Jum’at, 10 Juli 2020 Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Dampak penjualan buku selama Pandemi Covid-19
1. jaringan
toko buku seluruh Indonesia mengalami sementara mengalami tutup dalam kurun
waktu hampir 4 bulan ini
2.
Banyak orang yang takut
datang ke Toko Buku maupun mall-mall yang ada di di dalamnya ada di toko buku.
3.
Terjadi penurunan omset
toko buku kurang lebih 70% sampai 80%.
4.
Banyak penerbit yang memberhentikan
distribusi ke toko buku
5. Banyak
penerbit yang gulung tikar maupun bangkrut karena adanya pandemi ini.
Dari data tersebut kita bisa lihat bahwa
selama masa Pendemi karena ini sangat kita lihat grafik pengunjung di Gramedia
toko buku itu mengalami penurunan dan sangat tajam sekali mulai sudah
pertengahan Februari sudah mulai turun dratis naik sedikit, tetapi April awal
sudah mengalami penurunan lagi sampai terus tutup turun. Nah ini mulai
merangkak naik lagi itu adalah pertengahan Juni tapi turun lagi nah ini di awal
Juli ini sudah mulai mengalami kenaikan untuk pengunjung ke toko buku Gramedia
khususnya yang dibuka khusus untuk sesuai dengan protokol Covid-19.
Pentingnya
Transformasi Digital
1. Dampak
pandemi Covid 19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Ekonomy. Era ini ditandai dengan interaksi antar
individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan
dan keselamatan, perilaku yang baru harus bergeser ke sektor sektor industri
terutama sektor industri perbukuan.
2. Perubahan
ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar-
mengajar sebagai seorang guru maupun dosen, kehidupan keluarga hingga aktivitas
sosial.
3. Strateginya yang paling utama yang kita pakai dalam pemasaran buku ini adalah Digital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Ini kalau kita lihat dalam bagan yang saya
share ini yang dinamakan Digital marketing di dalam Digital marketing Inilah
kita harus menyesuaikan diri dengan era normal ini kita akan sesuaikan dengan
sistem marketing supaya tetap kita eksis yaitu dengan Digital marketing.
Digital marketing inilah yang terkandung di dalamnya ada brand ada sosial media
ada konten marketing nya lewat email marketing ada juga kita buat video
produksinya desain nya di Vlog dan juga design dan sebagainya ini yang adalah
gambaran gambaran bagaimana kita masuk ke dalam tataran Digital marketing.
Manfaat
Digital Marketing
1. Biaya
lebih relatif terjangkau atau murah.
2.
Daya jangkauan sangat luas.
3.
Mudah menentukan target
pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori.
4.
Komunikasi dengan konsumen
lebih mudah.
5.
Mudah dievaluasi dan
dikembangkan.
6.
Lebih cepat popular.
7. Sangat
membantu meningkatkan penjualan.
Potensi
Buku Sekolah
Kebijakan terkait dana BOS (Bantuan
Operasional Sekolah )
1. Pengembangan
perpustakaan
2.
Kegiatan penerimaan siswa baru
3.
Kegiatan pembelajaran dan ekstra
kurikuler
4.
Kegiatan evaluasi pembelajaran
5.
Pengelolaan sekolah
6.
Pembelian atau perawatan alat
multimedia pembelajaran
7.
Pembayaran honor
8.
Perawatan sekolah langganan daya dan
jasa
9. Pengembangan
profesi guru.
Penerbit ANDI
Menyediakan
1. Melayani
pembelian buku dari Dana BOS melalui Siplah ( blanja.com dan blibli.com)
2.
Buku Teks Utama K13 ( Buku HET), BuPel
pendamping, dan buku Pelajaran
Perminatan.
3.
Buku Pelajaran SMK untuk buku kelompok
C2,C3
4.
Buku Ajar Informatika Kelas 4, 5, 6, 7,
8, 9, 10, 11, 12
5.
Buku Perpustakaan baik buku fisik dan
e-books
6. Alat-alat
olahraga dan alat-alat kesenian.
Ini adalah beliau gambarkan ranking buku laku
di toko Gramedia ini untuk di toko Gramedia seluruh Indonesia itu masih
kontribusi terbesar dalam pembelian buku best sellernya masih didominasi oleh
novel yaitu Novels kurang lebih kontribusinya 16% dari keseluruhan kategori
dari 34 kategori. Kedua itu adalah departemen children. Buku anak itu masih cukup ranking tinggi yaitu
rangking 2 kontribusinya 13,6% dan Departemen religi maupun spiritual itu juga
ga menduduki rangking 6 dan referensi itu juga masih cukup bagus. Jadi bilamana kepingin sekali menerbitkan
atau menulis buku silakan itu dipilih dari rangking 1 sampai ranking 10 itu
adalah gambaran buku yang diminati oleh pasar pertama di toko buku Gramedia dan
toko buku lainnya.
www.andipublisher.com
“Menulis adalah suatu
perjuangan penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya. Lembaran
karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. buku adalah gudang ilmu,
kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia” .
Dalam hal untuk pembelian melalui buku paket
melalui Siplah ini kami menyediakan blanja.com marketplace yang kami gunakan
atau blibli setelah masukkan ke Po blibli atau ke blanja.com melalui akun
Dapodik sekolah, itu baru nanti kita akan kirim barang setelah kirim barang itu
diterima langsung pembeli buat barang ada berita acara serah terima barang setelah
itu telah di-upload ke Siplah baru nanti di transfer ke Metro Plaza Kalau di
blanja.com namanya setelah itu bukti slip pembayaran tersebut juga diupload
baru kami akan menunggu verifikasi dari pihak marketplace tersebut Jadi intinya
adalah barang baru sampai di terima oleh pembeli baru boleh dibayar.
Cara kita bekerjasama dengan memasarkan buku
dengan penulis dengan pihak penerbit. Biasanya kami sama-sama dengan Penulis
itu di dalam marketing itu antara penulis dengan penerbit itu biasanya
melakukan pemasaran kerjasama bersama dengan mengadakan bedah buku serta
mengatakan saat ini sering kita lakukan setiap hari yaitu dengan webinar dengan
tersebut mengadakan promo bersama tersebut pihak Penulis itu juga akan
diuntungkan karena nanti dengan hasil promosi tersebut maka akan mendapatkan hak
royalti yang akan diterima oleh penulis Dari hasil penjualan tersebut dan
bilamana penulis ingin memasarkan sendiri kami juga dari pihak penerbit akan
memberikan kontribusi diskon atau rabat kepada penulis tersebut rata-rata 30%
sampai 40% demikian itu bisa dijadikan kerja sama untuk sama-sama memasarkan
produknya yang telah ditulis oleh penulis tersebut.
Peran yang diharapkan oleh penerbit terutama
untuk bagian pemasaran terhadap penulis yang ikut andil dalam menghadapi
kondisi pemasaran buku saat ini akibat Covid 19 yaitu peran yang kami harapkan
itu adalah penulis bisa berkolaborasi dengan penerbit dalam hal kita mengadakan
promosi bersama lewat media sosial dan juga lewat komunitas yang ada supaya
buku yang ditulis oleh penulis tersebut itu bisa sama-sama meningkatkan penjualan
karena dengan kondisi Covid-19 ini kita tidak bisa bergerak sendiri juga kita
juga harus sama-sama berkolaborasi antara penerbit dengan penulis sehingga di
situlah kita bisa sama-sama memasarkan produk yang telah ditulis oleh penulis
tersebut bisa kita melalui webinar bisa melalui kita mengadakan bedah buku
dengan cara kita zoom ataupun dengan cara kita masuk ke livestreaming kami
fasilitasi tersebut kami sudah mengagendakan setiap hari mengadakan webinar
dengan banyak penulis yang ada di penerbit Andi.
Yang kedua harapan dengan peran dan peran
para guru dengan kondisi saat ini supaya pemesan buku bisa segera pulih kami
mengharapkan peran guru dapat juga membangkitkan semangat membaca kepada
peserta didiknya memberikan suatu motivasi untuk Gemar Membaca dengan adanya peran guru tersebut kami optimis akan
bermanfaat dan berdampak baik kedalam muridnya masing-masing supaya murid
tersebut bisa juga membaca buku perpustakaan di sekolah masing-masing, karena
peran guru saat ini dengan adanya Covid 19 ini adalah sistem daring yang saat
ini berjalan siswa di rumah ah harus diberikan suatu PR dan juga beban untuk
bisa membaca dengan membaca itulah akan menambah pengetahuan dan juga bisa
belajar bersama lewat buku yang telah diterapkan atau diberikan oleh guru dari
setiap peserta didiknya.
Stimulus yang kami berikan kepada para
penulis dan guru supaya bisa ikut andil memulihkan kondisi pemasaran buku
menjadi lebih baik lagi Kami biasanya memberikan pertama adalah rabat atau
diskon kepada penulis dan juga kepada guru supaya dengan adanya stimulus
tersebut dalam bentuk rabat dan diskon dari hasil penjualan akan meningkatkan
atau menambah income keluarga dari penulis maupun dari guru. Itu stimulus yang kami berikan dan juga kami
juga biasanya memberikan stimulus berupa doorprize hadiah buku yang bisa kami
berikan kepada guru maupun kepada penulis untuk sebagai sampel contoh melakukan
penawaran Penawaran ke komunitasnya ke peserta didiknya dan kepada
komunitas-komunitas yang ada yang jejaring yang ada di penulis maupun di guru.
Caranya agar buku kita masuk ke akun Siplah
dan apa syaratnya sebenarnya masuk ke akun Siplah tersebut harus ada SK
penilaian dari purkusbuk dan didaftarkan ke website service pusbuk baru akan di
akun siplah dan nama buku yang sudah
masuk di website atau web service pusbuk tersebut maka akan terkoneksi ke
siplah Kemendikbud siplah Kemendikbud itu nanti akan meng-upload ke marketplace
yang ada sehingga marketplace tinggal akan mendownload dari siplah Akun
tersebut ke dalam marketpricenya masing-masing. Jadi intinya begini syaratnya
adalah pertama buku tersebut harus lolos penilaian dari Purkusbuk yang kedua
adalah adanya SK surat keputusan dari pihak Purkusbuk baru buku tersebut bisa
masuk ke akun siplah setelah masuk ke akun siplah itu adalah sudah dinyatakan
resmi sehingga bisa di-upload di marketplace itu blanja.com di blibli dan yang
lainnya.
Bagaimana cara agar buku kita masuk ke akun Siplah
dan apa syaratnya tadi yang syarat yang pertama adalah adanya SK penilaian dari
pusbuk dan masuk ke web service pusbuk sehingga itu akan bisa di-upload di
siplah syarat yang lainnya itu adalah kita sebagai mendaftarkan diri sebagai
penyedia barang ke marketplace dalam syarat sebagai penyedia barang tersebut
itu berupa legalnya bisa CV bisa PT kalau itu secara legal sudah kita daftarkan
ke marketplace dan kita akan memasarkan buku tersebut kita pastinya harus
melalui syarat-syarat yang ada yaitu misalkan ada SIUP NPWP terus juga ada
legal notarisnya dan sebagainya Itu adalah bisa masuk ke akun siplah.
Joss, semangat menulis bu...semoga segera jd buku
BalasHapusMantap Pak resumenga
BalasHapusTerimakasih Bu,saya ibu bukan bpk 🤭😁😁
HapusMantap ..resumenya lengkap..tetap semangat menulis
BalasHapusKeren .Dapat ilmuny ya
BalasHapus