Jumat, 09 Oktober 2020

BERBAGI PENGALAMAN MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU ALA "NMATMI"


Tak kenal maka tak tahu. https://cakinin.blogspot.com/2020/10/curiculum-vitae.html

Malam ini beliau tidak memberikan  materi tetapi hanya sharing saja tentang menulis buku. Kapan beliau mulai belajar menulis dan menerbitkan  buku, mengapa beliau harus menulis dan kapan beliau berani belajar menerbitkan buku teman-teman yang belajar menulis bersama Om Jay? Yuk kita mulai

Menurut beliau tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau berubah ke arah kebaikan. Dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kalau kaum  itu tidak mau merubahnya sendiri.

Kalimat bijak itulah yang  menjadi motivasi beliau untuk segera menulis. Sudah puluhan tahun hati beliau ingin menulis buku, sejak SMP beliau sudah menulis buku harian sampai kuliah.

Memasuki usia 54 tahun keinginan menulis semakin kuat. Tapi bagaimana cara menulis dan memulainya ? Itulah pertanyaan besar yang muncul dalam hati.

Sebuah pepatah mengatakan " Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan "Manjadda Wajadda' ( siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil).

Keinginan itu akhirnya beliau  tindak lanjuti setelah ziarah haji ke Bu Emi Sudarwati.  Oh luar biasa bukunya yang terbit sudah 300 lebih dan beliau dimotivasi. "Pak Minin segera menulis buku kan jenengan guru saya bahasa Indonesia di SMP  pasti bisa, apalagi Bapak sering mengantarkan orang umroh ke Mekkah, bisa ditulis Pak!" begitu kata Bu EMI. " Ya Mbak insya Allah saya pingin sekali, bagaimana caranya." begitu sahut beliau.

"Ikut Workshop di PBG Bojonegoro Pak, sesi 2 saya daftarkan", kata Bu EMI. Beliau katakan siap. Maka 29 Feb 2020 beliau ikut diikuti 81 peserta dari Bojonegoro, Tuban dan beliau sendiri dari Lamongan dengan Narsum 3 orang penulis hebat Yaitu Emi Sudarwati ( gupres pemenang Inobel 2016), Ajun Pujang Anom dan Slamet Widodo. Dari pertemuan itu langsung praktik menulis dibimbing Bu EMI   dulu murid saya di SMP dan menghasilkan Buku PBG MEMBAHANA Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro penerbit Kelompok Majas.

Alhamdulilah buku karya  bersama beliau pertama kali  terbit, bangga rasanya. Karena terus ingin menulis walaupun belajar yang gurunya dulu murid beliau tidak apa-apa.  Karena belajar jangan lihat siapa yang bicara,  tapi dengarkan apa yang dibicarkan. Beliau ikut workshop kali kedua 8 Maret 2020 di TBK KHINANTHI di rumahnya Bu Emi. Pembimbing tetap 3 orang seperti di PBG. Alahamdulillah terbit buku solo beliau 55 Pantun Nasihat diterbitkan  kelompok Majas Bojonegoro.

Karena beliau haus untuk belajar  menulis, maka beliau  ikut kuliah online bersama Om Jay gratis lewat WAG PGRI beliau dimasukkan gelombang 8. Tepatnya 29 Maret 2020 beliau mengikuti membuka yutubenya Om Jay isinya sebagai berikut :



Kisah ini beliau tulis dalam buku SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG ( antologi) bersama gel. 12. Judulnya Virus Semangat Menulis Merasuk Jiwamu hal.83.

Kuliah online pertama narsum hebat  Om Dedi Dwitagama tentang Belajar Ngeblog dan Yutubber. Dengan memotovasi beliau dan peserta untuk membuat blog dan menulus di blog untuk dikenang anak cucu kita dan semesta raya. Om Dedi mengatakan bahwa kita pernah hidup dan meninggalkan jejak kebaikan. Karena kebaikan berbalas kebaikan. Inilah kata-kata motivasi yang luar biasa menyentuh hati beliau.

Beliau dan semua peserta membuat blog untuk menyimpan tulisan dan hasil resume kuliah online dari para pakar. Dan setiap kali pertemuan resume wajib dikirim ke blog Om Jay. Wijayalabshcool.com. lalu dikirim ke grup menulis untuk saling kunjung dan memotivasi. Sehingga tambah semangat menulis dan cepat akrab walau lewat WAG.

Motivasi berupa mantera dari Om Jay sangat luar biasa sampai hari ini beliau selalu ingat, " Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yang terjadi", itulah mantera Om Jay.

Ternyata betul Om Jay membuktikan dari tulisannya di blogg Setiap hari banyak diterbitkan menjadi buku dan laris manis menambah income keluarga Om Jay, bahkan ada yang diterbitkan di penerbit mayor,  Sampai Om Jay mendapat hadiah kuliah di China. Itulah keajaiban menulis setiap hari. Bahkan dapat Royalti bisa membuat rumah.

Memang Om Jay terkenal  sebagai seorang bloger dan yutubber.

Hasil resumi tanggal  27 April 2020 dengan narsum Dr.Nono Wibowo Purbo bertema Menulis dan Menerbitkan Buku Digital, alhamdulilah diumumkan Om Jay 3 orang blogger yang beruntung dapat hadiah buku dari penerbit Andi Yogya, beliau termasuk yang beruntung mendapatkan hadiah itu. Menambah semangat beliau untuk menulis.

Resume terbaik itu  beliau dapatkan setelah blog walking ke semua teman-teman. Itulah tujuan saling kunjung blog sehingga mendapat ilmu teknik menulis / meresume dari teman.

Dua  teman beliau yang  resumenya beliau ikuti dan baik menurut beliau adalah ibu guru Tere dari NTT. Resumenya di blog, sangat luar biasa dikunjungi ratusan teman. Dan ibu Noralia Purwa Yunita  dari Semarang. Resumenya ada intro sebelum ke materi dan dikembangkan dengan bahasa sendiri.

Kisah menerbitkan buku bersama ( antologi)

Om Jay mengajak belajar menulis gel. 8 disituasi KBM dalam pandemi covid -19, maka guru-guru mengajar lewat daring. Om Jay meminta  pengalaman di lapangan masing-masing untuk ditulis dan diterbitkan buku yang berjudul "Menciptakan Pola Pembelajaran yg Efektif di rumah" yang diterbitkan Tata Akbar Bandung. Yang ditulis  48 guru, nama beliau paling akhir biar kelihatan.

Ini bukunya baru terbit sekarang awal Oktober 2020


Ini buku-beliau  pertama yang terbit Buku solo beliau dan karya bersama 55 Pantu Nasihat dan Antologi Pusat Belajar Guru Bojonegoro diterbitkan Kelompok Majas.


"Belajar menulis dari gel.1 s.d. 12, yang paling aktif saling kunjung ( blog working) adalah gel. 8", begitu kata Om Jay  memang seru sekali, sehingga mensupot tulisan blog teman-temannya, maka beliau mengusulkan  membuat buku ' KISAH INSPIIRATIF SANG GURU", Om Jay setuju. Bu Noralia beliau tunjuk sebagai editornya. Yang diikuti 26 guru. Menerbitkan buku antologi memang  kadang agak berat karena menunggu lengkapnya naskah dari anggota. Buku ini dirancang 31 Mei 2020, alhamdulilah baru 4 Oktober 2020 baru lengkap dan deal masuk Percetakan beliau Kamila Press..

Jadi kemarin 2 hari beliau lembur meminta kekurangan naskah dan biodata anggota.


Tanggal 5 Juni 2020 mendapat kuliah online dengan Narsum Ibu Sri Sugiastuti yang terkenal dengan Bu Kanjeng tema Berbagi pengalaman menerbitkan buku. Bu Kanjeng dari Solo ini orang hebat di usia 50 tahun berproses menjadi penulis  handal dengan prinsip " Barter Late Than Never". Dan sudah menerbitkan 40 buku lebih dengan gaya penulisan mengalir, enak dan renyah seperti Om Jay. Beliau betul-betul tertarik. Maka hasil resum di kirim ke blog dan ke ibu Kanjeng

https://cakinin.blogspot.com / 2020 / 06 /kisah-inspiratif-di-usia-senja-produkti.html

Terjadi komunikasi dengan Bu Kanjeng beliau ditawari untuk  patungan menerbitkan buku  " Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng". Beliau jawab siap dan diikuti 42 guru. Alhamdulilah terbit.


16 Juni 2020 telah terbit 300 Buku antologi Guru dan Siswa SMP N1 Kedungpring hasil ujian Praktik Bahasa Indonesia  kelas 9,  lewat Daring karena Pandemi covid-19. Setiap Siwa dapat 1 buku.


Ini buku karya perdana yang terbit dari  guru dan seluruh siswa kelas 9 di SMP beliau terdiri 9 kelas 288 siswa.

Tanggal 19 Juni 2020 Bu Kanjeng ( Sri Sugiastuti) mengajak beliau menerbitkan buku bersama Antogi Puisi dalam Pandemi Covid-19 dengan harapan kehidupan New Normal. Beliau ditunjuk dan dilatih jadi kurator. Untuk Koordinator pengumpulan naskah dan bendahara. Terdaftar 43 guru. Ini pengalaman berharga bagi beliau tentang cara menerbitkan buku. Bu Kanjeng dan  Bapak Heronimus Bani ( Roni Bani) sebagai editor. Cukup menguras perhatian dan penuh kesabaran dalam mengumpulkan naskah teman-teman. Alhamdulilah sekitar 2 bulan terbtlah Buku Antologi Puisi "Rona Korona Duka dan Ria".

Sabtu, 11 Juli 2020 profil beliau di muat di Jawa Pos Radar Lamongan. Judul Mukminin Tak Mau Kalah dengan Penulis Muda. Beliau merasa senang seumur hidup di muat di koran baru 2 x, pertama pengumuman masuk PTN tahun 1985 waktu itu namanya SIPENMARU, beliau diterima di IKIP NEGERI SURABYA D2 anugrah yang luar biasa anak buruh tani  desa bisa kuliah di kota. Waktu itu IKIP dambaan untuk jadi guru.

Yang kedua profi dan  foto beliau di muat di koran Radar.  Pagi-pagi ucapan selamat dari teman guru satu sekolah dan teman MGMP BHS Indonesia Lamongan mengucapkan , " Selamat Abah Mukminin masuk koran", beliau jawab alhamdulillah. Dan di WAG DINAS SMP I Kedungpring dan WAG MGMP di-posting foto beliau di koran. Padahal beliau tidak punya langganan koran.


28 Juli 2020 buku beliau terbit. Beliau bergabung Pak R.Brian Prasetyawan dan Bu Sri Sugiastuti untuk terbitkan buku antologi Pena Digital Guru Melenial.


5 Agustus 2020 setelah beberapa buku beliau terbit beliau menyebarkan VIRUS LITERASI di sekolah beliau SMPN I Kedungpring Lamongan dengan  melaksanakan Worshop Menulis dan Menerbitkan Buku. Kepala Sekolah mendukung dan beliau sebagai  ketua harus datangkan narsum.dan kepala dinas pendidikan Lamongan. Maka beliau undang Narsum hebat PBG dari Bojonegoro Bu EMI Sudarwati dkk. Alhamdulillah sukses berjalan dari jam 08.00 sd 15.15. Bu Emi pulang kandang karena mengajar guru-gurunya waktu SMP dulu. Dengan tujuan guru bisa menulis dan terbitkan buku. Insya Alloh menghasilkan buku antologi Cerita Sang Guru.

Beliau mengatakan “Bapak ibu guru hebat Indonesia, Alhamdulillah Sampai saat ini 7 buku saya telah  terbit. Semaga ada manfaat di dunia literasi.”



Ini Dua buku beliau proses cetak. Satu buku solo hasil kuliah online bersama Om Jay, satu Antologi KISAH INSPIRATIF SANG GURU, dari belajar menulis gel.8



Sekarang kisah beliau 

BELAJAR JADI PENERBIT

Setelah cover Buku beliau judul  Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal Bersama Pakar beliau share ke grup-grup menulis, alhamdulillah ternyata ada yang nyantol Ibu Rasita Kepsek dari Bengkulu minta diterbitkan bukunya dengan cetak 20 buku. Ini merupakan tantangan dan kesempatan yang harus beliau ambil. Dan beliau belajar jadi penerbit dengan nama KAMILA PRESS. Dalam 3 Minggu buku terbit dengan cover dan mutu yang bagus,  kertas bookpaper. Setelah beliau posting bukunya Bu Rasita, teman-teman susul-menyusul ikut minta bukunya diterbitkan di beliau. Trima kasih atas kepercayaannya.

Inilah buku-buku yang sudah beliau terbitkan


Ada yang cetak 10 buku, 30 buku, bahkan Pak H.Rusmin kepsek SMAN Banjarmasin mencetak buku Kisah Nyata Berjuang Melawan Covid-19 ( kisah  Pak Rusmin dengan istrinya kena Corona berjuang sampai sembuh ) mencetak 100 buku

Tiba-tiba Alah turunkan Rizki datang dengan tidak disangka-sangka, ketika ngopi di sekolahan Bapak Poniman ketua PGRI Jember telpon beliau minta bukunya Pengabdian PGRI Untuk Negeri minta dicetak 200 buku, beliau jawab siap.




Ini 100 buku Pak Rusmin




Dan luar biasa Bapak Suharto yang diuji sakit di rumah sakit sekitar 2 bulan, setiap hari  menulis dan diterbitkan buku GBS Menyerangku (Kisah Nyata Seorang Guru Bergulat Melawan Penyakit Langka dengan Menulis )

Demikian cerita pengalaman beliau sebagai penulis pemula di usia 54 tahun dan baru menulis buku Januari  2020 dan menerbitkan buku. “Mohon maaf agak panjang semoga bermanfaat .”kata beliau.

Awal mula beliau terbitakan Antologi Puisi Guru dan Siswa SMP I.Kedungpring Lamongan cetak 300 eksemplar di teman beliau Pustaka Ilalang Lamongan. Terus beliau mendapat pelajaran dari karyawan. " Bapak bisa terbitkan buku dengan kerja sama dengan Percetakan sini. Maka bapak silakan buat nama penerbit. Beliau membuat nama Penerbit Kamila Press... Itu usulan dari Mas Alang Khoirudin direkturnya. Beliau setuju. Alasannya banyak penerbit yang cetaknya di Pustaka Ilalang. Nanti kalau sudah besar silakan urus izin CV nya. Begitu certianya.

“Alhamdulillah, ikut senang dengan peluang yang ada dan bisa berkembang.”kata beliau

Maka ini kesempatan emas dapat ilmu dari karyawan sekaligus direkturnya.

 

Syarat Cetak Buku ke Penerbit Kamila Press

Kirim 1 file berisi judul, kata pengantar, daftar isi, naskah, sinopsis, biodata

 

Huruf Time New Roman 12 / 1,5 / 2,2,2 kertas A5. Kirim ke WA beliau 081330944498 atau email gusmukminin@gmail.com

 

Rincian biaya cetak di  Kamila Press..

A. Untuk cetak buku A5 70-80 halamn cetak 10 buku termasuk biaya lay out, edit, cover sampul dan ISBN 750.000.

B. Untuk cetak buku A5. 100 halaman. 10 Eksplar ( 10 buku)  Biaya termasuk lay out, edit, cover sampul dan ISBN Rp 775.000 plus ongkir.

C.  Biaya cetak buku A5 cetak 10 buku 125 halaman 847.000 Plus ongkir.

D.  150 halaman cetak A5 ( 10 eksemplar) termasuk biaya layout, edit, cover buku, USBN Rp 970.000.Plus ongkir

D .Untuk.cetak buku A5. 250.halaman. 10 buku ( eksplar) 1.100.000

#  Setelah Catak 10 buku dengan halaman dan harga tersebut.

Lebihnya dihitung harga cetak ulang :

1.  Cetak buku 70-75  halaman harga  @21.000

2. 100 halaman. Harga @ 23.500

3. 140 halaman harga @ 27.000

3. 150 halaman @ 30.000

4. 250 halaman Harga @ 40.000

5. 300 halaman Harga @  45.000

 

Buku yang dilirik.penerbit Mayor kebanyakan Materi Ajar. Seperti buku teman-teman kita yang lolos nulis bersama Prof. Eko Indrajit. Termasuk buku Om Jay pelajaranTIK.

 

Cara membagi waktu antara pekerjaan dengan menulis. Ada kiat khusus.

Beliau juga memulai menulis juga sudah tua. Begini semua bergantung pada NIAT KUAT NEKAD. Insya A llah bisa bagi waktu. Seperti beliau yang ngajar, ya bisnis tetap semangat 45. Ada kemauan ada jalan. Untuk beliau waktu terbaik menulis adalah setelah sholat subuh, ngaji langsung nulis resume, nulis artike, atau buat puisi. Setelah itu siap-siap kerja.

Sekali lagi kuatkan niat untuk menulis kalau bisa setiap hari, lalu cari teman penulis atau mentor/ pembimbing yg sdh penglaaman lalu

Tips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I :

1. NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman  / menulis itu ibadah

2. MENCARI MENTOR

•Carilah pembimbing penulis sukses,

• Kalau ingin sukses bergaullah dengan orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dengan bakul minyak wangi)

3. A T M

AMATI (amati penulis sukses / mentor, cara dan gaya penulisannya)

TIRU

 •Tiru / ikuti apa dan bagaimana yang dilakukan penulis sukses / mentor.

• Tiru dalam arti menuri dengan modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

MANUT

• Ikuti semua intruksi yang disarankan mentor,  apa yang dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses.

• Ikuti bagaimana cara menerbitkan buku ke penerbit

4. ISTIKOMAH

Beristikoamah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, Satu Puisi, Satu kalimat, satu kata-kata.bijak.

pilihlah waktu yang tepat sesuai kondisi masing-masing ( bisa habis sholat subuh yang masih Fress, bisa disela-sela pekerjaan, atau waktu istirahat, atau kapanpun  ada kesempatan)

Pertama yakinlah kita bisa menulis apapun.bentuknya. tulis saja apa yang kita bisa, cerpen, puisi, pantun, artilkel atau cerita, kisah perjalanan. Dalam menulis jangan takut salah tidak ada tulisan salah lanjut saja sampai selesai ceritanya. Baru kita baca lagi sambil mengedit. Biarkan dulu. Ada waktu baca lagi kita benahi lagi, sudah mantab betul silakan di-posting di blogg kita. Kirim ke WAG supaya.teman-teman tanggapi. Percayalah kita bisa menulis dulu. Lama-lama akan.lancar. Kedua sering baca buku, dan tolong sering kunjung ke blog teman blog working itu penting. Seperti yang beliau lakukan.Oh ternyata begini resume yang baik, tulisan yang baik.

Ada hambatan/kendala saat akan menulis buku solo, berangkat dari pengalaman menulis buku antologi? Ya kadang-kadang molor dari waktu yang kita targetkan. Karena ini dan itu. Olehkarena itu harus patuhi jadwal yang kita rencanakn. Kita setengah kita paksakan.  Karena segala kebaikan kalau tidak kita paksa ya tidak jadi. Dari terpaksa akhirnya jadi biasa dan menjadikebiasaan.

https://cakinin.blogspot.com/2020/04/menulis-dan-menerbitkan-buku-digital.html

Ini contoh resume beliau yang dapat nominasi 3 blogger terbaik dapat hadiah buku dari penerbit Andi Yogya.

Setiap habis perkuliahan Online beliau dulu setiap hari senin-jumat. Materi Narsum berbeda-beda. Otomatis resume kita ya sesuai tema dari Nara sumber. Otomatis satu resume jd 1 tabungan tulisan kita di blog yang nantinya kita ambil kita terbitkan buku.

Beliau tutup dengan pantun

Pantun ke- 45 ( dalam buku 55 Pantun Nasihat karya Mukminin 2020) 

Jalan-jalan ke kota Kandangan

Minum susu enak rasanya

Jangan Anda berpangku tangan

Singsingkan baju langsung berkarya

 

KESIMPULAN :

Tips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I :

1. NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman  / menulis itu ibadah

2. MENCARI MENTOR

•Carilah pembimbing penulis sukses,

• Kalau ingin sukses bergaullah dengan orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dengan bakul minyak wangi)

3. A T M

AMATI (amati penulis sukses / mentor, cara dan gaya penulisannya)

TIRU

 •Tiru / ikuti apa dan bagaimana yang dilakukan penulis sukses / mentor.

• Tiru dalam arti menuri dengan modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

MANUT

• Ikuti semua intruksi yang disarankan mentor,  apa yang dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses.

• Ikuti bagaimana cara menerbitkan buku ke penerbit

Ikuti pesan :

• Menulislah setiap hari dengan hati buktikan apa yang terjadi( mantera Om Jay).

• Lahap baca semakin cepat menulis

• Ikatlah ilmun dengan Tulisan ( Ali bin Abi Tholib)

• Menulislah dalam kesibukan (  Master Emcho)

•Tiada kata terlambat untuk menulis, tulislah segera apa yang Anda suka, Anda dengar, Anda lihat, Anda baca dan Anda rasakan untuk berbagi kebaikan ( Cak Inin  Mukminin, 2020)

• Torehkan penamu dari hikmah jejak kakimu siapa tahu itu jadi penolongmu ( Cak Inin Mukminin, 2020)

• Kalau kamu ingin panjang umurmu, maka menulislah ( Cak Inin Mukminin 202 )

4. ISTIKOMAH

Beristikoamah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, Satu Puisi, Satu kalimat, satu kata-kata.bijak.

pilihlah waktu yang tepat sesuai kondisi masing-masing ( bisa habis sholat subuh yang masih Fress, bisa disela-sela pekerjaan, atau waktu istirahat, atau kapanpun  ada kesempatan)

 





 

2 komentar:

  1. Wow lengkap sekali. Terima kasih.
    Lanjut menulislah apa yg Anda suka, Anda dengar, Anda baca, Anda rasakan, siap tahu bermanfaat bg org lain.

    BalasHapus
  2. Tiada kata terlambat untuk.menulis

    BalasHapus