Minggu, 28 Juni 2020

PERAN GURU BLOGGER PGRI DALAM MENSUKSESKAN PJJ



Bisa dilihat rekamannya diyoutube https://youtu.be/DXsHLpP6G3o

NARA SUMBER 1 (Pak Yahya)

Peran Guru Dalam Mensukseskan Pendidikan Jarak Jauh

Peran guru dalam pendidikan jarak jauh pedoman dalam Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease ( COVID-19) . Ini keluarkan pada 18 Mei 2020.

 

Dalam proses belajar di rumah itu dilaksanakan dua pendekatan yaitu:

1.      Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan/online ( Daring ), menggunakan gawai atau gaget maupun laptop melalui beberapa portal yang aplikasi pembelajaran daring.

2.      Pembelajaran jarak jauh Luar jaringan /offline ( Luring ), menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar.


Fasilitas Pembelajaran Jarak Jauh  Daring

            Waktu pembelajaran daring sepanjang hari menyesuaikan waktu, kondisi, dan kesepakatan peserta didik dan orangtua/ wali. Pembelajaran daring terdiri atas :

Tatap muka Virtual melalui video coference, telecoference, dan atau diskusi dalam group di media sosial atau aplikasi pesan. Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dengan peserta didik.

Learning Management System ( LMS ). LMS merupakan pengelolaan pembelajaran terintegrasi sacara daring.

Aktivitas pembelajaran dalam LMS antara lain pendaftaran, pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, capaian hasil belajar, terlibat dalam forum diskusi, konsultasi, penilaian, contoh LMS antara lain kelas maya rumah belajar,google classroom, ruang guru, zenius, edmodo, moodle,dan lain sebagainya. 

 

Berikut adalah langkah-langkah yang kita bisa lakukan pada pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:

Pra Pembelajaran

1.      Kita lihat dari proses pembelajaran-pembelajaran tentunya menyiapkan nomor telepon orang tua dan nomor telepon peserta didik untuk dimasukkan ke dalam sebuah grup pembelajaran melalui install Messenger yang lain dalam menyampaikan informasi

2.      Kemudian diskusi dengan orang tua atau wali peserta didik kita. Lakukan diskusi sebaiknya nanti bagaimana, kapan jadwalnya dan lain-lain kemudian:

-          Ketersediaan gawai atau laptop komputer dan internet

-          Aplikasi media pembelajaran daring yang akan digunakan

-          Harus juga sudah disepakati cara  penggunaannya bila kita nanti bagaimana tentunya kita bisa kirim video tutorial yang terkait itu

-          Materi daring juga sudah kita tentukan. Kapan dan jam berapa ini juga mereka sudah harus kita informasikan karena ini terkait nanti kapan Soalnya ini harus disiapkan.

-          Membuat RPP sesuai dengan kondisi pembelajaran.

Pada saat pembelajaran daring  ini

Tatap Muka Virtual

1.      Periksa kehadiran peserta didik dan pastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran,  namanya disesuaikan dengan nama dengan dinomor absen, supaya masa itu tidak susah memeriksanya buka kamera semua supaya wajah peserta didik nampak.

2.      Mengajak peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran seperti layaknya kita lakukan kepada siswa

3.      Penyampaian materi  sesuai dengan metode yang digunakan.  Apakah itu paparan dulu nanti akan memutarkan video atau Kombinasi yang lain nanti bisa disesuaikan dalam teknik penyampaian yang akan digunakan.

4.      Selalu berikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat, dan/atau  melakukan refleksi hasil kegiatan yang barusan dilaksanakan.

 

Learning Management System ( LMS )  

1.      Komunikasi dengan orang tua/wali peserta didik terkait penugasan belajar.

2.      Berkomunikasi dengan orangtua/wali peserta didik atau peserta didik memastikan peserta didik siap mengikuti pembelajran dari mengaakses LMS.

3.      Memantau aktivitas peserta didik dalam LMS.

4.      Membuka layanan konsultasi bagi peserta didik yang mengalami kesulitan.

 

Usai Pembelajaran

1.      Setiap mengisi lembar aktivitas

2.      Mengingatkan untuk mengumpulkan fhoto portofolio

3.      Memberi umpan balik terhadap hasil karya /tugas belajar dan  refleksi dari pembelajaran tadi.

Berikut adalah langkah-langkah yang kita bisa lakukan pada pelaksanaan PJJ daring oleh pendidik:

Pra Pembelajaran

1.      Siapkan perangkat pembelajaran daring baik gawai pintar maupun laptop, pastikan kuota internet dan baterai cukup

2.      Pastikan memiliki nomor telepon guru dan masuk ke dalam grup daring yang telah dibuat di bawah pengawasan orangtua/wali peserta didik.

3.      Pelajari cara kerja aplikasi dan aturan komunikasinya.

4.      Siapkan tempat di rumah yang cukup nyaman untuk belajar, alat tulis, cataan dan buku pegangan.

5.       Buatlah target belajar hari itu.

 

Saat Pembelajaran

Tatap Muka Virtual

1.      Sampaikan diri siap mengikuti pembelajaran dengan tatap muka virtual dengan menuliskan nama atau pastikan terlihat di video ( jika memungkinkan ).

2.      Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.

3.      Menuliskan dan menyampaikan refleksi diri atas situasi yang terjadi.

4.      Pahami jadwal pembelajaran serta tujuan pembelajaran.

5.      Ikuti instruksi dan materi pembelajaran.

6.      Aktif dalam diskusi dengan guru

7.      Selesaikan tugas dari guru, ajak disjusi orangtua/wali.

 

LMS

1.      Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.

2.      Pahami jadwal pembelajaran serta tujuan pembelajaran

3.      Selesaikan semua aktivitas dalam LMS sesuai dengan jadwal ( penguasaan materi, tugas, penilaian).

4.      Bekonsultasi dengan guru dan orangtua/wali dalam menyelesaikan aktivitas dalam LMS.

5.      Sampaikan progres penyelesaian aktivitas dalam LMS kepada guru dan orangtua/wali.

6.      Ambil kesimpulan pembelajaran hari ini.

 

Usai Pembelajaran

1.      Isi lembar pemantauan pembelajaran jika ada.

2.      Kumpulkan tugas hari ini jika ada

3.      Kumpulkan dokumentasi fhoto pembelajran hari ini

4.      Sampaikan ke guru atau oarngtau/wali jika ada kesulitan mengakses pembelajaran daring hari ini.

5.      Tuliskan rencana kegiatan setelah jam belajar.

 

 

NARA SUMBER 2 (Ibu Sri sugiastuti)

http://www.trisugiastutipln.com/

PLN (Penggiat Literasi Nusantara)

 

Mengapa guru harus ngeblog

Mungkin alasan yang paling tepat Itulah sebabnya Om Jay juga dengan teman-teman yang lain itu membentuk komunitas sejuta guru ngeblog.

 

Pengalaman beliau ketika pertama kali menjadi blogger

Beliau lahir di Semarang tapi sejak umur 2 tahun itu tinggal di Jakarta sampai lulus SMA. Jadi kalau dengan objek itu elu gue itu sepertinya sudah biasa walaupun beliau sudah pindah ke Solo sejak tahun 1990-an. Beliau mulai ngeblog itu ketika tahun 2009 belum punya blog beneran masih blog yang blogspot ada wodpress kemudian beliau gabungnya di blog keroyokan yaitu blognya Kompasiana di situlah beliau  mengenal Om Jay. Ketika beliau mengenal Om Jay kemudian juga persahabatan mereka lewat dunia maya itu lumayan inten sampai akhirnya beliau tertarik pada kegiatan Om Jay. Bulan Desember tahun 2013 di situ beliau yang sudah mulai belajar menulis sudah mengeluarkan 2 buku itu bergabung ikut belajar menulis bersama Om Jay tadi situ lah belia uketemu dengan Pak Dedi ketemu dengan Pak Alfi ketemu dengan Fuad Ahmad penulis “Tiga Menara” kemudian pokoknya ketemu guru-guru hebat di situ termasuk juga almarhum Thamrin Sonata yang sudah mengajak beliau menulis beberapa buku antologi.

Beliau  ajak suami dikasih satu kamar di UNJ waktu itu. Jadi beliau mengikuti Diklat 2 hari suami jalan-jalan sendiri. Jadi beliau nggak ada masalah walaupun berangkat dari Solo dengan biaya pergi ke Jakarta karena niatnya belajar sekaligus silaturahmi jadi dua-duanya dapat . Di sana lah beliau mulai belajar menulis hampir sama prakteknya dengan cara Om Jay  mengajarkannya yang sekarang yang sudah punya ke-12 gelombang hebat yaitu Om Jay yang diajarkan secara gratis melalui daring itu sangat melecut guru untuk bisa menulis dan bisa punya blog dan bisa awet muda karena hatinya bersih mau berbagi mau belajar mau berproses dan terus tumbuh dan kembang untuk meng-upgrade dirinya masing-masing dengan cara menulis.  Di situ hampir semua setiap pemateri disuruh buat ringkasan perlu dibuatkan di dalam sebuah blog, yang dulu blog nya namanya guraru dan kalau nggak salah sponsornya waktu itu ACER , itu diapresiasi oleh panitia dan mendapat Hadiah uang tunai Rp200.000 artinya untuk kegiatan Om Jay beliau gratis dapat teman dapat ilmu bisa silaturahmi. Itulah salah satu perjalanan beliau ketika mengupdate diri dari yang guru biasa-biasa saja, umur aja juga tidak muda lagi, tetapi masih punya semangat untuk belajar dan belajar.

Menurut beliau kita lihat blog itu bisa juga kita umpamakan sebagai rumah kedua tempat kita curhat karena dari belum tahu kita, banyak mendapatkan manfaat,

1.      Kita punya teman

2.      Kita bisa menuangkan yang ingin kita tuliskan, apa yang kita ketahui untuk berbagi dengan orang lain.

3.      Kalau kita tekuni dunia blog itu juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, jadi tidak ada apa yang kita kerjakan itu asal  tujuan dan niatnya baik akan sia-sia. Jadi kita luruskan niat untuk bisa membuat blog yang bagus tujuannya untuk berbagi . nanti ada hasilnya itu adalah bonus yang penting kita sudah lihat dulu.

Beliau sangat menyukai blog atau banyak membaca blog teman-teman, terutama itu blog traveling, blog pendidikan pengetahuan cuman memang saat ini blog mungkin daya tarik yang tidak seperti dulu lagi, karena ada YouTube. Mengapa YouTube? karena saat ini mau tidak mau suka tidak suka kita harus akui bahwa budaya membaca orang Indonesia itu masih sangat minim mereka lebih suka menonton daripada menulis ini sudah beliau amati dan sudah beliau teliti.  Ketika beliau memberikan suatu panduan itu banyak sekali yang luput Artinya mereka memang literasinya kurang, disitulah kita semua harus bisa berkumpul dengan orang-orang yang punya visi misi yang sama, sehingga kita akan terbawa arus yang baik. Misalnya kalau memang suka dunia tulis-menulis ya kita harus bergaul dengan mereka yang suka tulis-menulis .

Begitu juga dengan apa yang mendukung untuk dunia tulis-menulis misalnya pembaca membeli buku, menghargai karya teman. Ayolah kita ubah menset kita jangan lagi pelit untuk membeli buku, karena dengan membaca itu kita akan bisa menulis dengan baik.  Kita akan menghargai karya tulis orang lain, kita akan tahu yang dimaksud dengan penulis tersebut adalah sesuatu yang kita butuhkan adalah sesuatu yang sangat penting. Walaupun mungkin kita sudah pernah membaca misalnya kisah anak-anak jalanan yang ada di New York,  kemudian kita baca lagi ada kisah anak jalanan yang ada di Nigeria, itu tentu saja berbeda. Artinya kita mempunyai ide mengapa saya juga tidak bisa membuat kisah anak jalanan yang ada di Jakarta,  itu salah satu contoh .

Sekarang kalau kembali kita ke blogger yang manfaatnya untuk guru untuk sisanya untuk pribadi yang punya buku harian dia punya sesuatu yang ditulis. Bagaimana hubungannya dengan anak-anak, bagaimana hubungannya dengan orang tua, bagaimana hubungannya dengan tetangga, itu kalau kita mau menulis di blog amat sangat menarik. Kita ambil dari sudut sudut pandang yang paling kecil-kecil saja seperti mungkin nanti kita bisa baca yang beliau  tulis di blog beliau  itu yang sepele yang kecil-kecil tapi di situ beliau  berusaha untuk menanamkan satu nilai moral menanamkan untuk diri saya sendiri.  Bagaimana untuk berusaha bijak, bagaimana supaya sabar, bagaimana menyikapi suatu masalah, dengan menulis bisa merupakan jadi salah satu solusi ketika dihadapi masalah

atau ketika kita sedang jenuh atau juga bisa ketika kita ingin memberitahu siswa-siswa kita,  itu tadi Kalau blog secara pribadi.

 Bagaimana kalau  blog kita gunakan untuk belajar. Kita juga bisa mengajak peserta didik atau siswa siswa kita punya blog atau nanti kita bisa saling berkunjung dan bisa juga memotivasi siswa kita agar blog nya itu bisa lebih baik sesuai dengan yang diminati peserta didik atau siswa kita mungkin ada yang senang otomotif,  mungkin ada yang seneng kerajinan,  mungkin ada yang senang dunia masak, biarkan mereka tumbuh kembang menemukan jati dirinya dengan dan menuliskannya di blog itu. 

Kita sudah mengajarkan anak untuk bisa, juga mungkin kalau yang guru bahasa Indonesia kita menulis sesuatu di Blog, kemudian anak didiknya di minta tolong mereview. Ataua tolong buku ibu yang baru terbit ini dibuat resumenya, jadi banyak sekali yang bisa kita berikan tugas yang bisa kita berikan kepada siswa kita. Selanjutnya kalau dikatakan Mengapa guru harus ngeblog? ini khusus untuk guru yang sadar sukses dan sukses karena kalau dicermati itu ngeblog juga bisa dapat uang. Karena untuk blog-blog yang keren yang dikunjungi sehari bisa ada pengunjungnya 500 orang biasanya akan dipinang oleh adsence dari nanti akan membayar kita. Mungkin orangnya langsung, lewat blog bisa membuat personal branding yang luar biasa dari blog dia bisa keliling Indonesia, memberikan pelatihan ke mana-mana.

 Kalau beliau enaknya jadi blog itu ketika beliau bergabung dengan blogger di Solo Ketika harus mereview berbagai hotel berbintang yang ada di Solo ketika hotel berbintang itu menyediakan menu baru kami para blogger di undang-undang dapat voucher menginap dapat voucher berenang di hotel-hotel berbintang.  Jadi beliau tahu itu Alila di lantai 19 bisa melihat kota Solo dengan baik,  beliau juga bisa nonton konsernya Raisa yang tingkatnya itu kalau nggak salah di sekitar Rp.850.000,00  kan beliau  mendadak jadi orang kaya dong, hanya karena dari blogger bisa nonton konser bersama anak-anak muda seperti itu. Itu  amat sangat beliau nikmati, belum lagi ketika blogger diundang untuk mereview suatu restoran dengan menu menu istimewa, bisa bergabung dengan anak-anak muda yang mau belajar terus ilmu juga pinter banget termasuk membuat foto untuk blog dan lain sebagainya.

 Nah itulah salah satu keuntungan yang beliau dapat. Ketika beliau akan menjadi blogger.  Jadi dengan adanya atau dengan itu berbagi. Mengapa guru harus ngeblog? Ikutilah jejak-jejak beliau yang baik itu dan bisa melakukannya dan Ingat tidak ada kata terlambat untuk belajar dan semua bisa melakukannya asal sudah ada niat.


NARA SUMBER 3 (Pak Dedi dwitagama)

Beliau mulai ngeblog tahun 2005 dan gara-gara ngeblog beliau bisa ke Korea Selatan Singapura dan keliling Indonesia dari Aceh sampai Papua. Terakhir ke Sumbawa untuk memberikan motivasi pembelajaran berbasis IT di pondok modern internasional,  kondisi ini membuat guru harus menggunakan teknologi beliau teringat ketika tahun 2005/ 2006. Beliau berada di sebuah sekolah betapa susahnya membuat guru untuk menyentuh laptop, sampai waktu itu beliau membeli 27 laptop yang waktu itu masih harganya sekitar 17 sampai 26 juta. Itu beliau inventariskan buat mereka di boleh dibawa pulang yang penting ketika sekolah pakai harus ada di depan anda dan karena ada ucapkan bahkan dari dari teman-teman guru ngak usah bisa IT nanti malah jadi kerjaan,  itu menyedihkan tapi Pandemi ini membuat kita tersadar bahwa kita tidak bisa menghindar dari teknologi informasi dan menikmati podcast yang hanya dengan suara di YouTube beliau sudah hampir 1800 memproduksi Podcast. Karena sederhana aja teman-teman ada yang mengajar dan semua guru peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang  itu nampaknya cuma ada di mulut tetapi kita kan tahu bahkan ada teman kita yang tidak kenal kita, oleh anak sekolah, mereka tidak tahu kita, dengan IT  lewat YouTube, Instagram, Facebook apapun platform yang kita suka konsisten berikan apa yang sedang kita pikirkan walaupun itu sangat kecil yang menurut kita tidak ada artinya tapi bisa saja buat orang lain itu luar biasa.

Seperti yang kita lihat di sekitar kita banyak pemulung rongsokan yang membawa karung, sesuatu yang menurut kita itu jadi sampah itu dianggap harta karun bagi dia, juga untuk teknologi, Apa kita punya apa saja nggak perlu bayar yang penting ada akses internet lewat blog yang WordPress, blogspot, Kompasiana, gurusiana, apapun kita suka.

 Kita bisa lakukan kalau nggak bisa bagus sekali cari orang yang bisa tanya di chat. Ada Konten yang kita carikan, satu contoh misalnya kalau kita cari sekarang di Google cara merayakan hari Kartini di sekolah atau silakan kita cari tips mempromosikan sekolah di era digital. Apa yang kita dapatkan, beliau waktu itu cuman iseng-iseng menunggu waktu pulang tapi ternyata setelah di posting tulisan itu jadi hits bertahun-tahun sejak tahun 2017 sampai sekarang.  Itu teman-teman kalau kita  sudah terbiasa dengan teknologi informasi menghadapi situasi seperti ini. Ada SK maupun tidak ada SK proses interaksi dengan anak-anak akan lebih gampang.

 Beliau mengajar di SMK Negeri 50 Jakarta Timur. Beliau paksa anak-anak beliau  untuk menulis di Kompasiana.  Kompasianer sistem kalau tulisan kita banyak copy paste dihapus oleh admin atau tulisan dapat notif dari panitia, tulis lagi. Itu salah satu tugas beliau  mengisi belajar di masa Pandemi ini. Beliau suruh mereka bisa menulis mempromosikan sekolah, kalau kita tahu banyak wartawan di Bogor alumni IPB-nya diplesetin Ikatan Penulis Bogor. Jadi apapun pekerjaan kita, apapun Pendidikan kita. Penulis itu satu profesi yang bisa diraih bisa jalan-jalan ke Korea untuk urusan UNESCO ini misalnya, itu gara-gara menulis. Yang beliau Tuliskan asal ngeblog, tidak sehebat Om Jay yang menulis setiap hari.  Beliau menulis paling seminggu sekali,  tapi beliau menggunakan kamera untuk merekam video dan upload hingga hampir 2.000 video di channel.

 Jadi nggak pernah rugi, seberapa kecil kita berbagi ikhlas, soal apakah itu nanti punya dampak buat diri kita, Tuhan tidak tidur, kita akan mendapatkan balasan dari apa yang kita lakukan.

 

 

NARA SUMBER 4 (Pak Namin)

Motivator Pendidikan Indonesia

 

Dalam pengembangan agar guru-guru semakin produktif. Mas Agus Sampurno dia mengatakan begini kita itu harus menjadi guru di atas rata-rata,  jadi guru di atas rata-rata itu adalah guru yang kesehariannya itu berbeda dengan orang lain. Bagi beliau dan teman-teman guru di atas rata-rata dimana guru yang kreatif  itu bisa menghasilkan karya yang bisa berbagi dengan orang lain.

Di masa pandemi Covid- 19 ini ada banyak aktivitas yang di lakukan baik di rumah atau mungkin diluar. Komunitas guru, sejuta guru ngeblog itu sudah lama sekali dimulai sekitar tahun 2013-2014 ,waktu itu belum banyak orang yang merespon tentang yang program-program pelatihan dan pelatihan bagi guru terutama penggunaan teknologi dan belum banyak guru-guru yang menggunakan teknologi.

 Kemudian hari ini ketika Indonesia dan berbagai negara dilanda konflik dan akhirnya memaksa kita harus mengajar menggunakan teknologi.  Beliau bersyukur beliau tidak bersyukur dengan Covid- 19 nya. Karena hal ini banyak guru yang bertransformasi dari guru yang selama ini mungkin mohon maaf kurang melek terhadap digital hari ini lebih melek lagi terhadap itu, karena hari ini sudah mulai melek dengan digital , walaupun tidak ada Covid-19 Jadi tidak ada kemudian kita  ketika mengajar sudah normal maka perpadukanlah mengajar teknologi secara langsung dengan teknologi program yang selain mengajar menggunakan daring atau program jarak jauh.

Ketika kita mengajar menggunakan daring ini pastikan juga bahwa kita mengajar seperti berada di dalam kelas adalah:

1.      Gunakan ilmu public speaking nya dengan baik

2.      Kita bisa menggunakan media  terbaik yaitu membuat slide presentasi .

 

Mengajar menggunakan daring  ini juga bukan berarti kita mengajar dengan apa adanya,  mengajar ada yang hanya menggunakan kaos aja, kita harus tetap rapi. Jadi mengajar dari rumah berpakian rapi dan berbicara juga dengan menggunakan public speaking yang bagus dengan gesture  tubuh yang baik yang baik,  jadi ketika ingin menyapa satu satu apa kabar, Hai apa kabar Bunda, pada hari ini kita itu tetap kita gunakan gesture  tubuh kita.  Apa yang terjadi? Ketika belajar di daring  ada seolah-olah mereka berada belajar bersama kita, karena melihat gairah melihat kemudian semangat gurunya,  bayangkan ketika kita tidak bersemangat mengajar daring maka ini akan berefek negatif terhadap murid-murid kita,  mereka menjadi tidak semangat.

            Belajar daring ini nggak mudah, butuh perjuangan yang luar biasa bukan hanya perjuangan dari sisi kita menyiapkan konten pelajaran, menyiapkan jaringan internet,  tetapi juga menyiapkan bagaimana kita bisa terbiasa terlihat bahwa berbicara di depan kamera atau aplikasi lain  juga tidak mudah.  Kenapa? karena kita tidak berhadapan langsung. Tetapi walaupun itu berat adalah kita harus tetap tampil maksimal bagaimana kita berbicara menggunakan public speaking yang bagus  dengan berbicara yang sistematis tentu kemudian sudah menyiapkan slide persentasi, sudah menyiapkan bahan ajar, sudah menyediakan videonya yang kita putar dengan zoom itu akan lebih bagus.

 Sebuah pesan bahwa kita itu tidak semua bisa menggunakan zoom karena keterbatasan yang ada. Bahkan kita bisa menggunakan nosice note, kita bisa  menggunakan ada slide presentasi,  kemudian kita tahu sendiri ketika tidak semua 24 jam internet kita lancar ada waktu-waktu tertentu itu juga menjadi pertimbangan.  Jadi kita boleh semangat mengajar daring kita juga harus mempertimbangkan dari sisi tentang keterbatasan internet yang kita miliki.

 Jadi yang pertama adalah gunakan public speaking yang bagus ketika kita mengajar daring dan juga tetap menggunakan pakaian yang rapi,  tidak ada aktivitas lain yang mengganggu.

Yang kedua adalah daring gunakan gesture tubuh penuh dengan penjiwaan gerakan. bagaimana kita menampilkan slide presentasi yang baik dan presentasi yang baik itu tidak membuat orang lain terzolimi  ketika membaca atau melihat slide persentasi kita. Jadi banyak sekali di antara guru ketika dia membuat slide presentasi menggunakan PowerPoint murid-muridnya terzolimi apa maksudnya? tulisannya terlalu kecil padahal PowerPoint itu kan adalah kekuatan dari kata-kata,  jadi pastikan mengajar menggunakan slide yang bagus untuk kita akan belajar.

 Bagaimana kita mengajar mendesain slide yang bagus yang mudah dipahami murid? Kita yang punya kemampuan membuat slide menggunakan PowerPoint ,tampilkan gambar, tampilkan video, tampilkan grafis itu akan mudah dipahami oleh murid-murid kita.

Jadi antusias belajar dikelas dengan di daring itu sama , gunakan media pembelajran yang bagus terutama slide persentasi.

Yang ketiga slide pesentasinya di publish di blog. Melalui daring ini itu direkam kemudian kita apa upload di YouTube kemudian kita publish di blog kita, supaya kemudian murid-murid kita yang pada waktu itu mungkin internet nya terbatas mereka bisa mengulang kembali apa yang pernah kita sampaikan dan yang tidak kalah penting adalah ketika kita sudah menyiapkan materi ajar baik dalam bentuk slide presentasi menggunakan Corel draw, PowerPoint, menggunakan Excel, itu kalau bisa dipublish kemudian di berikan ke wali murid dan grup kita. yang terakhir Yang mendapatkan materi kemudian kita publish di slidshare.net ,media sosial akun Instagram. Di blog Jangan berharap uang,  uang itu akan datang ketika konten-konten yang kita hadirkan di YouTube Itu bisa menginspirasi banyak orang.

Membuat akun Instagram kemudian beliau konfirm poster kegiatan dan poster poster tentang pendidikan anak,  pendidikankeluarga, poster tentang Bagaimana training guru Bagaimana mengolah sekolah di kemudian orang berdatangan untuk mengundang lagi ya itu dia atau Mereka banyak yang undang beliau ketika mereka melihat materi-materi dari slideshare.net.  Jadi materi itu pasti semua muncul adalah materi yang disampaikan beliau.

Kita bukan hanya untuk menjadi guru blogger tapi bagaimana kemudian kreativitas Munculkan kemudian karya-karya kita itu wajib dipublish di media-media sosial.

 PENUTUP

Kami dari PT Global distribusi Indonesia ini menawarkan perangkat-perangkat teknologi yang bisa membantu bapak ibu untuk kegiatan belajar mengajar yang lebih. Soalnya di beberapa negara di dunia yang lain itu sudah menerapkan teknologi yang memanfaatkan penggunaan dengan saya dengan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar Kalau di luar negeri itu sudah tidak pakai wi-fi biasa lagi jadi digantikan dengan poin yang bisa diselesaikan dengan video video pembelajaran untuk siswa menarik dan untuk siswa untuk belajar disini adalah dengan adanya penerapan teknologi itu diharapkan siswa dapat lebih menikmati dan tidak gampang kemudian dengan teknologi itu dapat menjangkau lebih banyak siswa dan kelas

Kemudian dengan menggunakan teknologi pembelajaran itu bisa disimpan dalam bentuk video jadi bisa di sebarkan ke siswa yang lain untuk bahan evaluasi. Jika ada yang kurang dari pelajaran kemudian melalui teknologi juga memungkinkan antar sekolah itu bisa berinteraksi satu sama lain sehingga koordinasinya menjadi lebih mudah. Lalu ada dengan teknologi yang kami tawarkan itu bisa menjadi kombinasikan dengan guru yang kreatif dan proses belajar akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan untuk siswa di kelas.

Mendukung proses pembelajaran yang pertama adalah Interactive board kemudian kameranya diketahui dari kamera 2 kemudian ditambah. Tentu juga kita butuh tripod untuk kamera, pembelajaran jadi gabungan antara teknologi dengan teknologi .

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar