supaya pemesan buku bisa segera pulih kami mengharapkan peran guru dapat juga membangkitkan semangat membaca kepada peserta didiknya memberikan suatu motivasi untuk Gemar Membaca dengan adanya peran guru tersebut kami optimis akan bermanfaat dan berdampak baik kedalam muridnya masing-masing supaya murid tersebut bisa juga membaca buku perpustakaan di sekolah masing-masing, karena peran guru saat ini dengan adanya Covid 19 ini adalah sistem daring yang saat ini berjalan siswa di rumah ah harus diberikan suatu PR dan juga beban untuk bisa membaca dengan membaca itulah akan menambah pengetahuan dan juga bisa belajar bersama lewat buku yang telah diterapkan atau diberikan oleh guru dari setiap peserta didiknya.

 

Stimulus yang kami berikan kepada para penulis dan guru supaya bisa ikut andil memulihkan kondisi pemasaran buku menjadi lebih baik lagi Kami biasanya memberikan pertama adalah rabat atau diskon kepada penulis dan juga kepada guru supaya dengan adanya stimulus tersebut dalam bentuk rabat dan diskon dari hasil penjualan akan meningkatkan atau menambah income keluarga dari penulis maupun dari guru.  Itu stimulus yang kami berikan dan juga kami juga biasanya memberikan stimulus berupa doorprize hadiah buku yang bisa kami berikan kepada guru maupun kepada penulis untuk sebagai sampel contoh melakukan penawaran Penawaran ke komunitasnya ke peserta didiknya dan kepada komunitas-komunitas yang ada yang jejaring yang ada di penulis maupun di guru.

 

Caranya agar buku kita masuk ke akun Siplah dan apa syaratnya sebenarnya masuk ke akun Siplah tersebut harus ada SK penilaian dari purkusbuk dan didaftarkan ke website service pusbuk baru akan di akun siplah dan  nama buku yang sudah masuk di website atau web service pusbuk tersebut maka akan terkoneksi ke siplah Kemendikbud siplah Kemendikbud itu nanti akan meng-upload ke marketplace yang ada sehingga marketplace tinggal akan mendownload dari siplah Akun tersebut ke dalam marketpricenya masing-masing. Jadi intinya begini syaratnya adalah pertama buku tersebut harus lolos penilaian dari Purkusbuk yang kedua adalah adanya SK surat keputusan dari pihak Purkusbuk baru buku tersebut bisa masuk ke akun siplah setelah masuk ke akun siplah itu adalah sudah dinyatakan resmi sehingga bisa di-upload di marketplace itu blanja.com di blibli dan yang lainnya.

 

Bagaimana cara agar buku kita masuk ke akun Siplah dan apa syaratnya tadi yang syarat yang pertama adalah adanya SK penilaian dari pusbuk dan masuk ke web service pusbuk sehingga itu akan bisa di-upload di siplah syarat yang lainnya itu adalah kita sebagai mendaftarkan diri sebagai penyedia barang ke marketplace dalam syarat sebagai penyedia barang tersebut itu berupa legalnya bisa CV bisa PT kalau itu secara legal sudah kita daftarkan ke marketplace dan kita akan memasarkan buku tersebut kita pastinya harus melalui syarat-syarat yang ada yaitu misalkan ada SIUP NPWP terus juga ada legal notarisnya dan sebagainya Itu adalah bisa masuk ke akun siplah.




5 komentar: