Minggu, 18 Oktober 2020

Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (Online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan



“Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (Online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan”.

 

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, 

berjumpa lagi dengan saya JUNI MARLINDA RAMBE guru kelas 4B SD Negeri 200212 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan provinsi Sumatera Utara.

Mari bergerak guru penggerak Indonesia   http://gurupenggerakindonesia.com.

Sahabat “Rumah Belajar” hari ini saya akan berbagi pengalaman belajar dari rumah.

Beberapa hari ini kita belajar dari rumah karena Coronavirus atau Covid-19,

Ini sesuai dengan perintah dari pemerintah dan sesuai dengan surat edaran terbaru dari Walikota Padangsidimpuan.




Dan ini sangat didukung oleh Kepala SD Negeri 200212 Padangsidimpuan NURHAIDA RANGKUTI, M.Pd agar guru, orangtua, siswa, dan masyarakat sekitar bekerjasama untuk mencerdaskan anak bangsa,

Ini ada di kata Pengantar PJJ oleh Kepala SD Negeri 200212 Padangsidimpuan https://youtu.be/DYsiKh0BEzk




 

Kita belajar dari rumah menggunakan produk pusdatin portal Rumah Belajar.

 

Yuk kita simak!

 

Awalnya saya bingung mau mulai pembelajaran daring dan luring pakai model pembelajaran apa ya? agar anak-anak tidak bosan belajar di rumah. Oke saya ada ide, saya suruh mereka untuk menggunakan handphone saat belajar di rumah mereka sangat bersemangat, mereka membuka portal Rumah Belajar di http://belajar.kemdikbud.go.id



Aplikasinya adalah saya menggunakan WhatsApp , Facebook, Google Form, Quizizz, Crosswords Fuzzle yang disematkan di blog pribadi saya https://rambejunimarlinda85.blogspot.com .Semuanya ini diaplikasikan dengan “Rumah Belajar”.

Di WhatsApp, saya bentuk grup belajar yang dikoordinasikan dengan orang tua siswa, maka terciptalah kerjasama yang solid. Saya mulai dari KEGIATAN AWAL yaitu absensinya dengan menggunakan Google form ini adalah contoh absensinya


Yang kedua adalah KEGIATAN INTI dengan menggunakan Sintak model pembelajaran Discovery Inquiry.

Model pembelajaran Discovery Inquiry agar anak-anak belajar mandiri.

1. Stimulasi : Mengajukan pertanyaan kemudian memberikan anjuran kepada peserta didik untuk membuka portal “Rumah Belajar”  di http://belajar.kemdikbud.go.id

2. Identifikasi Masalah : Permasalahan dirumuskan dengan membuka portal rumah belajar dalam bentuk pertanyaan atau hipotesis.

3. Mengumpulkan data : Membaca literatur dari portal rumah belajar.Anak-anak mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dengan membaca literatur yang ada pada materi portal Rumah Belajar 

4. Pengolahan Informasi : Semua informasi yang diolah oleh peserta didik.

5. Verifikasi hasil : Membuktikan benar atau tidaknya konsep yang ditemukan. 

6. Generalisasi : Menarik kesimpulan atas materi yang didapat dari portal “Rumah Belajar” 

 

Mereka juga saya suruh aktif di SAPADRB kelas 4.  Jadwalnya pun yang sudah disusun SAPADRB yang telah ada kemudian dikoordinasikan dengan wali murid. Banyak sekali tutornya di sana yang menjadi narasumbernya sangat ramah dan seru.


Ketiga KEGIATAN PENUTUP yaitu pemberian tugas dan penilaian.

Nah ini saat penilaian sekarang. Saya bingung gimana cara menilai mereka secara mereka tidak ada dihadapan saya sendiri seperti biasanya di sekolah gimana ya?

Saya beri tugas mereka untuk menjawab pertanyaan pada bank soal di portal rumah belajar ini dia hasilnya



Saya gunakan soal online dari Google Form yang saya buat sendiri

dengan aplikasi Quizizz



dengan aplikasi TTS online Crossword puzzle yang diselamatkan diblog https://rambejunimarlinda85.blogspot.com/2020/04/tts-tema-9-kelas-4-crossword-puzzle_16.html

 

Sebagai latihan tentunya dengan Rumah Belajar dan yang materinya diambil dari portal Rumah Belajar, testimoni mereka sangat senang.

Nah sahabat Rumah Belajar agar anak-anak semakin semangat. Hasil belajar mereka saya share di Facebook bahkan di WA. Seperti literasi menceritakan gambar, kemudian literasi menggambar sekaligus bercerita, selanjutnya literasi Cipta Karya puisi, bahkan ada juga yang jago literasi bercerita.













Nah sahabat Rumah Belajar ini testimoni kebermanfaatan portal rumah belajar .

Dan semua ini sebelumnya sudah saya upload diyuotube berhubung saya mengikuti Pembatik 2020 sebagai tugas Vlog Pembatik level 2 Tahun 2020. Dan alhamdulillah lulus dari Pembatik level 1 hingga mencapai lulus Pembatik level 3. Meskipun lulus Pembatik level 3 tapi tak lanjut Pembatik level 4, alhamdulillah belum rezeki mungkin itu yang terbaik dari Allah agar saya terus belajar lebih baik lagi dan berkarya untuk pendidikan negeri ini. Dan saya bersyukur bisa sampai tahap itu, tak disangka perjuangannya walaupun itu secara marathon. Alhamdulillah banyak manfaatnya. Yang penting sudah dapat ilmu dan sahabat guru hebat dari seluruh Indonesia yang luar biasa.   

https://youtu.be/W13VKFypo-I



 

Dalam Quizizz dan video pembelajaran untuk Kelas 4 SD saya  pernah bekerjasama dengan bu Theresia Sri Rahayu, S.Pd. SD atau yang sering dikenal dengan bu Tere dimana soal Quizizz dan video pembelajaran youtube beliau pernah saya gunakan sebagai pendukung saya dengan izin beliau sebelumnya yang mana beliau taq saya di Facebook.

 

Tak lupa juga Belajar dari TVRI yang saya beritahu bagi anak didik saya. Yang saya share di WAG dan Facebook pribadi saya.




Agar anak- anak semakin bersemangat dalam belajar yakni belajar sambil bermain dengan Rumah Belajar Edugame yaitu https://belajar.kemdikbud.go.id/edugame.

Saya berikan arahan kepada anak agar belajar menggunakannya dengan menyematkan linknya diblog saya yang saya share di WAG. Anak-anak sangat bersemangat .Dan tak disangka diapresiasi oleh salah satu Duta Rumah Belajar Terbaik Indonesia 2018 yaitu Pak Deni Demian Renovti langsung diupload beliau di Facebooknya. Saya sangat terharu. Dan rasa syukur ini, saya upload juga diblog saya https://rambejunimarlinda85.blogspot.com/2020/07/syukur.html

dan di Facebook saya, banyak yang terinspirasi dari yang saya upload yakni teman sejawat untuk sekedar berbagi bagaimana cara pelaksanaannya dengan menjapri saya.

 

Bagi teman –teman bisa mengunakan video pembelajaran saya selama pandemi ini barangkali ada yang membutuhkan.

Untuk kelas 4 SD untuk sekedar berbagi

Di channel saya https://www.youtube.com/channel/UC44ge4UzC20Xq91zx9JSmyg

Semoga bermanfaat…

Bantu like, subscribe dan share yaa,

Terima kasih…

Semoga sehat dan berkah selalu untuk kita sekalian.


Dengan Rumah Belajar kita dapat belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten belajar yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Mari bergabung dan belajar diportal Rumah Belajar.



Jangan lupa buka selalu Rumah Belajar yaitu di http://belajar.kemdikbud.go.id

Rasakan manfaatnya, rasakan keasyikannya agar anak-anak tetap semangat belajar.

Maka dengan adanya Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING (Online) dan LURING (Offline) Menjadi Semakin Menyenangkan. Dan sangat membantu dan mempermudah guru untuk melaksanakan pembelajarannya secara daring maupun luring.

Semoga Covid-19 cepat berlalu.

 

Selamat belajar tetap semangat!

Sampai jumpa sahabat Rumah Belajar

Salam Blogger Persahabatan

Guru Blogger Indonesia

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.



 


PROFIL

JUNI MARLINDA RAMBE, S.Pd

 



Dilahirkan di Selat Panjang tepatnya Kabupaten Bengkalis Pekanbaru, pada tanggal 9 Juni 1985. Merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Aladdin Rambe dan Dorlan Siregar. Menempuh pendidikan dimulai dari SDN 142444 Padangsidimpuan (lulus tahun 1998), MTsN Padangsidimpuan (lulus tahun 2001), MAN 2  Padangsidimpuan (lulus tahun 2004), D2 PGMI STAIN Padangsidimpuan (lulus tahun 2006), STKIP  “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan Jurusan Pendidikan MIPA Prodi Pendidikan Matematika (lulus tahun 2010), dan Universitas Terbuka Prodi S1-PGSD (lulus tahun 2019). Penulis adalah guru SD Negeri 200212 Padangsidimpuan, yang mempunyai hobby membaca. Mempunyai motto belajar, belajar dan terus belajar.  Dan tetap terus berbagi karena berbagi itu indah, agar hidupnya bermanfaat bagi orang di  sekitarnya, agama , bangsa dan negara. Semoga bahagia dunia akhirat, aamiin.




10 komentar:

  1. Terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik dalam rangka memeriahkan bulan bahasa dan sumpah pemuda.

    BalasHapus
  2. Mantul Bu...ini luarrr biasa based on real action

    BalasHapus
  3. Mantap selamat ibu atas juaranya...blognya keren...

    BalasHapus
  4. Selamat y bu ...atas juaranya ...keren 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  5. https://www.gurupenggerakindonesia.com/inilah-3-orang-guru-blogger-pemenang-lomba-blog-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    BalasHapus
  6. Hallo, salam kenal guru hebat. Saya ucapkan selamat dan proficat atas pencapaian yang luar biasa. 3 Terbaik dalam lomba blog guru blogger. Saya mendapatkan blognya ibu melalui tautan link dari website guru pengerak. Setelah lihat tulisannya luar biasa, sangat lengkap dan spesifik. Disertai dengan foto dan video yang mendukung, jujur saya kagum dengan guru inspirasi dan berprestasi seperti ini. Tetap semangat dan terus berkarya bu. Sukses selalu.

    BalasHapus