Selasa, 08 September 2020

TULISAN IBARAT SEBUAH LEGO


 

http://gurukreatif.wordpress.com

Menurut beliau menulis adalah cara kita untuk merencanakan sesuatu , ambil contoh misalnya , Sebagai muslim misalnya jika anda berketetapan ingin pergi ke Tanah Suci, maka anda bisa memulainya dengan niat tentu saja dan menuliskan idenya bisa apa saja,  bisa perihal persiapan, ibadah yang menjadi persiapan sampai menuliskan pengalaman orang yang pernah mengalami¸dengan demikian rasa ketertarikan untuk menulis akan ada terus.



 

Tulisan anda ibarat sebuah lego. tulisan demi tulisan akan tampak baik dan bagus seperti lego yang tersusun dan membentuk sebuah bangunan jika anda terus berusaha menggabungkannya.

Menulis bagian dari sebuah rangkaian minat yang besar. Jika anda adalah ....................... maka anda mesti menulis.

1.   Seseorang yang punya hobby yang unik,
Internet menghargai orang-orang dengan minat yang tidak jelas dan unik. Menulis online di blog akan membantu Anda menemukan penghobi yang berpikiran sama yang tidak dapat Anda temukan di kehidupan nyata.
2.  Think-for-Yourself Academic (seorang pintar berbakat dan terobsesi dengan pengetahuan tertentu)
Seorang dengan minat jenis ini bisa bisa akan menantang para akademisi tulen di kampus. Mereka adalah orang yang sangat terspesialisasi dan seringkali menentang ide-ide baru.Di Internet, Anda tidak memerlukan izin dari peer reviewer (otoritas keilmuwan) sebelum Anda menerbitkan pekerjaan Anda.
3.   Pengusaha Muda atau pebisnis baru
Kita sedang bergerak ke dunia Produk yang Memprioritaskan Pembeli atau audiens. Sebelum Internet, perusahaan membuat produk sebelum audiens. Sekarang, mereka membangun audiens sebelum produk.Lebih mudah memulai bisnis saat Anda memiliki audiens.
4.   Karyawan yang Diremehkan (jika anda adalah orang yang merasa tempat kerja anda tidak bisa menerima ide segar dan baru)
Jika pasar meremehkan keterampilan Anda, dan Anda tidak dapat menunjukkan kompetensi Anda di tempat kerja, Anda dapat membuktikan diri dengan menulis online.
5.   The Deep Thinker (kaum pemikir) 
      Menulis online akan mempertajam pemikiran Anda.
Halaman putih kosong adalah cermin ke dalam pikiran Anda. Ketika ide-ide di benak Anda kabur, begitu pula kata-kata di halaman depan Anda. Menulis ulang adalah memikirkan ulang.Menulis adalah cara terbaik untuk meningkatkan ide Anda.
6.   Orang dengan ide dan pemikirna unik (hampir mirip dengan nomor 1)
Anda secara intelektual ingin tahu, tetapi Anda terjebak di tempat di mana Anda tidak dapat bertemu orang yang berpikiran sama.Menulis online, sehingga orang-orang mendatangi Anda. Saat mereka melakukannya, Anda dapat melakukan obrolan video dengan mereka dan mencari cara untuk bertemu langsung dengan mereka.Tidak ada lagi kesepian intelektual.
7.  The Job Hunter (si Pencari kerja atau order)
Sebuah blog pribadi yang ditulis dengan baik mengatakan lebih banyak tentang Anda daripada CV  apa pun
Menulis menunjukkan keingintahuan, komitmen, dan ketekunan - yang menarik perhatian perusahaan terbaik. Alih-alih menghubungi perekrut, mereka akan menghubungi Anda. 

Dengan menulis online, Anda dapat mendemonstrasikan kompetensi Anda dan memberi tahu dunia tentang keahlian unik Anda.

Kita akan belajar mengurai satu ide bersama sama menjadi sebuah tulisan.  https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing

 

Caranya adalah




Anda akan melihat piramida di link yang beliau bagikan

Tugas anda

1.      Menentukan satu ide pokok tulisan

2.      Terus turun ke bawah tambahkan data atau informasi pendukung

3.      Dengan demikian total ada 6 ide yang anda buat

 




Gunakan post it untuk menulis ide anda

 

    





Dimulai pada saat beliau mengalami kebosanan dalam mengajar dan menjadi guru. Beliau sangatterkendala dengan manajemen kelas saat beliau mengajar. Lalu beliau lakukan riset di internet mengenai masalah beliau itu kemudian beliau tuliskan dalam blog. Masalah yang beliau alami ditambah hasil riset beliau yang sudah dipraktekkan menjadi ide segar bagi yang membacanya. Hal ini yang kemudian  beliau lakukan berkali kali di blog beliau dengan judul yang berbeda beda.

 

Saran beliau jika ingin menjadi bu ku, mesti punya semacam ide besar yang kemudian dicarikan turunan atau detailnya. ide ---> pokok pikiran ----> judul bab ---> judul tulisan -----> detail informasi penduung judul . Jadilahs sebuah buku.

 

Menurut beliau dalam menulis blog yang terpenting adalah tulisan yang terus menerus dikembangkan dan berawal dari sebuah ide pokok yang sederhana. Misalnya akan angkat mengenai 'pembelajaran jarak jauh' maka bisa saja semua tulisan berkutat disana. Tulisan yang lama bisa saja dimasukkan di blog. Sejatinya blog milik kita sendiri dan bebas bagi kita mengisinya dengan tulisan bahkan dari edisi tulisan yang lama.

 

Ide sebenarnya mudah dicari dan ditemukan, yang sulit adalah cara melakukan eksekusi hingga menjadi sebuah tulisan. Dalam menulis banyak hal yang menarik dan bisa dinikmati prosesnya. Dalam mencari ide menulis ada banyak pemicu yang bisa berujung pada terbitnya sebuah tulisan.

 

Seperti yang beliau lakukan di jamboard adalah satu hal yang menjadi trending topic sekarang ini adalah mengenai Pembelajaran Jarak Jauh. Menyikapi situasi ini ada beberapa hal yang bisa seorang bisa menulis dari beberapa perspektif, yakni:

 

1. Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses; ia akan menceritakan                    bagaimana dirinya sukses mengampu pembelajaran online, dengan menceritakan     kesehariannya dalam mengajar secara online. Ia lupa banyak pendidik diluar sana yang     masih berjuang mengatasi kendala.

 

2. Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap         mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.

 

3. Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan         pengalamannya. Ia berperan memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah     pihak, bagi orang tua siswa dan guru.

 

Orang lebih senang mencari sesuatu yang ada hubungannya dengan keuntungan atau kebutuhan dirinya. Hal ini sering dilakukan bagi penulis pemula karena belajar menulis ide berdasar diri sendiri. Dimulai dari yang mudah, yang bisa, yang dialami.

 

Menurut beliau ketika ingin sekali menulis, namun judul yang ditemukan sudah tertuang oleh orang lain, maka cara menyikapi hal ini adalah mencermati tulisan orang lain lalu lakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

 

Cara terbaik memberikan ‘roh’ pada tulisan adalah sebagai penulis, kita sudah tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirya punya satu tema besar yang ingin disampaikan.

 

Jika ingin lebih semangat menulis karena mendapatkan tanggapan, tulislah dan berikan lah sumbang saran bagi sebuah hal yang sedang menjadi kegelisahan orang banyak.

 

Cara membangun konsistensi dalam menulis ide di blog adalah memilih topik yang dikuasai kemudian lakukan  riset kecil-kecilan di google, kemudian tampilkan tulisan anda sudah dengan solusi dari sebuah masalah, tuliskan di bagian apa anda merasa nyaman dan menguasai (tidak harus ahli atau menguasai sekali).

 


Intinya guru perlu meningkatkan diri dan melakukan yang namanya ATM amati tiru dan modifikasi

 

https://jamboard.google.com/d/1AsgaSBnpe_gmiKUTp4WA15fBV1r_YWfL4wXGIHoJmdQ/edit?usp=sharing

Dari bu Santi

 

Menurut beliau  sejak tahun 2011 an google sudah sering melakukan razia di mesin pencarinya.  AKibatnya blog dengan SEO banyak yang tidak berfungsi lagi. Sejauh yang beliau tahu monetisasi saat ini dibolehkan di youtube itulah sebabnya semua orang ingin menjadi youtuber.

 

 

KESIMPULAN:

 

1.   Berbagilah hal yang anda ingin orang lain ketahui, tidak perlu menunggu sampai ahli,bahkan anda bisa berbagi proses yang sedang anda jalankan;

2.    Jika terus menerus menekuni hal yang sama dan fokus maka itu akan menjadi brand atau reputasi anda






8 komentar: