Rabu, 02 September 2020

MOTIVASI BERPRESTASI SALAMAH

SALAMAH

GURU SD N 2 WONOSOBO

Mentor CPNS

mentor psikotes




Pertama kali beliau  menulis buku itu di tahun 2011. Kala itu buku beliau  berjudul uji kompetensi awal, beliau  masih ingat sekali saat itu UKG akan segera dimulai yaitu tahun 2012 . Tahun 2011 itu beberapa guru meminta beliau untuk membimbing mereka tentang bagaimana menaklukkan soal-soal uji kompetensi awal .Beliau masih ingat betul saat itu guru-guru yang sudah agak sepuh itu berkumpul kemudian mengundang beliau bagaimana mereka ingin belajar menaklukkan soal-soal uji kompetensi awal dari situ beliau mulai menulis apa yang beliau  berikan kepada ibu ibu guru senior beliau. Beliau tulis saat itu hanya menulis tapi belum mengenal penerbit , tiba-tiba muncul ide beliau  untuk menerbitkan buku itu mulailah beliau melakukan pencarian kesana kemari untuk mencari penerbit dan tidak beliau dapatkan tidak beliau dapatkan di atas keputusasaan beliau  tiba-tiba tanpa Sengaja beliau melihat Facebook seseorang dan dia ternyata adalah seorang editor editor dari sebuah perusahaan Mayor buku Mayor di Indonesia iseng-iseng beliau meng-inbox editor kemudian editor membalas dan akhirnya terjadilah komunikasi yang baik antara beliau dan editor.

 

Tahun 2011 lah buku uji kompetensi awal beliau adalah buku satu-satunya yang beliau tulis saat itu beliau masih ingat betul di Kabupaten . Beliau tidak ada satu pun guru yang menulis mereka beranggapan jika menulis buku itu hal yang yang tidak penting bagi mereka. Beliau ingat sekali hal-hal bagaimana banyak guru banyak-banyak Katakanlah dari dunia pendidikan memandang miring. Beliau menulis buku mereka menganggap menulis buku itu sesuatu yang tidak penting tidak layak bagi seorang guru untuk apa namun buku beliau  laku keras saat itu laku  keras Berdasarkan pengalaman itu kemudian di tahun 2012 uji kompetensi guru itu mulai diadakan . Beliau mulai menulis buku uji kompetensi guru kalau ditanya dari mana materinya , beliau terkadang mendapatkan sebuah Ilham sebuah petunjuk yang entah darimana datangnya.  Beliau menulis buku itu uji kompetensi guru di mana Buku itu beliau karang sendiri.  Beliau  mengira -ira mungkin yang ditanyakan guru itu hal pedagogik. Pedagogik itu berkaitan dengan ini profesional itu dengan ini maka beliau  mencari silabus. Beliau mencari silabus Oh kalau mau ngajar materi ini bagusnya medianya ini Oh kalau mengajar dengan indikator ini assesmennya itu,  dari situlah beliau mengembangkan tulisan beliau. 

 

Sahabat guru Indonesia karena itu beliau menulis buku UKG atau uji kompetensi guru dalam menulis buku itu tentu saja sangat sulit. Kenapa sangat sulit harus mencocokkan silabus antara KD indikator tujuan dan lain-lain serta sebagainya bahkan satu soal itu beliau ada yang menghabiskan waktu dan tempatnya namun hal buruk menimpa beliau.

 

Hal buruk itu adalah ketika suatu ketika saat beliau pergi ke selatan rumah sakit di sebuah fotokopian , beliau mendapati buku beliau difotokopi ratusan eksemplar . Buku beliau  di fotocopy . Apa alasannya ya . Buku beliau  banyak difotokopi ratusan eksemplar oleh siapa oleh sahabat guru di mana di wilayah tempat beliau bekerja padahal buku beliau  harganya cuma Rp 55.000.  Mereka sudah bersertifikasi dan lain-lain, tetapi buku beliau difotokopi sahabat guru Indonesia bayangkan coba ratusan eksemplar difotokopi alhasil beliau  hanya mendapatkan royalti selama enam bulan selama 6 bulan sebesar Rp 750.000.

 

Bagi beliau royalti yang beliau  terima sebesar Rp 750.000 Tidak mengapa kalau memang benar-benar gitu Emang yang beliau  dapatkan namun yang beliau  sesalkan adalah Mengapa buku beliau difotokopi, oleh siapa oleh sahabat guru beliausendiri oleh teman-teman beliau sendiri padahal dari buku itu harganya Rp 55.000 kita hanya mendapatkan 10% dari pph

 

Dari hal tersebut tidak membuat beliau jatuh Bagaimana menggerakkan minta orang-orang supaya mereka bisa Menghargai karya guru di mana saat itu Wonosobo mungkin ya beberapa daerah belum ada guru menulis dan belum ada aturan untuk naik pangkat itu guru harus menulis Tidak ada aturan atau gitu belum ada beliau  katakan belum ada aturan. 

 

Setelah buku itu difotokopi banyak, apa yang beliau lakukan? Beliau  melaporkan hal tersebut Kepala Dinas saat itu tahun 2012,  itu beliau baru saja PNS beliau baru PNS 2 tahun karena beliau diangkat PNS tahun 2010 dan beliau  nulis buku tahun 2011 dengan uji kompetensi awal dan UKG tahun 2012 dengan uji kompetensi guru dan itu buku Mayor semua bukan buku Indi . Beliau lapor kepada kepala dinas dan apresiasi Kepala Dinas sangat bagus saat itu Kepala Dinas mengatakan “harusnya guru-guru muda disokong disumpah bukan dijatuhkan karyanya”.  Beliau  nggak tahu seperti apa penyelesaian dari kepala dinas gitu,  yang penting beliau  melaporkan dengan beliau  sertakan bukti-bukti foto-foto bahwa buku beliau difotokopi, selanjutnya setelah kejadian  itu dari buku itu beliau  diundang ke mana-mana.

 

Menulis buku yang mulai menghasilkan uang yang sangat banyak itu di luar kendali otak beliau  di luar kendali ekspektasi beliau. Beliau berpikir jika beliau  mendapatkan itu karena buah dari kegigihan beliau, dari bagaimana beliau tidak pernah surut melangkah untuk tujuan yang ingin beliau capai. 

 

Buku fenomenal beliau yang cukup menguntungkan bagi beliau adalah di tahun 2015.  Saat itu dokter mendiagnosa beliau tidak bisa hamil, beliau menderita sebuah penyakit. Dokter  mengatakan beliau tidak bisa hamil,  tapi beliau  tidak percaya kata dokter . Kalau beliau tidak bisa hamil maka beliau tetap berusaha,  bagaimana supaya beliau  bisa hamil dengan jalan apa, ternyata satu-satunya jalan adalah dengan jalan bayi tabung . Bagaimana beliau mendapatkan uang , beliau tidak tahu karena saat itu beliau belum tersertifikasi beliau masih golongan  dan  masih gaji beliau  sekitar Rp. 2.800.000,00.

 

Beliau treelling psikotes. Beliau  menulis buku  trelling psikotes diterbitkan bulan Agustus.  Bulan Agustus dan bulan Oktober buku  beliau dalam rentang waktu 2 bulan itu ludes 2000 eksemplar dan langsung mendapat royalti.  Buku beliau  pesan tahun 2015 dalam  jangka waktu hanya 12 bulan apa bisa fenomenal gitu,  mungkin beliau percaya gusti Allah.  Allah Sang Maha Hebat, itulah yang telah menetapkan bahwa dari keterpurukan dari kesakitan dari terburuk tetap semangat. Beliau  tidak putus asa, beliau  tidak pernah marah baik pada manusia maupun pada Allah dan buku beliau mulai menghasilkan uang yang sangat banyak,  yang sangat banyak di mana uang itu bisa beliau  gunakan untuk ini untuk itu dan beliau tidak lagi harus mengusulkan atau memberikan proposal ke Penerbit, justru penerbit yang menelpon beliau,  bisa membuat buku  ini bersama , beliau katakan siap bisa membuat buku ini. beliau katakan siap sampai sekarang pun beliau  seperti itu. 

 

Beliau menulis buku psikotes , beliau menghasilkan manfaat yang banyak sekali karena beliau menjadi mentor Psycho Test . Di rumah beliau  banyak setiap hari orang berdatangan ke rumah beliau.  Beliau bekerja dari pagi jam 6.30 sampai jam 4 kemudian di rumah beliau menyediakan les ikut tes cpns dari jam 5 sampai jam 10 malam.  Jam 11 beliau harus ngurusin keluarga,  kemudian lain-lain setiap hari seperti itu. Buku  CPNS,  kerja keras harus membuat soal menetapkan prediksi soal dan lain-lain dan mulai tahun 2015 banyak sekali orang-orang yang beliau  lepaskan menjadi CPNS,  di mana mereka mendapatkan prediksi nilai tertinggi hal serupa di tahun 2018 banyak sekali yang melakukan bimbingan psikotes dan tes CPNS di tempat beliau .  Ini yang baru saja terjadi tahun 2019 yang mana 98% yang les di tempat beliau  lolos skd CPNS dan separuh lebih mengikuti SKB , kali ini di rumah beliau. Beliau akan membimbing 25 guru SD yang siap untuk ikut tes SKB.

 

Dari uang buku itu beliau bisa merubah disebabkan karena ada bayi tabung ratusan juta rupiah, dari buku itu beliau bisa berobat operasi berkali-kali , dari uang buku itu beliau bisa hidup menghidupi keluarga beliau dan lain-lain,  maka beliau sarankan para sahabat guru Indonesia menjadi penulis buku Mayor kita bisa menjadi penulis buku Mayor kita berjuang kita semangat kita tetapkan langkah kita lurus ke jalan jangan menengok ke belakang jangan kebawah lurus ke jalan terus sampai tujuan kita tercapai.

 

Kalau prestasi yang sudah pernah beliau munculkan adalah juara 2 sains OSN IPA untuk murid SD tingkat nasional kemudian juara pidato tingkat nasional kemudian juara-juara yang tingkat nasional adalah tari dari provinsi juara 1 selanjutnya adalah menulis,  beliau juga membimbing murid beliua untuk menulis dan beberapa dari murid beliau  yang SD itu sudah bisa menulis dan bisa menerbitkan buku seperti itu.

Benar adanya  adalah di mana barang-barang itu ,benda itu atau juga karya fenomenal beliau adalah musik-musik pembelajaran . Itu ada musik pembelajaran di mana musik pembelajaran ini isinya tentang pahlawan.  Itu pembelajaran beliau,  berkolaborasi dengan UNY jurusan musik, untuk membeli membuat musik pembelajaran juga video-video pembelajaran lainnya. Di kelas beliau cukup banyak karya-karya media pembelajaran ataupun alat peraga yang beliau buat sendiri.

Selanjutnya misalkan Karya lomba,   lomba sering usaha atau di asas mana murid-murid beliau itu menjadi apoteker cilik dan dilombakan di tingkat dunia dalam hari Farmasi Indonesia. Jika berbicara tentang prestasi-prestasi secara yuridis ataupun secara yang tertulis punya banyak sekali, tapi memang beliau  tidak suka atau tidak ingin menceritakan tentang tentang sukanya apa prestasi yang beliau raih. Beliau lebih senang menceritakan bagaimana beliau jatuh dan terpuruk dalam menulis sehingga ini akan memotivasi. 





Itu adalah kegiatan kemarin dirumah beliau. Hari minggupun beliau lembur untuk anak anak agar bisa menani lomba. Lomba FLS2N gamcer yang diadakan secara daring hari ini tanggal 24 Agustus 2020.


Ini hari Sabtu 22 Agustus 2020 persiapan lomba FLS2N tari daring. Dan video dilombakan hari ini.





Jumat 21 Agustus 2020. Ini jam 21.00 di studio foto untul take video. Digunkan untuk lomba FLS2n 2020 hari ini


Soal SKB itu adalah terdiri dari soal pedagogik dan soal profesional,  di mana soal pedagogik berisi tentang bagaimana kemampuan kita mengajar misalkan ini pada kisi kisi nomor 1 pada kisi kisi nomor 1 itu peserta CPNS SKB mampu menentukan tujuan pembelajaran PKN , maka dari subjek yang diketahui itu adalah bisa materinya bisa asesmennya dan lain-lain yang kedua kemudian adalah menentukan materi ajar, yang ketiga mampu menentukan pembelajaran abad 2.

 

Dari mana beliau  mendapatkan inspirasi menulis buku, beliau mendapatkan inspirasi dari mana saja. Mayor beliau  tulis berdasarkan analisa beliau tentang market oriented  yang kini hilang beliau betul-betul melahirkan kebutuhan maka ketika beliau melihat kebutuhan analisa itu,  beliau akan membuat proposal ke Penerbit yang diinginkan seperti itu , untuk di instastory itu bisa memfollow akun Instagram beliau atau channel YouTube beliau  ataupun nanti akan beliau share tips agar bisa berteman. Siapa tahu bisa menuju Link yang lebih panjang Karena bagi beliau berteman. Semakin banyak teman semakin banyak lereng akan semakin memudahkan kita bertukar pikiran dan mencari rezeki .

 

Menurut beliau berubah seiring perkembangan zaman dan teknologi tapi ada yang satu  tidak bisa berubah yaitu diri kita sendiri,  maka mari kita mulai berkarya, berkarya untuk diri sendiri berkarya untuk anak cucu kita.

 

Sebenarnya ada satu karya buku beliau yang menjadi karya referensi Universitas yaitu buku strategi pembelajaran di mana beliau berkolaborasi dengan  rektor dan guru besar ,pendidik, seseorang atau tokoh pendidikan dari Indonesia yaitu adanya proses hukum baik itu yang beliau banggakan karena beliau disandingkan menulis buku dengan seorang profesor. 

 

Yang paling berkesan adalah ketika kerja beliau dihargai oleh orang.  Yang paling bersedih adalah ketika Buku beliau di plagiasi di foto copy ataupun dijual murah karena buku CPNS yang terakhir itu ada di pasar sebuah pasar di Jogja dijual harganya seharga Rp 40.000 dan itu diproduksi ribuan buku eksemplar , sementara buku beliau sebenarnya harganya Rp 150.000 otomatis membuat tidak adanya penghargaan .

 



Bulan Desember 2018 beliau mendapatkan penghargaan dari Pak Jokowi sebagai pemecah rekor guru menulis nasional . Beliau duduk di belakang Pak Jokowi persis hanya berjarak 1,5 meter , kemudian ketika Pak Muhajir lewat membawa buku itu, harus beliau katakan “bapak-bapak itu buku saya,  itu buku saya,  bisa saya foto begitu”. Beliau senangnya,  buku beliau dipegang oleh Bapak menteri seperti itu.  


Buku favorit beliau  adalah buku CPNS karena menghasilkan uang ratusan juta rupiah bagi beliau. Buku yang baru di rilis Juli 2019 dan sudah laku 4650 lebih dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan. bagi beliau menulis buku itu menyenangkan. selain sebagi eksistensi diri juga bisa menambah pundi pundi uang kita. Kalau buku strategi pembelajran tidak mendatangkan uang banyak, tapi kebanggan yang luar biasa karena beliau menulis beranding dengan seorang profesor rektor dan guru besar. Setiap buku memiliki cita rasa sendiri. Setiap buku juga punya cerita sendiri. Cita cita beliau yang belum tercapai adalah menulis novel. Beliau berharap novel beliau bisa di filmkan,  dimana  novel ini akan mencerikan kisah hidup guru.

 

Kalau guru yang sekabupaten banyak sekali yang menulis buku. Walaupun buku mereka buku indi, kalau yang menulis buku mayor sepertinya belum ada.

FB Salma Karyodinomo saimin. Instagram salma_abimanyu. channel youtube channel salamah.





Beliau kadang kerja membawa anak beliau sambil kerja. Namun tidak selalu beliau bawa, kalau jumat- sabtu- minggu beliau off, kegiatan luar itu beliau  gunakan untuk keluarga, kecuali ada tugas membimbing murid lomba.

 

Beliau menulis ketika dikejar target. bisa selesai hanya dalam 2 minggu atau 1 bulan. Di era pandemi beliau membuat video pembelajaran sambil nyambi ngajar online dan home visit, setiap hari beliau  melakukan home visit,  satu anak  selama  2.5 jam  sekali pertemuan.



 

Itu adalah kegiatan mengajar beliau di era pandemi.

Motto beliau adalah jadi motivator bagi diri sendiri. Motivator terhebat adalah semangat yang berasal dalam diri sediri. Makanan kesukaan beliau adalah mie . Hobby beliau tidur.

 

Menulis buku yang beliau  lakukan pertama adalah ketika di kelas kita kan tahu anak-anak itu punya bakat atau tidak dalam pembelajaran KBM. Biasanyakan ada mengembangkan ide pokok paragraf dari situlah beliau mengerti atau memahami murid-muridnya itu memiliki bakat atau tidak,  kemudian beliau  hubungi  dengan pendekatan psikologis dengan orang tuanya untuk mengatakan tentang program beliau, bahwa si anak bisa menulis,  kalau ada dukungan orangtua biasanya bisa menulis dan 4 murid beliau sudah bisa menerbitkan buku.

 

Beliau  bisa menari , juga bisa pantomim Karena dulu beliau  les waktu kecil . Beliau les menari,  les pantomim,  bercerita menggambar dan lain-lain.  Kalau  mau mengajari murid menari di kelasnya dalam SBDP dan lain-lain , tapi kalau mengajari murid untuk lomba menari tidak bisa, hanya memanggil guru les penari profesional,  tapi ide cerita dari beliau , misalkan lagi lomba FLS2N, maka beliau akan memilih lomba tari yang sesuai dengan dengan era saat ini , apa hubungannya Tari dengan pandemi Covid -19 dan beliau bagian itu konsepnya saja.  Kemudian pelatih profesionalnya akan akan mencarikan iringan musik dengan gamelan dan kemudian akan membuat buat schedule tentang tarian berdasarkan ide pokok atau berdasarkan ide yang beliau berikan.

 


Pesan beliau tetapkan langkah, satukan otak, bulatkan tekad, lurus ke depan, raih semuanya . Bravo kita bisa kita mampu dan kita akan melewati setiap rintangan dengan mudah . Majulah Guruku. Majulah Indonesiaku .

 







 







 

7 komentar: