Selasa, 15 September 2020

PENGALAMAN ADALAH INSPIRASI MENULISKU




Tema beliau malam ini Pengalaman adalah Inspirasi Menulisku.



Seperti yang diikuti beliau alurnya saat ini dan teman teman di gel.7 juga melakukan hal yang sama. Belajar tahap demi tahap, mengeksploasi dan elaborasi konsep dari setiap Narasumber yang dihadirkan hingga akhirnya beliau dapat mewujudkannya menjadi sebuah Aksi Nyata menulis dan melahirkan buku yang berjudul Kelas maya –Membangun Ekosistem E-Learning di Rumah belajar, yang dengan izin Alllah berhasil lolos evaluasi dan diterbitkan oleh penerbit Andi. Dan saat ini baru berselang 7 bulan sejak beliau bergabung beliau sudah merampungkan menulis 2 buku , 1 sudah diterbitkan penerbit Mayor(penerbit Andi), 1 dalam tahap editing berjudul Optimalisasi Model-Model Pembelajaran Inovatif, dan 1 buku saat ini beliau tulis dengan Judul Belajar Merdeka,Merdeka Belajar.

Beliau akan  mulai menceritakan pengalaman belajar beliau hingga beliau berhasil merampungkan buku.Selamat menyimak dan semoga bermanfaa.

Awalnya beliau ikut bergabung dan menimba ilmu mengikuti setiap rangkaian materi yang disajikan dalam forum belajar menulis gel 7 di bulan Maret bertepatan dengan pandemik Civid 19, dimana rasanya membuat beliau dan teman-teman digrup 7 membuang waktu dan bingung harus berbuat apa karena mendadak PJJ.Akhirnya Pandemik ini membawa berkah peningkatan kompetensi menulis bagi beliau dengan bergabung digrup menulis Om jay. Setiap hari beliau dan teman-teman digrup 7  berlatih menulis 3 paragraf pertama dari ide ide yang di lemparkan om jay ke grup gel.7. Awalnya beliau berpikir om jay kok ngajak beliau dan teman-teman digrup 7 menulis dengan tema tema seperti kucing, siomay, anak bayi, pokoknya apa saja yang dilemparkan omjay ke grup beliau dan teman-teman digrup 7  diharapkan bisa merangkai kata hingga minimal 3 paragraf. Dari hari demi hari makin bertambah pengalaman, hadirnya narasumber-narasumber yang luar biasa menginspirasi membuat semangat untuk menulis semakin besar, dari yang hanya menulis minimal 3 paragraf, pentigraf, hingga menuangkan resume materi dalam tulisan di blog, setiap peserta wajib membuat resume dan memposting diblog.Pengalaman yang luar biasa menghantarkan beliau bisa melahirkan sebuah buku pertama.

Hingga malam itu beliau dan teman-teman digrup 7 menerima materi tips menulis dari Prof Eko.Beliau dan teman teman digrup 7 mengikuti materi dengan dengan seksama demi sebuah resume tuntutannya seperti itu.

Setelah beliau dan teman-teman digrup 7 menerima materi dari Prof.Richardus Eko ndrajit, saat materi berakhir Prof Eko mengajak sekaligus nantangin beliau dan teman-teman digrup 7 untuk siapa yang mau berkolaborasi menulis bersama Beliau tapi menulisnya 1 minggu .Malam itu beliau dan teman-teman digrup 7  belum ada yang mengiyakan dalam hati GILAAA menulis seminggu bisakah? Mana saya pemula...mana bisa...beliau masih belum percaya dan sama sekali tidak yakin bisa,

hingga siang hari, dihari berikutnya Om jay melemparkan sederet tema yang ditawarkan oleh Prof.Eko dan beliau dan teman-teman digrup 7  diminta menjawab siapa yang bersedia silahkan copi paste dan tuliskan nama serta nomer hp. Saya membaca setiap tema wow keren-keren semua, IT semua lagi..., meski beliau Guru TIK rasanya beliau belum memiliki potensi untuk menuliskan konsep konsep tema yang ditawarkan Prof.Eko waktu itu. Dan untuk menjawab tantangan itu dan untuk membuktikan kemampuan bahwa beliau bisa menulis buku beliau pun memberanikan diri menuliskan nama dan nomer Hp beliau hingga beliau dan teman-teman digrup 7 digabungkan dalam grup menulis bersama Prof.Eko.Dan tergabunglah 21 orang yang waktu itu bersedia.

Hari pertama beliau menyodorkan main map tentang buku yang beliau akan tulis. mainmap ini beliau dapatkan dari belajar menulis bersama bapak narasumber Akbar Zainudin Penulis buku Man Jadda Wa Jadda, dari mainmap ini beliau tuangkan ke dalam outline yang hari itu juga disetujui oleh Prof Eko.

Jawaban Prof Eko waktu itu “VERY GOOD.Bisa buat daftar isinya dan kirim ke saya?”

Mulai bersemangat...tapiiii... auto bingung sendiri. Petualanganpun dimulai.. mulai membuka sejumlah referensi salah satunya beliau membeli buku dari bapak Akbar tentang UKTUB panduan lengkap menulis buku dalam 180 hari dan referensi buku yang ditulis Om jay. Beliau belajar tahap membuat daftar isi yang beliau kembangkan dari main map.

Panduannya 180 hari tapi dituntut kelas 1 minggu...kebayangkan  shok terapi. Dan hari ke 2 berhasil menyerahkan outline (daftar isi) buku yang akan beliau tulis.dan cover buku pun dibuat Prof Eko dan ini menjadi penyemangat bagi beliau rasa rasanya buku itu sudah selesai padahal baru covernya doang . Tapi senangnya sudah luar biasa.

Hari ketiga , ke empat dan ke lima, beliau dan teman-teman digrup 7 lewati dengan penuh Khusyu...FOKUS, dan tanpa buang buang waktu benar benar berada dalam kegilaan menulis hingga sudah mau tidurpun rasanya otak ini masih berfokus dan berpikir tulisan apa lagi ide apalagi yang harus ditambahkan. Seminggu benar –benar pikiran , hati dan raga ini menjadi satu seiring sejalan, tak ingat lagi yang lain, yang diingatan hanya deadline yang hampir habis dan harus kelar. Ngeri ngeri sedap kalo beliau bilang terkadang rasa kantukpun hilang ketika tangan sudah asyik menari nari di atas keyboard, membawa perasaan ini seperti sudah ahli sekali merangkai kata padalah... baru kemarin beliau belajar.

Dalam hati selalu berdoa Dan meminta kemudahan dan kesehatan dariNya

AWESOME... pengalaman yang tak akan terlupakan. Ternyata beliau bisa membuktikan bahwa beliau bisa menulis Buku 1 minggu, dengan editingnya 2 minggu sudah siap disetorkan ke Prof Eko untuk disempurnakan dan dikirim ke penerbit.dan dari 21 peserta yang tergabung hanya 11 orang yang berhasil menjawab tantangan dan berselang 2 minggu kemudian 23 Mei 2020 tibalah waktunya kami mendengarkan hasil  Evaluasi dan pengumuman tulisan yang Lolos untuk diterbitkan di penerbit Andi, dan Alhamdulillah 9 orang penulis yang berkolaborasi dengan Prof.Eko. berhasil diterima tanpa revisi.Termasuk beliau salah satunya.Luar Biasa. Kepuasan bathin yang tak ternilai harganya...

Sesuai tema beliau malam Ini Pengalaman adalah Inspirasi menulisku. Itulah yang menjadi ide beliau dalam menulis buku. Pengalaman yang beliau lalui, sebagai sahabat Rumah belajar memberi beliau inspirasi untuk menulis tentang Kelas Maya rumah belajar, Pengalaman sebagai Instruktur kurikulum 2013 menginspirasi beliau menulis Optimalisasi Model-Model Pembelajaran Inovatif, saat ini beliau sebagai calon pendamping Guru penggerak angkatan pertama setelah mengikuti bimtek pendamping selama  9 hari , beliau terinspirasi lagi menulis buku dengan judul Belajar Merdeka,Merdeka Belajar sudah setengah jalan bab 1.doakan lancar ya sahabat.

Menurut beliau dan satu hal semoga bisa menjadi motifasi bagi sahabat semua, ketika kita menulis dengan niat berbagi akan ada jalan Allah membukakan jalan dan mempertemukan kita dengan orang orang hebat yang luar bisa menginspirasi dan selalu berbagi. Hingga satu prinsip yang beliau pegang saat ini, Semakin dibagi semakin tak terbatas. Dan benar semakin kita niat berbagi ada saja ide ide yang muncul dalam pikiran dan hati kita apalagi ya...apalagi yaa...tadinya apa saja yang kita lihat dan kita alami tidak terpikir untuk kita bagikan apalagi untuk ditulis dalam bentuk karya tapi setelah pecah telur. Buku pertama terbit semakin memotifasi beliau untuk menghasilkan karya karya yang lainnya. Hadza min fadli rabbi...berkah rasanya selalu datang

Setelah buku rampung ditulis beliau dan teman-teman digrup 7 pun diminta Prof.Eko jika bisa ada 2 atau 3 pengantar atau testimoni dari orang orang yang dianggap penting. Maka orang pertama yang beliau minta dan hampir semua buku yang terbit di akademi EKOJI ada pengantar dari Om Jay.Ini benar benar motifasi yang luar biasa, hingga beberapa teman yang beliau minta testimoni dan sekapur sirih untuk buku beliau dengan senang hati menuliskannya.Semangat berbagi ini juga yang mengantarkan beliau mendapatkan kata pengantar dalam buku pertama beliau dari bapak Gogot Suharwoto, kepala Pustekkom 2017-2020. Judul Buku kelas Maya ini beliau posting di FB beliau dan tidak disangka berbagai apresiasi dan doa tulus dari teman teman dan sahabat menjadi semangat yang semakin menggerakkan beliau. Hingga Bapak Gogot juga memberikan apresiasi itu melalui inbox.

Beliau mengatakan “Ya Allah senangnya tak terkira, siapa saya , seorang guru yang baru belajar, guru yang masih sangat minim pengalaman bisa berkolaborasi dengan seorang Prof. Dan mendapatkan apresiasi dan kata pengantar dari orang yang luar biasa.Hingga kinipun rasanya seperti mimpi...”

Beliau mengatakan “ hilangkan keraguan yang ada, hargai potensi kita sebagai mahluk ciptaan Allah yang sempurna dan memiliki bakatnya masing masing. Yakinkan dalam diri batu hambatan yang ada dalam diri harus bisa kita pecahkan”.

Pesan dari Prof.Eko Untuk beliau” Bu.Eva...Cita cita itu harus dikejar seperti laskar pelangi”. Saat kalimat ini diucapkan Prof.Eko , beliau  langsung terharu dan benar benar menggerakkan beliau untuk lagi dan lagi mencoba membuktikannya.hingga akhirnya beliau pun suka dengan lagu laskar pelangi hehehe...dan kalimat ini juga semoga bisa memotifasi sahabat semuanya.

Beliau mengatakan “Yakinkan diri dan buktikan saya BISAAAA. Satu hal yang harus kita tanamkan dalam diri kita, bahwa kita cipta Allah dengan bakat dan potensi yang unik dan tidak sama setiap individu”.

Beliau awalnya juga ada rasa minder dan kurang PD tapi dengan mindset dan motifasi yang beliau bangun dari dalam beliau berhasil membuktikan dan mematahkan pikiran itu

Ayo berpikir yang positif akan membuat kita berproses menghasilkan hal hal yang positif.

Beliau pernah berada di posisi saat mau tidur dan mencoba memejamkan mata tiba tiba pikiran mengajak komunikasi...menghadirkan ide ide yang harus beliau eksekusi, dan waktu itu beliau tidak bisa tidur...alhasil lanjut buka laptop dan lanjutkan hingga kantuk tak bisa lagi terbendung benar benar berada dalam kegilaan menulis waktu itu.

Baru satu berhasil terbit melalui penerbit Andi. Buku ke 2 dalam proses editing dan akan beliau setorkan ke Om Jay dan Mr.Bams sebagai hasil solo menulis bersama om Jay. Dan yang sekarang sementara dalam proses penulisan Belajar Merdeka Merdeka Belajar

Menurut beliau banyak literasi gali referensi tentang apa yang akan kita tulis, saat itu beliau juga melakukan ini, banyak baca tulisan orang lain, diblog, diweb, di youtube, bahkan jalan jalan ke toko buku juga salah satu cara beliau menemukan ide ide baru. Dan satu hal lagii...yakin kita bisa menulis, setiap hasil tulisan kita layak dan punya cirinya sendiri, tidak bisa kita samakan dengan tulisan orang lain, potensi kita berbeda dan cara kita menuangkannya juga berbeda...kita bisa jadi sarjana karena bisa menyelesaikan skripsi dan itu sudah membuktikan kita bisa menulis...jangan ragu.

Menurut beliau hambatan terbesar beliau waktu itu, ragu dengan ide menulis seminggu...bahkan beliau Bilang GILAA.Tapi semangatlah yang menguatkan dan menggerakkan beliau. Semangat itu harus selalu ada dalam diri kita selama kita punya keinginan menulis. Karna tanpa Semangat...jangankan ide tenagapun tak ada. Jadi SEMANGAT itu yang harus selalu ada dan menggerakkan

Buku pertama beliau Kelas Maya membangun Ekosistem e Learning di Rumah Belajar, yang beliau terima pesanannya kurang lebih 100 exp dan ini sudah beliau kirim POnya ke penerbit Andi. Dan waktu itu dari Om Jay dapat info juga bahwa Prof.Unifa Ketua Umum PGRI juga mengapresiasi dan memberikan dukungan pesan 100 eks dan yang dipesan langsung ke penerbit belum terdata...sebagai seorang pemula bagi beliau ini sudah pencapaian dan dulungan yang luar biasa.



https://bit.ly/PESANBUKU-EKOJI

Jika berkenan sebagai referensi sahabat semuanya, ini link buku buku hasil belajar menulis beliau dan teman teman di angkatan pertama Ekoji Channel Akademi

Secara garis besar buku ini beliau sajikan dalam 5 Bab besar. Berawal dari filosofinya dan berakhir pada seninya.begitulah beliau mengikat ide dalam buku Kelas maya ini.

Berikut Outline Buku kelas maya yang beliau Tulis





Menurut beliau dengan bahasa yang sederhana dan contoh implementasi membuat buku ini akan membersamai sahabat untuk bisa mengaplikasikan membangun ekosistem E learning dengan memanfaatkan LMS Kelas Maya  di Portal Rumah belajar, semua beliau tuliskan berdasarkan pengalaman dan praktik baik beliau menggunakannya.

Dan beberapa ide ide yang beliau dapat dari grup belajar ini seperti BLOG, pemanfaatan blog dalam pembelajaran juga beliau angkat disini, referensi bagi guru bagaimana menjalankan literasi yang menyenangkan bagi siswa agar terbangung kecintaanya untuk menulis.

Media media pembelajaran dan model model pembelajaran yang relevan saat ini juga beliau ulas dalam buku ini. Yang  paling berat di Bab 5 integrasi dengan kurikulum disekolah.disini benar benar beliau berpikir aktif dan menggali sebanyak banyaknya literasi dan konsep yang sesuai dengan kurikum yang harus beliau  padukan dengan praktik baik pengalaman ketika beliau menggunakan kelas maya, bab 5 ini kelar hampir 3 hari beliau fokuskan. Dan disini beliau berikan juga contoh RPP 1 yang terintegrasi dengan kelas Maya hingga ke penilaian.

Menurut beliau kalau  kejenuhan , rasanya beliau  tidak menemukan dalam pengalaman menulis beliau yang pertama ini,  malah beliau bilang tadi berada dalam kegilaan menulis. Jadi ketika semangat itu sudah ada sudah panas...layaknya motor ...Tancap Bang. Hingga sudah mau tidur pun pikiran masih ajak komunikasi hiyaaa...bangun lagiii nyalakan laptop dan mulai menulis padahal sudah  jam 1 malam.

Saat ini beliau menulis tema Merdeka belajar.Seperti tadi Mr.Bams beliau menemukan passion menulis beliau  itu dari pengalam beliau , saat ini beliau merasa fresh dengan materi materi baru yang akan populer nantinya tentang Merdeka Belajar episode ke 5 Guru Penggerak.Nah dari materi materi dan elaborasi konsep yang beliau dapat ketika pembekalan, muncullah  ide menuliskan ini. Banyak hal baru yang harus beliau explore disini...dua diantaranya beliau akan ulas tentang membangun budaya komunikasi dan teknik coaching dalam pembelajaran.

Satu hal yang ingin beliau sampaikan bahwa jaga SEMANGAT kekuatan semangat inilah yang akan menggerakkan  kita , membuat kita bisa mengolah pikir, rasa ,karsa dan raga menjadi tenaga yang akan menggerakan dari dalam  untuk bisa berada dalam kegilaan menulis dan beliau sudah buktikan itu. Ketika semangat itu menyala dengan baik...semua halangan rintangan terlewati dengan baik dan selalu yakin Allah melihat kesungguhan kita dan dengan ihtiar kita memulai menulis Allah akan buka simpul simpul ide dalam diri kita dan ikuti alurnya biarkan larut dalam kegilaan menulis jangan dibendung kita akan merasakannya.  Saat  ide itu mengalir dengan lancarnya tanpa hambatan yang berarti....niatkan semuanya untuk berbagii...beliau Jamin...dan beliau  sudah membuktikan...kita akan kaya dengan ide ide.

Saran beliau:

Mulailah sekarang pecahkan batu penghalang. Jadikan Allah penolong kita semangat itu pasti akan terjaga hingga 1 buku Rampung

Move ...bergeraklah menulis...akan kita buktikan pergerakan itu mengantarkanmu pada Tujuan.









 

14 komentar:

  1. Makin mantul aja Bu๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus
  3. Sukses bu keren...semoga manfaat ya sharingnya...mantapp

    BalasHapus
  4. Kerenn bu.. lanjut bergerak. Salam menulis

    BalasHapus
  5. Kerenn bu.. lanjut bergerak. Salam menulis

    BalasHapus
  6. Mantap...lengkap... Terus bergerak, terus semangat Bu...

    BalasHapus
  7. Mantap...lengkap... Terus bergerak, terus semangat Bu...

    BalasHapus
  8. Salam blogger persahabatan. Rangkumannya lengkap

    BalasHapus
  9. Mantap,doakan kami segera menyusul terbitjsn buku,masih dlm proses dln pendampingan Prof Ekoji.

    BalasHapus
  10. Wooouuu, sungguh lengkap rangkumsnnya๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus