Sabtu, 10 Oktober 2020

TANDA-TANDA MELAHIRKAN

Akhwatifillah sholehah yang dirahmati ALLAH, sebelum kita mulai Ngobrol Santai malam ini, mari kita awali bersama dengan membaca Ummul Kitab agar apa yang kita lakukan pada malam hari ini bisa menjadi wasilah bagi kita untuk mendapat ridho Nya dan semoga ilmu yang kita peroleh menjadi ilmu yang manfa'at fid dunya wal akhiroh. Al Fatihah....

اعوذُ بِاللهِ منَ الشَّيطاَنِ الرّجيم

 بِسْمِ اللهِ الرَّحمنِ الرَّحِيْم 

 أَلحَمدُ لِلّه رَبِّ العَالَمِين 

 ألرَّحمَنِ الرَّحِِيم 

 ملِكِ يَوْمِ الدِين 

 إيّاكَ نَعبُدُ وَ إيّاكَ نَستعِين 

 إهدِنَا الصِّرَاط المُستَقِيم 

 صِرَاطَ الَذِينَ أنعَمتَ

عَليْهِمَ، غَيْرِالمَغضُوبِ عَليْهِم وَلاَالضَّالِّين 

َ آمين يا رَ بَّ العا لَمين ...

 

Susunan Acara :

1. Pembukaan oleh moderator

2. Share biodata muwajjih

3. Sharing

4. Sesi Tanya Jawab

5. Doa dan Penutup

 

Berikut Biodata Narsum

Nama:  Eni Karyawati

Tempat : Lamongan

Tanggal Lahir :24 Juni 1971

No HP : 0812 3409 9466

Fb : -

IG : -

Tweeter-

Status : Menikah

Domisili  : Trenggalek

Pendidikan :D4 Kebidanan

Aktifitas : PNS

Amanah Dumay : Asmin G373

 

Tujuan Materi :

Diharapkan peserta dapat memahami :

a.Definisi Persalinan Normal

b.Tanda tanda Persalinan

c.Tanda bahaya Persalinan

 

Definisi Persalinan    Normal

Adalah proses lahirnya bayi dan diikuti placenta melalui jalan lahir oleh tenaga ibu secara  alami

 

Tanda tanda Persalinan Awal:

Dimulai dengan adanya rasa mulas mulas yang semakin teratur,  timbulnya semakin sering & kuat. Namun adakalanya pada proses persalinan Cepat. Bayi bisa juga lahir kurang dari 4 jam sejak terasa mules teratur. Pada kehamilan pertama bayi biasanya lahir setelah 12 jam sejak mules teratur. Pada kehamilan berikutnya biasanya bayi akan lahir setelah 8 jam sejak mules teratur

Keluar lendir bercampur darah .. adalah tanda normal...bagi yang belum ngalamin jangan khawatir ya..ini normal...yang perlu diwaspadai tu kalau yang keluar adalah darah segar... ini masuk tanda bahaya..





Persiapan menyambut persalinan...

Rencanakan Penolongnya

Dana persalinan/ tabulin

Ambulan Desa

Calon pendonor darah

 

Yuuk waspada i...

Tanda-tanda bahaya Persalinan..

 

     Keluar darah segar sebelum bayi lahir

     Ketuban pecah berwarna keruh

     tali pusat menumbung

     Nyeri perut yang hebat

     Demam Tinggi

     Ibu mengalami kejang / Eklamsi

 

Menurut beliau yang menyebabkan sering kali terjadi lilitan tali pusat itu biasanya karena ukuran tali pusat yang relatif cukup panjang sedangkan pergerakan bayi dalam rahim ibu kan ada yang cukup aktif di mana dia misal satu kali sekali dia posisi kepala di bawah kemudian yang lain kembali bokongnya yang di bawah sehingga menyebabkan bisa terjadi lilitan itu yang biasanya sering terjadi itu.

 

Menurut beliau Puput atau lepasnya tali pusar itu setiap bayi yang tidak sama dari pengalaman rata-rata lepasnya tali pusat sekitar 1 minggu atau 7 hari. Namun ada juga yang lebih cepat bisa tiga hari sudah lepas ada yang lebih lama lagi akan dari pengalaman. Selama beliau bertugas itu ada 1 bayi yang sampai 28 hari baru Puput itu ada yang penting kita adalah dalam merawatnya harus sebaik-baiknya supaya tidak terjadi infeksi.

Bersih dan kering untuk bersih pada saat memandikan sekaligus kita cuci sekitar area tali pusat itu dengan sabun yang kita pakai untuk memandikan, kemudian kita keringkan sebaik-baiknya setelah itu tidak perlu dibubuhkan ramuan-ramuan ataupun betadin dan sebagainya. Kalau ada gejala kemerahan dan sebagainya ini sebaiknya segera konsultasikan. Tali pusat ini juga rawan sekali untuk terjadi infeksi dan itu menjadi perhatian yang patut kita samakan juga dalam merawat bayi yang tali pusatnya belum lepas. 

 

Menurut beliau yang perlu dibawa di dalam mempersiapkan pada saat sudah ada tanda-tanda persalinan itu yang jelas kebutuhan untuk ibu maupun kebutuhan untuk bayi.  Jadi ada beberapa hal yang yang kadang di tempat pelayanan itu sudah disiapkan mungkin tidak masalah. Tapi apa yang belum disiapkan untuk kita harus mempersiapkan apa saja yang disiapkan. Jadi paling tidak untuk menghangatkan bayi kita butuh perlengkapan handuk, baju ganti bayi dan sebagainya. Kemudian untuk ibu pun demikian termasuk kalau di atas sudah beliau cantumkan juga di sana yang penting untuk persiapan ini adalah persiapan dana persiapan calon pendonor juga perlu disiapkan pada saat kita sudah merasakan ada persalinan. 

 

Menurut beliau seorang dokter memutuskan untuk cesar yang pasti ini ada indikasi Kenapa dokter memutuskan tindakan cesar yang utama adalah untuk menyelamatkan ibu dan bayi Banyak sekali sudah dipertimbangkan dan sudah dikomunikasikan kepada Ibu maupun keluarga. 

 

Kenapa seseorang yang sudah waktunya melahirkan belum terasa ada mules-mules sama sekali?

Menurut beliau ini ada kaitanya dengan hormonal tubuh, jadi yang menyebabkan timbulnya mules itu kalau dimulai hormon oksitosin bekerja. Hormon inilah yang menyebabkan rahim berkontraksi, kalau hormon ini belum cukup mencapai titik tertentu. Mungkin ini yang menyebabkan belum munculnya kontraksi, kalau sudah keadaan begini karena hitungannya usia kehamilan itu harapannya adalah maksimal 42 hari sudah harus lahir. Jadi Saran beliau untuk yang ini jangan ditunggu saja, segeralah untuk konsultasi karena dokter nanti akan memeriksa lebih lanjut. Bagaimana kondisi di dalam rahimnya, bagaimana kesehatan janin nya, kemudian bagaimana di plasentanya atau ari-arinya, apakah masih mati atau tidak sehingga akan diambil tindakan yang dibutuhkan misalkan akan diberikan oksitosin lewat obat infus sebagai perangsang sehingga akan timbul tanda-tanda persalinan yang diharapkan.

 

Sudah dilakukan induksi atau rangsangan, kok tidak muncul juga. Ini terkait respon terhadap induksi itu sendiri setiap orang tidak harus sama, jadi ada yang diberikan induksi dalam waktu singkat sudah timbul. Apa itu kontraksi yang baik, sehingga proses persalinan berjalan dan akhirnya bisa menyebabkan pembukaan yang baik, sehingga harapannya juga bisa lahir normal.  Tetapi ada rambu-rambunya kalau ini dilakukan satu kali bisa diulang, bilamana sudah dua kali maka induksi bisa dihentikan dan ditinjau kembali. Apakah dilanjutkan untuk selanjutnya atau langsung akan diambil tindakan cesar.

 

Tentang sudah sampai bukaan 6 ngak maju-maju, mules nya justru hilang. Apakah ada hubungannya dengan kasus hipertensi?

Menurut beliau secara logika kalau ibu yang hipertensi memang ada gangguan aliran darah termasuk ke rahim yang termasuk oksigenasi. Ini juga menyebabkan pengaruh terhadap pembukaan jalan lahir itu sendiri. Tapi banyak faktor karena yang harus dilihat dulu, apakah faktor ini dari potensinya atau yang lain. Misalkan pada serviks yang kaku. Itu kadang memang tidak serviks yang belum matang atau masih kaku itu juga berpengaruh terhadap pembukaan jalan lahir itu sendiri, namun ada juga pengaruh psikologis dimana seseorang yang mengalami persalinan itu tegang, ini juga berpengaruh.

 

Ketuban yang pecah pada saat kehamilan akhir bulan ke-8, tapi belum ada sakit.

Menurut beliau ini yang harus diwaspadai, karena kalau jelas-jelas itu ketuban harus dipastikan dulu. Kalau itu benar ketuban artinya sudah ada celah masuknya infeksi ke rahim. Jadi fungsi ketuban ini adalah untuk melindungi bayi kita, selain melindungi dari benturan agar dia tidak terpengaruh dengan benturan dari luar.  Juga melindungi agar suhu tubuhnya, suhu di dalam rahim itu stabil tetap hangat. Selain itu juga melindungi bayi dari infeksi.

Nah kalau sudah ada pecah ketuban artinya ada selaput yang koyak atau sudah ada jalan masuk masuk infeksi, maka biasanya dokter akan memeriksa dengan teliti lagi. Kemudian kalau ini tetap merembes akan diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan ibu diharapkan agar bayi tidak terus keluar terhubung usia kehamilan masih 8 bulan. Dimana inikan kalau dia terlahir dengan paru-paru yang belum matang, bayi akan mudah sekali terjadi asfiksia gawat nafas, maka biasanya dipertahankan. Dilakukan observasi di rumah sakit kalau memang itu sudah dipertimbangkan untuk dilahirkan akan diberikan obat untuk maturasi atau pematangan paru parunya.

 

Bayi usia 2 bulan berdenyut agak cepat itu kenapa ya

Menurut beliau memang kalau usia 2 bulan kan ubun- ubun pun belum menutup. Jadi kalau sering kali terlihat denyutan di situ. Kalau sudah mau agak cepat kemungkinan besarnya, karena ada memang yang harus diwaspadai. Adalah kalau ada tekanan dari dalam otak itu sendiri kemungkinan. Yang kedua adalah pada saat bayi demam itu memang aliran darahnya ikut sedikit meningkat. Jadi untuk menyeimbangkan metabolisme, maka denyut jantung bayi juga meningkat sehingga memompa darah ini juga meningkat ini yang bisa menyebabkan juga denyutan disitu meningkat perlu dikoreksi. Apakah demam, jika ia demam maka bisa dilakukan kompres hangat pada bayi, agar suhu tubuhnya normal kembali kalau suhu bayi normal itu antara 36, 5 sampai 3 7,5 kalau dirasa itu menjadi, boleh bayi segera diperiksakan untuk di deteksi lebih lanjut.

 

Tentang mata minus yang tinggi

Menurut beliau Ya Allah ini kalau logikanya pada yang mata minus tinggi diharapkan jangan sampai ada tekanan yang berlebihan karena banyak sekali saraf di mata. Ya kalau itu tekanannya berlebihan terutama pada persalinan normal. Ibu harus mengejan ya Otomatis otot ototnya akan tegang dan di sana ada tekanan di saraf-saraf.  Jadi agar tidak terjadi hal yang lebih fatal ataupun memperberat dari minusnya itu sendiri. Karena kita harapkan itu juga bersalin, tapi mata juga aman jangan sampai mata rusak. Indra penglihatan adalah salah satu indera yang yang sangat sangat penting untuk kehidupan selanjutnya. Jadi sekarang lagi berhubungan dengan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi pada mata itu sendiri.

 

***Saran beliau kalau sudah minusnya tambah. Ini kembali lagi ke penjelasan awal tadi sebaiknya mungkin Bunda lebih intens untuk berkonsultasi untuk mutuskan lahir normal lagi. Ya kita tidak bisa menghalangi Allah memberikan rezeki Putra yang berapa pun.  Itu adalah hak Allah semata, tapi kita juga berkewajiban untuk mencegah. Ya kalau itu membawa resiko. Apa upaya yang terbaik yang kita lakukan untuk berkonsultasi dengan ahlinya Bunda mudah-mudahan diberikan solusi yang terbaik.

 

 

Menurut Endang Wartini untuk persiapan persalinan yang tidak kalah penting, ibu hamil sebaiknya tahu golongan darahnya sendiri. Kita semua tahu persalinan adalah peristiwa yang termasuk gawat darurat. Kemungkin bisa terjadi perdarahan yang perlu donor darah. Sehingga perlu disiapkan 2 orang donor darah hidup. Artinya disiapkn orangnya, kalau perlu baru diambil untuk donor

Apakah akibat terlalu banyak minum obat menyebabkan kanker ?

Sepengetahuan beliau bahwa kanker itu satu penyakit yang di mana penyebabnya bisa dari beberapa faktor. Bisa dari keturunan memang ada, dari dari keluarga itu ada yang menderita kanker. Ini bisa juga menurun kepada anak-anaknya, kemudian yang lain karena pola hidup ,gaya hidup kita yang di mana pada saat kondisi sekarang ini banyak sekali faktor-faktor yang istilahnya adalah karsinogenik.  Jadi bisa dari pencemaran, bisa dari bahan-bahan kimia dan sebagainya. Itu yang menjadi pemicu sehingga munculnya kanker, sekarang banyak sekali 

 

Persalinan yang bagus itu ketika Si bayi keluar dari liang lahir menghadap ke atas atau ke bawah?

Menurut beliau ini bukan yang bagus artinya yang normal atau tidak normal, karena kalau dipelajari lebih detail bahwa Jalan lahir itu demikian uniknya, sehingga untuk kelahiran bayi itu pada saat dia keluar keluar melalui pintu Jalan lahir yang keluar itu posisinya menghadap ke bawah.  Karena ini menyesuaikan, sekali lagi menyesuaikan dengan jalan lahir.

 

Apa yang menyebabkan bayi itu bisa Sungsang?

Menurut beliau ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bayi sungsang itu, bisa karena rahim itu sendiri yang ada kelainan. Sehingga bentuk rahim dan tidak sama dengan yang seharusnya, sehingga pada saat bayi ini bertambah besar dia akan menyesuaikan dari bentuk lahan itu sendiri.

Kemudian yang kedua mungkin karena cairan ketuban yang banyak ini bisa menyebabkan bayi justru lebih leluasa bergerak, dia bisa bisa memposisikan yang paling nyaman bagi dia. Jadi kalau dia merasa nyaman dengan posisi sungsang, itu ya bisa terjadi juga atau ketidak sesuaian misalnya bayi yang kecil. Itu kan juga lahirnya normal tapi kayaknya kecil ini juga bisa menyebabkan bayi bergeraknya juga leluasa dan dia akan mencari posisi yang paling dia sukai.

 

Menurut beliau pijat untuk memutar posisi bayi. Ini sama sekali tidak dianjurkan karena selain resiko kelainan letak tadi berisiko juga terjadi lilitan tali pusat. Bahkan bisa ada kasus yang menyebabkan tali pusatnya putus karena putus didalam, sehingga membahayakan nyawa bayi ini. Jadi sekali lagi tidak dibenarkan untuk melakukan pijat perut dalam hal ini pada ibu hamil, sebaiknya kalau terjadi kelainan letak konsultasi ke dokter untuk di USG. Kalau bayinya tidak ada masalah dengan letaknya misalnya dia sunsang, tapi bayinya nyaman tetap sehat gerakannya aktif dan denyut jantungnya bagus mungkin bisa dilahirkan dengan posisi itu. Kalau tidak mungkin kan normal akan dilakukan tindakan sesar.

 

Keputihan pada saat kehamilan

Beliau bahas dulu keputihan ini memang harus dibedakan dulu, apakah itu keputihan yang normal atau yang abnormal. Dimana kalau kita mau menilainya dari apakah keputihan itu ada perubahan warna, perubahan bau, perubahan rasa. Kalau dari warna yang normal adalah bening. Kemudian dari bau kalau normal itu sedikit tidak bau tajam atau bagus. Kalau dari rasa tidak ada rasa panas atau gatal di area vagina keputihan. Ini salah satu pertahanan tubuh kita. Sebaiknya jadi harus tetap ada untuk mencegah agar kalau ada infeksi bisa menghalangi infeksi itu masuk. Sehingga tidak sampai menginfeksi masuk ke dalam rahim.

Jadi tidak harus dibersihkan sampai bersih. Yang penting tetap dijaga kebersihan daerah vagina. Sekarang beliau kalau ada keputihan, sebaiknya tidak memakai bahan-bahan CD itu yang dari nilon, cari bahan yang katun yang adem dan mudah menyerap caira. Kemudian tidak boleh terlalu ketat. Itu kan perlu diperhatikan kalau di rumah, berkali bisa dilepas. Jadi pakai ini, sehingga sirkulasi bikin tetap bisa masuk ke sana, sehingga mengurangi potensi sendiri.

 

Kemudian asupan apa saja yang bisa mengurangi rasa mual pagi siang dan malam

Menurut beliau rasa mual ini memang bisa di pengaruhi dari hormon kehamilan itu. Untuk mengurangi ini kalau hormon kan kalau sudah hamil, namanya kehamilan ada perubahan hormon. Tapi yang penting dari menset kita bawa orang hamil itu tidak harus semua itu boleh ditanamkan. Sehingga kita mempunyai persepsi yang positif tentang gambar orang hamil, tidak harus ngidam dan sebagainya. Sugesti itu bisa kita alihkan ke sugesti yang positif di mana orang hamil bisa makan yang enak di samping rumah makan segar. Jadi harapannya dengan sugesti positif mual itu akan ditoleransi oleh tubuh kita mungkin dari makan-makanan yang bisa mengurangi mual, bisa dari dari buah-buahan segar. Buah kan bisa membangkitkan selera makan kita yang kedua bisa juga dengan konsumsi itu juga bisa mengurangimual. Kalau mual usahakan ngemil agar lambung tidak kosong sehingga asam lambung juga tidak akan meningkat.

 

Setahu Endang Wartini myoma harus diangkat dan perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan bahwa myom yang diambil itu masuk golongan tumor jinak.

Hypertensi tidak mempengaruhi kontraksi rahim.Hypertensi yang disertai dengan kaki bengkak dan adanya protein dalam air kencing merupakan tanda per eklampsi/ eklampsi yang sering disebut juga keracunan kehamilan.

 

Menurut Endang Wartini perlu diketahui bahwa peristiwa persalinan adalah peristiwa yang sangat membutuhkan perhatian. Tidak semua persalinan yang periksa rutin mesti lancar.

Menurut Endang Wartini kadang sudah genap bulan tidak ada tanda-tanda persalinan.

Ada tanda persalinan pembukaan mulut rahimnya yang terhambat seperti ada pembukaan  janinnya nggak mau maju.

Janin lahir, placenta yang terhambat. Itu lahir rahimnya gak mau kontraksi

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk melahirkan ditempat yang tepat dan ditolong oleh tenaga yang berprofesi.

 

Doa Penutup Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Yuk kita berdo'a untuk mempererat ukhuwah

اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ , قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِكَوَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ, وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِكَوَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتِكَفَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا, وَأَدِمْ وُدَّهَا، وَاهْدِهَا سُبُلَهَاوَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْاوَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ, وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَوَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ، وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِكَإِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرِاَللَّهُمَّ أَمِيْنَ وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

 

Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini, telah berkumpul karena cinta-Mu, dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu, dan bersatu dalam dakwah-Mu, dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya, dan kekalkanlah cintanya, dan tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup, dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, dan indahnya takwa kepada-Mu, dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

Ya Alloh perkenankan lah do'a kami..

Aamiin...

Orang yang menunda-nunda pekerjaan sesungguhnya sedang menumpuk-numpuk kesulitan

(Deadline Your Life)

#JanganLupaBersyukur

#YouAreWhatYouThink

#TilawahTanpaTapiTanpaNanti

#SelfReminder


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar