Sabtu, 17 Oktober 2020

BERBAGI PENGALAMAN MENULIS YANG DICOBA DITUANGKAN DALAM BLOG

https://penamrbams.id/profil-mr-bams/

CV Mr. Bams

Malam ini Mr. Bams ingin berbagi tentang pengalaman menulis yang dicoba dituangkan dalam blog . Yang jadi pengalaman beliau menulis sesungguhnya karena seringnya membuat blog yang yang diawali dari justru bukan dari Blog pribadi, tetapi ketika beliau jadi wali kelas beliau bikin blog. Ketika beliau jadi guru mata pelajaran beliau bikin blog, kemudian ketika beliau jadi pengelola sebuah organisasi beliau membuat blog dan berikut ini beliau akan coba share blog yang pernah beliau buat. 


https://penamrbams.id/contoh-blog-yang-dikelola-mr-bams/

Silahkan jalan-jalan disini. selama 5 menit

Bila sudah jalan-jalannya tapi belum puas bisa dilanjutkan lagi. Nah satu lagi tayangan di youtube yang bisa disaksikan.

https://youtu.be/PkLTlCHi-sc

boleh like dan subcribe. Inilah adalah tayangan tentang Kalimat Bahagia yang setiap hari dibuat. Kalimat bahagia adalah kalimat penyemangat, sebagai bentuk dari latihan menulis yang sampai saat ini masih dilakukan Mr. Bams.





Menurut beliau sesungguhnya pada saat kita mempunyai blog. Apalagi sudah tergabung di grup ini. Ini menjadi blog akan menjadi media untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan kita. Gimana tulisan tulisan ini bisa berisikan berdasarkan pengalaman, kemudian hobi atau juga pekerjaan atau latar belakang hidup di hatinya pasti kita punya punya latar belakang kehidupan sebelum ini yang itu bisa diceritakan di blog.

 

Beliau mengatakan “kelas belajar menulis Sampai detik ini yang dikelola oleh om Jay terus-menerus mengalami peningkatan yang luar biasa, karena memang para peserta di diajak untuk memiliki blog sehingga hasil belajar yang setiap minggunya dilakukan sebanyak 3 kali. Itu bisa terdokumentasikan dan beliau hanya ingin berbagi Bagaimana mengelola blog yang bisa kita lakukan secara konsisten.”

 

Menurut beliau bila dibandingkan misalnya beliau mengelola blog Wordpress ada juga yang pakai blogger atau blogspot. Ada si yang bilang bahwa WordPress biasanya lebih sulit dibanding blogspot, akan tetapi ketika kita punya kemauan yang keras, kemauan yang kuat untuk belajar.  Rasanya itu bisa dikalahkan. Banyak kok yang misalnya di kelas beliau belajar yang dia sudah punya blogspot kemudian masuk ke kelas WordPress  untuk juga belajar.

 

Beliau mengatakan “apa yang saya lakukan untuk mengajak guru-guru punya blog. Saya masih teringat di masa pandemi.  Dimana masa Pandemi itu dari bulan Maret saya buat beberapa kelas blog Wordpress.  Itu bisa sampai angkatan ke-8 dari kelas pemula, kemudian naik ke kelas lanjutan dan memang itu berbayar, akan tetapi sudah 1 bulan kebelakang mungkin saya coba membuat tutorial-tutorial di YouTube ,agar bisa dipelajari oleh siapapun, tanpa harus misalnya gabung ke WhatsAppnya. Ini juga salah satu cara untuk membantu guru guru atau siapapun yang ingin belajar blog. 

 

Nah saya pun akhirnya membuka Kelas dan itu gratis dan yang sudah bergabung lebih dari 40 hampir-hampir 48 -49 orang yang bergabung dan itu bertemu hanya belajar seminggu sekali. Karena tutorialnya sudah ada di YouTube dan itu bisa dipelajari. Cuma kelebihannya ketika bergabung dengan grup ini, kita bisa tanya jawab yang saya siapkan di setiap hari Selasa dari ba’da Isya sampai jam 9 malam. Itu jadi ada waktu untuk menanyakan dan memang berbeda ketika misalnya belajar full mandiri saya baru sempat untuk menyiapkan waktunya 1 hari kita bisa belajar blog Wordpress .

 

Hal yang menarik yang ingin berbagi tentang menulis. Sesungguhnya saya kenapa Mr. Bams menularkan atau mencoba membuat ide kalimat bahagia atau orang yang ada yang bilang bisanya quotes misalnya. Tapi saya lebih senang kalimat bahagia kita jadi ada juga yang menyatakan kalimat semangat gitu, tapi memang bahagia dan semangat pasti rasanya berbeda ya dan saya ingin menyebarkan kalimat-kalimat yang kita istilahkan kalimat Bahagia itu benar-benar membuat orang pada saat membaca kalimat itu juga bisa menjadi bahagia.

 

Memang tidak mudah bagi saya untuk membuat kalimat bahagia yang setiap hari yang hanya satu kalimat rasanya apa membuat kalimat. 1 kalimat bahagia dengan satu paragraf itu rasanya lebih tertantang untuk membuat satu kalimat itu, dibandingkan beberapa kalimat. Ini yang setiap hari saya coba dan itu ada di web yang saya kelola.”



https://penamrbams.id/category/kalimat-bahagia-mr-bams/


 

Beliau  mengatakan” kalimat bahagia yang saya buat saya share di web, kemudian saya share di apa di Instagram. Instagram ayahnasalwa, juga di share di Facebook Facebooknya Bambang Ayah Salwa, kemudian ada juga di podcast yang bisa dicari di podcast di spotify cuap Mr Bams.

 

Apa yang saya lakukan ini sesungguhnya dalam rangka juga mengembangkan gerakan literasi yang ada yang sekarang gerakan literasi itu sudah ada gerakan literasi nasional kemudian gerakan literasi sekolah gerakan literasi masyarakat gerakan literasi keluarga dan di setiap gerakan literasi ini saya mencoba untuk juga melibatkan diri seperti di GLS ya aktif di sekolah kemudian di GLM Saya punya taman bacaan masyarakat TBM AS Lebakwangi kemudian di rumah juga ada gerakan literasi keluarga.  

 

Kita bisa menstimulus, kita membuat kalimat kalimat bahagia atau kita menulisnya. Saya di rumah punya program setiap Sabtu itu berbagi kata semangat.  Jadi saya kemudian istri dan anak dirumah dan 3 orang itu berbagi satu kata. Jadi saya setiap hari Sabtu itu memberikan Satu kata buat istri, Satu kata buat anak. Kemudian saya pun akan mendapatkan satu kata dari istri dan dari anak. Jadi semuanya saling memberi dan juga menerima. Ya saya memberi dua kata kepada istri dan anak dan saya pun menerima 2 kata dari istri dan anak. Nah kalau di hari Minggu itu biasanya kita berbagi kalimat bahagia, dari kalimat Bahagia itu satu kalimat misalnya saya berikan 1 kalimat kepada anak saya Putri saya Salwa “ Salwa Kamu pasti bisa dan yakin diterima di UPI jurusan bahasa Indonesia” atau mungkin saya berikan satu kalimat buat istri “ibu minggu ini makanan ibu enak-enak.”

 

Nah di hari Jumat kami biasanya mengecek bacaan Alquran. Saya muslim jadi setiap hari Jumat.  Saya cek sudah sampai surat apa ayat keberapa dan itu kita catat sehingga saya sebagai kepala keluarga tahu. Oh anak saya sudah surat sekian ayat sekian, minggu lalu sekian, oh berarti ada kenaikan sekian ayat.

 

Nah barangkali sebagai apa materi yang saya sampaikan tadi di apa di ketika kita mengelola blog itu di sana di gambar yang tadi saya kirim bawa mengelola blog gitu sehari ya kita memang harus mau belajar belajar tekun kemudian rajin berlatih. Ya harus sabar ketika misalnya mendapatkan kesulitan, yang biasanya ketika mendapatkan kesulitan langsung berhenti jarang posting atau misalnya WordPress kok ribet banget ya misalnya.  Tapi kalau misalnya kita mau terus belajar belajar. Saya yakin sih bisa ya dan konsisten untuk terus belajar konsisten untuk terus menulis itu. Semoga blog yang Bapak Ibu kelola itu akan menunjang untuk misalnya nanti membuat buku atau menunjang aktivitas pada saat kita mengajar dan kalau belum. Ya sudah tumbuh kembang ya kita tidak cepat untuk puas dan kita belajar dan terus belajar

 

Ya hari ini beliau ditemani Mario Teduh, ya sebagai motivator. Mario Teduh (Mari Ayo tenang dalam urusan hidup). Menurut  Mario Teduh jadi dalam urusan menulis itu lakukan dengan riang gembira, lakukan dengan sukacita.  Apapun yang bisa ditulis. Ditulis aja bagi sudah punya blog ya kita bisa posting apa saja di blog kita, sehingga blognya bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung yang ada di dunia ini. Ya terus menulis lagi juga posting begitu Mr Bams.

 

Beliau ngeblog dari tahun 2008 saat menjadi guru di SMP Taruna Bakti kota Bandung. Beliau mengajar mata pelajaran TIK dan memberikan ekskul IT. Ekskul IT yang diajarkan adalah belajar membuat blog, tapi awalnnya multiply.

Untuk wordpress kira-kira tahun 2012. Kalau buku saat ini baru proses untuk buku solo. Masih ikut menulis dengan buku antologi saja.

Kalau buku Kisah Guru Ngeblog Di Wordpress, ya buku ini masih dalam proses.

 

Menurut beliau sesungguhnya penggunaan WordPress dan Blogger/blogspot tergantung dari selera atau kebiasaan. Selama kita terus konsen dengan blog tersebut pasti kita bisa menjalankan blog itu dengan baik. Jadi apapun blognya isinya tetap tulisan yang membuat semua orang terinpirasi.

silahkan lihat tayangan ini

https://youtu.be/ERfPc1VcRho

Menurut beliau Literasi yang kita kembangkan dimulai sejak tahun 2013. Kegiatan literasi awalnya menjadikan kebiasaan bagi peserta didik untuk membaca. Kami punya waktu khusus untuk jam literasi setiap harinya diluar jam belajar. Ending literasi yang kami harapakan bagaimana anak-anak memiliki kemampuan membaca, ,menulis dan bicara.  Tidak selamanya bahwa buku menjadi salah satu produk literasi yang harus dibuat. Anak-anak bisa menyimpan karyanya di blog.

Sebagai penulis pemula, menulislah dari apa yang kita sukai.

Tulisan bisa disimpan dikertas saat punya ide, kemudian dipindahkan di pengolah kata (microsoft word, atau yang lainnya). Kemudian bisa diposting di blog yang kita kelola. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis.

Yang kita lakukan harus mau menyadari bahwa kita sebagai guru harus selalu mencoba untuk senang membaca dan menulis. Tuangkan dan buktikan bahwa kita bisa menulis, simpan di blog.

Langkah awal menulis di blog WordPress :

1. Kuasai terlebih dahulu bagaimana mengelola blog di WordPress

2. Belajar posting di blog

3. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog

Selamat mencoba.

 

Menurut beliau jurus-jurus mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang.

a. Rajin posting

b. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

Kuasai tampilan yang disediakan oleh blog, dan harus mau mencoba dan berlatih. Isi blog baiknya apa ? Isi sesuai kebutuhan yang kita perlukan dan apa yang kira-kira apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca.

 

Video goresan tangan bukan asli beliau buat, tapi beliau kerjasama dengan adik beliau, ini chanel nya

https://youtu.be/JUVThBXza1s.

Insert video di wordpress, ada fasilitas menyisipkan link di postingan yang ada di wordpress.

 

Menurut beliau mengawali dari multiply.com kemudian pindah ke WordPress lebih banyak mengelola blog yang bukan pribadi. Bahkah blog pribadi yang beliau buat ini gara-gara bergabung di kelas Omjay ini yaitu bepenamrbams.wordpress.com pada bulan Maret 2020 , kemudia di bulan April 2020 beliau pindahkan ke penamrbams.id. Web penamrbams.id masih menggunakan dasbor seperti di wordpress.

Beliau membuat Taman Bacaan sejak tahun 2011 di rumah yang beliau tinggali sejak tahun 2007. Karena beliau pendongeng beliau senang membaca buku, karena butuh banyak referensi. Tahun 2012 beliau mendapatkan amanah ditambahnya rumah, maka rumah pertama kami sampai sekarang menjadi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) AS Lebakwangi yang melayani pengunjung yang membaca dan meminjam buku secara gratis, sampai sekarang masih terus berjalan.

Berbagi kalimat bahagia di keluarga sudah beliau lakukan hampir 3 tahun, dan menjadi sumber tulisan beliau di IG, weblog dan fb, kemudian beliau coba bawa ke sekolah menjadi program kalimat bahagia,

http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/kalimat-bahagia-siswa-tahun-pelajaran-2019-2020/

 

Menurut beliau mengelola blog, tergantung blog yang digunakan apa.

***Saran beliau yang penting bisa posting sesuai dengan kemampuan atau komitmen yang dibangun pada diri pribadi. Misalnya mau posting 2 hari sekali, 1 minggu sekali atau setiap hari.

Kehabisan bahan, karena belum terlatih. Latih saja terus menerus, lama kelamaan akan terbiasa. Semoga dengan latihan yang dilakukan akan membuat terbiasa menulis di blog.

Seringlah membagikan postingan kita, atau buatlah tulisan yang menarik yang bisa membuat orang mau membaca. Beliau sampai saat ini lebih senang menulis, untuk pengunjung tidak terlalu menjadi hal yang utama, karena kelak tulisan yang beliau buat akan menjadi warisan yang dinikmati sepanjang zaman. Boleh kita hidup akan terbatas oleh waktu, akan tetapi karya kita tak akan ada batasnya.

Membuat judul yang berbeda dari yang lain, buat judul 5-7 kata. Semoga kita selalu diberikan ide memberikan judul yang menarik. Sebagai tantangan beliau akan lihat dari resume yang dibuat sudah mulai memberikan judul yang luar biasa. Buatlah judul resume malam ini yang menarik.


KESIMPULAN :

Menulislah dengan ketulusan. Menulis bukan hanya bertujuan mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.

Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai. Tidaklah membandingkan blog yang satu dengan yang lain. Pelajari terus blog yang sekarang dipelajari.

Berlatih kemudian menulis dan simpanlah di blog.

 

2 komentar: