Minggu, 28 Juni 2020

MENDOKUMENTASIKAN KEGIATAN MELALUI BLOG



Yang mau kenal wajah beliau silahkan klik https://www.google.com/search?q=DEDI+DWITAGAMA&safe=strict&client=opera&hs=pc7&sxsrf=ALeKk02sZZDTBfTVBHsh7Q_p23stbPAjrQ:1593000570904&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjYip_JtZrqAhWQSH0KHanrAPEQ_AUoAXoECAsQAw&biw=1240&bih=731

Saat ini beliau Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta, lebih lengkapnya tentang beliau  bisa disimak di blog beliau  http://dedidwitagama.wordpress.com/about

Yang suka fotografi, bertema dengan beliau  di instagram https://www.instagram.com/dwitagama/

penggemar youtube, boleh berteman dengan beliau di https://www.youtube.com/user/dwitagama

BLOG --- blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog pertama beliau  tahun  2005 masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com

Tahun 2007 beliau hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com

Beliau juga ngeblog di kompasiana, see https://www.kompasiana.com/dwitagama

Manfaat blog buat beliau yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan sevara lisan pada rapat" di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun .... seperti keranjang yang beliau  titip di dunia maya.

Beliau hobby fotografi dan mendokumantasikannya pada blog khusus https://fotodedi.wordpress.com, sejak zaman belum ada instagram.

Tahun 2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone.

Beliau menulis kapan saja saat ide muncul, saat ini beliau sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil denger musik di mobil, menulis dengan gunakan HP dan tak perlu di edit, langsung tayangkan saja. Usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, plus sering" berkunjung ke blog teman sebagai pembanding. Balas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi menulis lagi ... dan lagi.

 

Buku menarik itu sangat subjektif ... sederhananya, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yang kita tulis ... amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, jawab sendiri secara jujur ... minta tolong teman atau keluarga untuk menilai ... perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan .... karena kalo diulang-ulang pasti selalu ada yang kurang.

Beliau  biasa seran ... serius tapi santai ... supaya bisa fokus, tetapkan tujuan kegiatan kita, tak perlu dengan kita punya teman" bicara apapun .... jalaaan saja, terus jalan menuju tujuan yang diinginan, jika lelah istirahat, jika sedang fit bolehlah berlari ... nanti kita akan sampai pada tujuan.

Menurut beliau supaya blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita. Saat tak ada mood .... kunjungi blog orang lain .... muncul ide deh, langsung tulis dan upload. Tulis langsung ide tulisan kita pada kalimat pertama, setelah itu lanjutkan dengan uraian yang diperlukan, sertakan foto dan video supaya lebih joss.

 

 

Menurut beliau kumpulkan tulisan kita dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema ... konsultaikan dengan editor atau pihak penerbit, kita akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca, semoga sukses.

Agar kita bisa nulis di kompasiana

Cuma email saja ... isi bio data, masukkan foto, langsung nulis.

Menurut beliau idealnya semua kegiatan kita, kegiatan sekolah harus didokumentasikan, penilaian biasa" itu kan menurut kita ... buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa ... seperti membuang gelas air kemasan yang dianggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya.

Ini contohnya, beliau menjumpai anak" sedang berlatih tari ratoeh jaroe ... beliau videokan, upload di youtube https://youtu.be/NcvZt-0SJ4k, kasih keterangan satu alinea upload di blog ... puluhan tahun yang akan datang, anak" itu akan bahagia luar bisa melihat wajahnya saat di SMK.

Cara mendokumentasikan foto atau gambar dalam blog

Menurut beliau gambar kita harus difoto dulu, lalu ikuti langkah" sbb: https://www.google.com/search?safe=strict&client=opera&hs=fJn&sxsrf=ALeKk02TnlzegNPWYXB4lCG4HZZ66EZ5PA%3A1593001943792&ei=10fzXqzoL4fRrQGysYmQBw&q=cara+posting+foto+di+wordpress&oq=cara+posting+foto+di+wordpress&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzIGCAAQFhAeMgYIABAWEB4yBggAEBYQHjIGCAAQFhAeMgYIABAWEB4yBggAEBYQHjoHCCMQrgIQJzoECCMQJzoFCAAQkQI6CAgAELEDEJECOgUIABCDAToFCAAQsQM6BAgAEEM6AggAOgUIABDLAToGCAAQDRAeUJSF2QFY07fZAWCSudkBaABwAHgAgAGLAYgB8BGSAQQyOS4ymAEAoAEBqgEHZ3dzLXdpeg&sclient=psy-ab&ved=0ahUKEwjsr_HXuprqAhWHaCsKHbJYAnIQ4dUDCAs&uact=5

Umumnya tulisan beliau berisi 3 alinea, kadang hanya satu alinea melengkapi satu foto beliau, ini contohnya: https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/26/podcast-lebaran-2020/

Menurut beliau saat punya ide, langsung ketik di gadget kita sebelum lupa ... saat ada waktu, lanjutkan deh tulisan itu, lengkapi dengan foto sendiri atau cari di google, upload deh.

Menurut beliau tulisan kita di blogspot dijadikan sebagai inspirasi, tulis lagi dengan perluasan dan bumbu" agar lebih menarik, tayangkan di kompasiana, keren deh.

Menurut beliau jangan kopi paste buat kompasiana, bakal dihapus sama adminnya ... kalo dari kompasiana dikopi ke blog lain gapapa, cobain deh.

Persiapkan materi yang diminta penyelenggara, paparkan materi yang kita kuasai, siapkan slide, dilengkapi foto dan video pendukung, berlatih di depan kaca atau teman dan keluarga ... jangan pernah menolak jika diminta presentasi, soal dibayar atau tidak ... bakal datang bayarannya kemudian, beliau pernah presentasi 182 sepanjang satu tahun .... bisa beli mobil baru secara cash ... karena blog ... karena panitia yang mengundang menemukan beliau di google.

KESIMPULAN :

Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading, dst ... kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP ... apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula .... menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas ... nikmati hasilnya kemudian ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar