Sabtu, 25 Juli 2020

MENULIS DENGAN APLIKASI WRITER PLUS BERSAMA BU SRI MELNI


Profil

SRIMELNI Guru TIK SMPN 1 Gunung Talang. Lahir di Nagari Koto Gadang Guguk Solok, 11 Mei 1976. Juga aktif sebagai penggiat liteasi di Sumbar khusnya Kab.Solok. Selain menjadi guru juga aktif di organisasi Bundo Kanduang. Dan tim 11 RPJM Nagari.

Materi “menulis dengan menggunakan aplikasi writer plus”

Silakan terlebih dahulu instal aplikasinya melalui playstore


Lalu installl, setelah diinstal lansung buka, Akan keluar hasil seperti ini



Lalu tekan tanda tambah yang berwarna hijau toska sudut kanan bawah



Nanti di keyboard akan keluar tanda mikrophone kalau sudah keluar kalimat have something to say, nanti akan ada tanda mikrophon di keyboard. lalu tekan tanda mikrophone tersebut dan langsung menulis tanpa mengetik. tinggal bicara melalui mikrophon tersebut dan tulisan akan langsung tertulis di hp semua. Aplikasi ini sangat mudah untuk kita menulis tanpa harus didepan laptop,  artinya menulis sambil tersenyum dan semudah berbicara. Silakan ucapkan agak 1 paragraf.

Kalau sudah ada ucapan 1 paragraf.... bagaimana lagi cara untuk menjadikan ke dalam mik word. Caranya klik garis tiga sudut kanan atas lalu share. Namun sebelum di share jangan lupa terlebih dahulu robah kedalam format text. Kalau sudah dalam bentuk text bisa langsung copykan ke dalam bentuk  mik word di laptop untuk mengedit tulisan. Akan tersimpan otomatis. Bisa di copy lansung seperti copy text biasa.

Aplikasi ini sangat mudah dalam penggunaannya, jika kita dalam bepergian ingat akan menulis bisa langsung menuangkan ide dalam bentuk tulisan dengan berbicara selamat mencoba semoga bermanfaat.

Kegunaan aplikasi ini untuk mempermudah kita dalam menulis misal kita menulis setiap hari, dengan tempat dimana saja, jadi kita dapat menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan walaupun kita ngak bawa laptop untuk menulis dulu. misal kita berada di atas mobil, kereta api dll, namun ada ide  untuk membuat tulisan  cukup curahkan saja kedalam hp dan disimpan sampai di rumah baru  kita gabungkan dan di edit. jadi menulis semudah berbicara. gambar mikrophon tsb ada di keyboard kadang dia tersembunyi di spasi tergantung hp yg kita pakai. namun aplikasi ini dia hanya kenal bahasa indonesia, bahasa daerah dia belum kenal untuk mengejanya misal ibu ucapkan Sri Melni dia tulis Sri melani.

Kalau ini mikrophonnya ada di spasi



Hasil latihannya.



KESIMPULAN :

menulis mudah seperti berbicara dg menggunakan aplikasi writer plus untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Keuntungannya kita ngak harus punya waktu tersendiri dalam menulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar