Senin, 22 Juni 2020

NARSUM GURU MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU BERSAMA PAK BRIAN


PROFIL

Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd

Tempat tgl lahir: Jakarta, 30 Juni 1992

Pendidikan: S1 PGSD

Pekerjaan: Guru SD

Tempat tinggal: Bekasi

Aktivitas lain: ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.

Beliau ngeblog di blogger.com.

Maka sharing beliau malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Beliau  tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis karena memang beliau belum layak untuk porsi tersebut. Beliau sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu beliau  bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.

Berawal dari peserta saja, beliau kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan beliau sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit bisa membantu bapak/ibu.

 

Mengapa beliau mau membantu ? poin utamanya adalah beliau ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Beliau ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Beliau khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog.

 

Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini beliau merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Beliau bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Maka beliau berharap grup ini nantinya tetap eksis.

http://www.praszetyawan.com/2020/06/menjaga-konsistensi-ngeblog-11-tahun.html

(Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog).

Disebutkan motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog

Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima.

Jadi perlu beliau luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Ide Tulisan

Menurut beliau kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut beliau, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Beliau memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Blogger vs Wordpress

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Sebelum bapak ibu bertanya, beliau jawab duluan saja sekarang. Jadi nanti bapak/ibu bisa bertanya hal lain.

Jawaban beliau  tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut beliau, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya.

Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

Teknis penggunaan blogger

Seperti yang beliau katakan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Beliau sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri ke beliau.  Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga beliau sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.

Menurut beliau hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak beliau pertama kali ngeblog pada 2009.

silakan lihat daftar isinya di blog beliau

http://www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html

sejak ngeblog pada 2009, saya telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan

Bisa dilihat disini:

https://www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html

 

Saat ini beliau  memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru.

Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Beliau pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

 

Dalam waktu dekat buku solo ketiga beliau  akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu beliau  buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, beliau juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.

Semua buku itu Masih beliau terbitkan di penerbit indie. Maka dari itu beliau masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Tipsnya silakan dibuka di blog beliau:

https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html

Tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya ( blogger vs wordpress). Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu.

Tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah

Tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapatnya

Ada beberapa tips:

1. buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.

2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google Di lain waktu beliau  akan membuat videonya

Beliau ikut grup menulis ini karena memang beliau masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Beliau menulis berdasarkan yang ada dipikiran beliau  saja. Beliau perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi beliau pencerahan.

Tentu saja siswa beliau  belajar lewat blog yang beliau  buat. alamatnya: www.bahastematiksd.blogspot.com

Blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google.

Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai

Agar blog dikunjungi banyak orang:

- share link blog ke medsos

- bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger

- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang

Beliau  sharing hal seputar google adsense yang beliau tahu. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000).

Beliau memiliki kesulitan tersendiri yaitu menyelesaikan tulisan yang sudah beliau mulai. Banyak postingan blog beliau  yang masih numpuk di draft blog.

Kalau beliau  mengatasinya dengan menentukan waktu menulis yang nyaman. Beliau tentukan bahwa sabtu pagi adalah waktu yang paling pas untuk beliau fokus menulis.

KESIMPULAN :

Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung,

Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.

Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah.

 


8 komentar: