Sabtu, 19 September 2020

MENERBITKAN BUKU MANDIRI DARI TULISAN DI BLOG

Biodata beliau disini: http://www.praszetyawan.com/p/profil.html

Blog: www.praszetyawan.com

Malam ini beliau akan membahas Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyiapkan kumpulan resume untuk menjadi naskah buku.

Seperti yang tercantum di dalam profil, Puji Tuhan beliau sudah menerbitkan 3 buku solo



Semuanya terbit 2020. Jadi beliau sendiri juga  baru dalam dunia menulis buku. Namun dengan bergabung  di grup belajar menulis ini, beliau mendapat pengalaman dan wawasan yang luar biasa. Maka setelah beliau selesai di grup gelombang 4, beliau memutuskan membantu Om Jay di pelatihan ini untuk urusan sertifikat peserta. Jadi untuk mengawali pertemuan ini, beliau mau me-refresh kembali tentang syarat lulus dari pelatihan ini. Lulus artinya peserta mendapat sertifikat pelatihan. Syaratnya hanya 2. Yaitu mengisi 2 form.

Pertama form pengajuan sertifikat

https://pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com/2020/06/form-pengiriman-naskah.html

Setelah buku terbit, mengisi form bukti buku terbit

https://pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com/2020/06/form-bukti-buku-terbit.html

Jika kedua form itu telah diisi, maka sertifikat akan diberikan. Kalau bisa di buat alurnya, seperti ini:

kumpulan resume disatukan => isi form pengajuan sertifikat => naskah kirim ke penerbit => buku terbit => isi form bukti buku terbit => sertifikat diberikan. Sebenarnya buku yang diterbitkan tidak harus kumpulan resume. Buku yang dapat diterima sebagai syarat lulus yaitu:

- Buku kumpulan resume

- Buku tema bebas

- Buku yang sudah terbit tahun 2020

Namun karena yang paling mudah adalah buku kumpulan resume, maka sebagian besar peserta memilih membuat buku kumpulan resume. Maka beliau akan spesifik membahas pembuatan buku kumpulan resume. Jumlah resume yang dimasukkan dalam naskah buku minimal 20 resume. Kalau lebih boleh. Seluruh resume digabung dalam satu file word. dalam file itu juga disertakan kelengkapan naskah yaitu:

cover ( judul buku dan nama penulis saja), kata pengantar, daftar isi (tanpa nomor halaman), profil penulis, sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat)

Urutannya:

Cover

Kata Pengantar

Daftar Isi

Isi naskah

Profil Penulis

Sinopsis

Lalu setting kertasnya:

Ukuran kertas A5 (14x20cm)

Huruf times new roman ukuran 12

Spasi 1,5

Margin 2 cm semua

Paragraf rata kiri-kanan (justify)

 

Dengan setting tersebut, jadi tahu berapa jumlah halaman buku kita nanti. Tapi untuk setting kertas tersebut tergantung dari masing-masing penerbit. Jadi untuk setting kertas, tanyakan lagi ke penerbit.

Ini setting kertas penerbit rekanan beliau. Kemudian beliau mau bahas merapikan dan mengedit naskah. Jadi ketika akan dikirim ke penerbit, usahakan naskah sudah rapi. Maka kita wajib membaca ulang lagi tulisan setiap bab, siapa tahu ada penulisan atau format tulisan yang kurang pas. Menurut beliau, beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Paragraf di setting justify (rata kanan-kiri)

2. Judul bab tidak pakai angka latin. Kalau mau pakai nomor, pakai romawi

3. Pastikan Jenis, ukuran, dan warna huruf sama semua. Jangan sampai ada huruf ukuran 12, lalu di bab lain ada ukuran 13. Warna huruf hitam semua, jangan ada yang abu-abu.

4. Pastikan tidak ada penulisan yang disingkat-singkat seperti: blm, yg, tdk, masing2, dan lainnya

5. Minimalkan penggunaan penomoran/poin-poin. Supaya naskah lebih rapi. Kalau mau pakai penomoran/poin-poin, gunakan numbering/bullets


Kiri: bullets. Kanan: numbering


6. Setiap bab baru selalu dimulai di halaman baru. Jangan gabung dengan bab sebelumnya

Sebenarnya semua hal itu bisa dideteksi dengan membaca ulang naskah dan kita memposisikan diri sebagai pembaca.

Jadi jangan hanya sekadar kumpulan resume disatukan. Dilihat juga, apakah kelihatan sudah rapi atau belum.

Kemudian beliau mau membahas gaya penulisan. Awalnya resume materi pelatihan berbentuk seperti laporan. Namun ketika akan dibukukan maka perlu agak dirombak sehingga kumpulan resume menjadi kumpulan cerita pengalaman (true story)

Jadi tidak perlu ada bagian identitas resume seperti ini:

Tanggal:

nama narasumber:

tema materi:

pertemuan ke :

Namun semua itu tetap bisa dituliskan dengan cara penulisan lain, yaitu berbaur dan mengalir dalam rangkaian cerita. Jadi ditulis dalam bentuk paragraf.

Menurut beliau isi naskah tidak sekadar materi atau perkataan-perkataan dari nara sumber. Sisipkan bagaimana perasaan kita ketika menerima materi tersebut. Atau memberi pendapat terhadap materi yang disampaikan narasumber, atau dikaitkan dengan pengalaman pribadi. Jadi dalam naskah, justru tonjolkan sisi pribadi kita. Karena kita yang sedang bercerita. Bukan narasumber.

Jika narasumber berkata "saya" maka kita ubah menjadi "beliau" atau kita sebut namanya. Kalimat langsung narasumber sesekali boleh ditulis, tapi gunakan ketentuan cara menulis kalimat langsung.

Sesi tanya jawab boleh disertakan tapi disajikan dalam bentuk narasi/deskriptif

Jangan format tanya jawab seperti ini:

narasumber: _______?

Jawab:_____

Tidak perlu semua tanya jawab dimasukkan. Pilih beberapa saja yang memang penting

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan:

-Tidak ada  batas waktu penerbitan buku. Kapan pun buku terbit, beliau terima.

-Biodata narasumber bisa dimasukkan dalam rangkaian cerita.

-Boleh masukkan gambar tapi jangan terlalu banyak dan memang sangat perlu ilustrasi gambar. Karena buku akan makin tebal. Makin tebal makin tambah biaya cetak.

-Tidak ada batas panjang tiap resume

-Urutan resume tidak harus urut waktu pertemuan

- Tidak ada batas minimum tebal naskah. Biasanya naskah kumpulan resume justru lebih dari 80 halaman A5.

Menurut beliau tempat menerbitkan buku bebas. Tidak ada ketentuan harus terbitkan dimana. Silakan memilih sendiri penerbitnya. Tapi jika tidak tahu mau diterbitkan dimana, bisa hubungi beliau. Beliau memiliki rekanan penerbit indie. Penerbit Indie artinya penerbit yang pasti menerbitkan naskah tapi biaya penerbitan ditanggung penulis.

Penulis mendapat fasilitas penerbitan: Desain cover

ISBN

Layout

Edit ringan

Buku bukti terbit

E-Sertifikat

Naskah peserta belajar menulis yang diterbitkan lewat beliau sudah 12.

Menurut beliau kalau tidak salah, hari ini pertemuan ke-21 ya. Berarti silakan sudah bisa mulai menyatukan kumpulan resume disertai kelengkapan naskah. Membaca ulang lagi naskahnya, siapa tahu ada yang belum rapi.

Menyiapkan naskah tidak perlu buru-buru untuk segera dikirim ke penerbit. Pastikan naskah sudah rapi dahulu.

Menurut beliau kata pengantar boleh minta tolong orang lain yang menulis. Banyak peserta belajar menulis yang minta Om Jay menulis kata pengantar. Tapi jika kata pengantar ditulis orang lain, penulis tetap membuat prakata.

Menurut beliau kalau tidak membuat Salah Satu buku dari 2 pilihan berarti belum lulus menulis. Maka harus membuat 1 buku solo. Kalau cuma ikutan group menulis ini, tanpa mau menulis buku, tidak masalah. Tapi tidak mendapat sertifikat pelatihan. Itu kembali pada pilihan kita. Mau membuat buku solo atau tidak.

Menurut beliau menulis sebuah novel fiksi juga boleh, dijadikan bahan pengajuan sertikat. Yang penting ditulis sendiri. Bukan antologi.

Menurut beliau mulailah peka bahwa segala aktivitas sehari-hari bisa jadi ide tulisan. Hal-hal kecil bisa jadi topik tulisan. Ide bisa datang dari hal kecil dan dekat dengan kita. Misalnya aktivitas kita sebagai guru. Suka duka melaksanakan PJJ. Cerita tentang variasi pembelajaran yang dilakukan.

Hal biasa bagi kita bisa jadi luar biasa bagi orang lain

Beliau pernah dengar dari penerbit andi bahwa naskah yang lolos penerbit mayor merupakan yang beda dari yang lain atau membahas topik kekinian. Jadi silakan cari topik naskah buku yang memang belum diterbitkan penerbit mayor tersebut.

Menurut beliau tidak ada batas waktu dalam menerbitkan buku. Kapanpun beliau terima. Setiap pertemuan tidak harus urut. Boleh acak. Minimal 20 resume. Tidak ada batas minimal halaman. Biasanya lebih dari 80 halaman A5.

Menerbitkan buku boleh ke penerbit mana saja boleh. Dana yang dibutuhkan untuk menerbitkan buku di penerbit langganan pak Brian 300 ribu. Dapat 2 buku. Kalau mau nambah cetak, minimal 10 buku.

Buku dari kumpulan resume ini bisa diajukan untuk kenaikan pangkat.

Tadi sudah dijelaskan tentang sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat). Itu batas maksimal. Itu juga berdasarkan penerbit rekanan beliau. Sinopsis membahas garis besar isi buku. Sinopsis tampil di cover belakang buku. 

Contoh sinopsis buku beliau

Sinopsis juga dibuat agar pembaca penasaran dengan isi buku. Sinopsis yang makin membuat penasaran, makin bagus.

Jumlah halaman buku untuk dana Rp. 300.000. Maksimal 130 halaman A5. Lebih dari itu akan kena biaya tambahan per halaman. Lama waktu pengerjaan bukunya pak Brian. kurang lebih 1 bulan. Biasanya 1 resume berarti 1 bab. Ada 20 resume berarti 20 Bab.

Sebagian besar materi beliau ini berdasarkan dari pengalaman peserta yang setor naskah ke beliau untuk diterbitkan.  Harapannya naskah dari peserta sudah rapi. Beliau cukup menjadi penghubung ke penerbit.

 

KESIMPULAN :

Jangan buru-buru mengirim naskah ke penerbit. Jangan hanya sekadar kumpulan resume yang disertai kelengkapan naskah. Pastikan bahwa naskah juga rapi baik dari sisi tampilan maupun penulisan. Baca ulang lagi seluruh tulisannya sebelum dikirim








 

4 komentar:

  1. Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus
  2. Terimkasih bu, sangat membntu sekali. Sebagai pengingat kita nanti seterusnya bl mau mnerbitkn buku mlalui pak brian

    BalasHapus
  3. Cihuuyyy...
    Saya malah belum buat resume ini..

    Ayooo Semangat....

    BalasHapus