Sabtu, 16 Januari 2021

SUKA DUKA IKUT LOMBA BLOG PGRI

SUKA DUKA IKUT LOMBA BLOG PGRI

Lomba blog adalah kegiatan yang biasa diikuti oleh seorang blogger.

Mengikuti lomba blog itu ada suka dan dukanya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahasnya.

Setiap blogger punya suka dan dukanya masing-masing. Saya mengalami begini, yang lain mungkin mengalami begitu. Saya melaluinya dengan cara begini, yang lain mungkin melaluinya dengan cara begitu.

 

*Imbalan , pujian dan Pembelajaran

Menurut saya ikut lomba blog memiliki 2 hasil yaitu menang dan kalah.

Ini lomba pertama kali yang saya ikuti dan Alhamdulillah menang!  Ikut lomba 10 Oktober sampai 28 Oktober 2020. Dan pengumuman pemenang lomba tersebut diumumkan oleh Pak Subardana dari Penerbit Andi Yogyakarta tanggal 10 November 2020 pada hari Pahlawan yang disiarkan langsung oleh Andi TV berikut : https://youtu.be/DTjEVQsb1-A


Apapun itu, saya pribadi lebih suka menikmati semuanya sebagai sebuah proses pembelajaran yang amat berharga.

Materi menggiurkan yang saya dapatkan dari blog bukanlah alasan yang membuat saya tetap ngeblog sampai hari ini. 

Bila suatu hari saya tak lagi ada mengisi blog ini, bukanlah prahara yang membuat saya berhenti, melainkan  mati.

Tetap ngeblog, tetap berbagi, dan terus ingat dua hal ini : KONTEN dan KONSISTEN.

Saya sangat percaya, ada sesuatu yang lebih besar dari sekadar imbalan dan pujian, yakni pembelajaran.

Imbalan yang saya dapatkan dari lomba Blog Tingkat Nasional dalam rangka memeriahkan acara Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda kepada saya sebagai Juara 3  berupa hadiah :

1      Printer Epson L120,

2.     Uang tunai sebesar Rp 250.000.00-,

3.     Piala dan piagam penghargaan,

4.   Voucher Gold Kartu Pintar Mandiri sebesar 260.000.00-gratis selama 6 bulan

5.     Buku Digital Transformation Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Duniadari  penerbit Andi oleh Yulius Roma Patandean dan Prof. Richardus Eko Indrajit.

 

Terimakasih sponsor atas semua hadiahnya ... Semua hadiahnya sudah saya terima.

Semuanya sangat bermanfaat bagi saya. Semoga berkah

Aamiin...

Ini dapat dilihat di https://rambejunimarlinda85.blogspot.com/2020/12/hadiah-juara-3-lomba-blog-bulan-bahasa.html



 

Selain Imbalan dan Pembelajaran , Pujian sebagai ucapan selamat dari sesama teman blogger baik itu teman lama dan teman baru dalam lomba,  keluarga, sahabat dan teman  saya berdatangan baik langsung maupun melalui media sosial WA dan FB. 

 



https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=785769048822276&id=100021675638256

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=776811326384715&id=100021675638256

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=785534508845730&id=100021675638256

 

*Bersaing dengan ratusan lebih blogger seluruh Indonesia bisa dapat teman-teman baru dan pengalaman-pengalaman baru

Jadi… kalau mau ikutan  lomba blog harus siap menghadapi persaingan dengan ratusan bahkan ribuan blogger di seluruh Indonesia.

Lomba blog biasa dibuat untuk umum yakni seluruh masyarakat Indonesia, itu merupakan salah satu syarat utama. Dengan kata lain para blogger di seluruh Indonesia akan bersaing ketat untuk mendapatkan juara 1, juara 2, juara 3 dan juara di kategori lainnya.

Saat saya lihat tulisan yang juara emang keren-keren. Jadi memotivasi saya untuk belajar nulis lagi dong. Selain itu bisa dapat teman-teman baru dan pengalaman-pengalaman baru

 

*Adanya Blogger WA yang tak bisa terima kekalahan.

Adanya blogger WA yang kalah, seolah merendahkan si pemenang tak layak menang. Saya merasa risih dan sedih. Padahal hasilnya sudah dishare oleh panitia. Dan hasil tersebut tidak dapat diganggu gugat. Tentunya dengan ketentuan dan syarat tulisan yang dapat menarik hati dewan juri hebat yang tidak diragukan lagi kemampuan dan pengalamannya. Ini sesuatu hal yang wajar terjadi.

Sesungguhnya, menang atau kalah lomba blog adalah kombinasi antara konten, selera juri, dan rejeki. 

Semoga setiap yang  berlomba, memiliki mental juara sejati.

 

Perlu diingat!!!

 

#Bangun

                                                                        # dan

#Bangkit

               Berani menang itu biasa, berani kalah itu luar biasa.

Diantara orang-orang yang unggul itu, saya selalu yakin mereka sudah menelan 1001 pil kekalahan, namun mereka bangun dan bangkit , hingga bisa seperti yang kita lihat saat ini. ( Deni Demian Renovtri).


*Hadiah lama sampai

Keterlambatan hadiah sampai adalah hal tragis yang dialami oleh peserta. Bagi mereka yang sudah terbiasa menang mungkin sudah memaklumi hal ini, namun bagi mereka yang baru menang sekali, dua kali akan merasa risih karena hadiah tidak diterima dengan cepat. Seperti saya hehehe...(perdana ikut ternyata menang lomba).

Perlu diingat!!!

Pemberian hadiah tidaklah instan, ada prosuder yang harus dipenuhi pemenang seperti memberikan data diri dan konfirmasi lain-lainnya.

 

Salam dan semangaaat bloger yang suka ikut lombaaaa!

Sekiaan ...

Saya bangga bagian dari Grup Menulis Omjay

Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi "Wijaya Kusumah ( Omjay) " guru menulis saya.

Salam berbagi, belajar, memotivasi dan menginspirasi

 

Entah kenapa, tiap ada ujian hidup ( saat ini putra saya Anif  ElSyarief Harahap sedang sakit mohon doanya sahabat agar putra saya cepat sehat ), selalu ada rejeki baru yang datang tanpa terduga yakni diarahkan Omjay Wijaya Kusumah ( guru menulis saya ) menulis artikel ini Suka Duka Ikut lomba PGRI dengan imbalan. Alhamdulillah Ya Allah!!!

Dimana bertepatan sekali bulan Januari 2021 ini saya belum terima gaji sebagai PNS yang belum sertifikasi, jadi sedikit lega dengan hal itu.  Apakah ia sebuah penghiburan atas kesedihan, atau kah memang rejeki yang sudah Allah siapkan? Hanya Allah yang Maha Tahu. Saya hanya perlu bersabar dan bersyukur atas setiap yang terjadi....

 

3 komentar:

  1. Sehat selalu Bu...
    Terimakasih tips lombanya

    BalasHapus
  2. Luarrr biasa Bu Juli... mnjadi motivasi buat yg lain termasuk saya tentunya...terus berkarya dn makin sukses bu

    BalasHapus