Rabu, 01 Juli 2020

MENGELOLA SEKOLAH DI ERA COVID-19



Bagaimana mengelola sekolah di era Covid-19 bersama Ibu Dra. Betti Risnalenni, MM, Pendiri TK, dan SD Insan Kamil bekasi, https://www.facebook.com/betti.risnalenni.

 Tonton  ya https://youtu.be/1r4dS-z9qFw

Beliau mulai membuat sekolah tahun 2003. dan sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD.

Sebenarnya manfaat yang dapat di raih dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat. Beliau bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat jawa barat untuk kalangan guru paud.

Beliau mulai membuat sekolah tahun 2003. dan sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD. Dan dari segi pertemanan  jangan di tanya.,jadi punya teman banyak, pengetahuan juga bertambah.

Dengan melakukan Daring selama 3 bulan kebelakang walau lokasi sekolah beliau  Zona Hijau selama ini. Alhamdulillah tidak pernah ada yang kena covid 19.

Selama Daring materi tidak hanya pelajaran saja tapi beliau juga menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter ) Alhamdulillah masih berhasil walau untuk tingkat KB dan TK sudah mulai bosan. Mereka pengen ketemu gurunya. Selama masa pandemi ini beliau memang harus bisa bekerja sama dengan seluruh guru dan karyawan. Lebih hati hati juga karena mereka pun stress dengan musibah ini dan harus berpikir juga  untuk mengajar . bekerja dirumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.

Jadi guru dan orang tua harus bisa bekerjasama dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih dipatuhi daripada orang tua. Jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit.

Beliau juga mempublikasikan lewat instagram apa yang menjadi tugas mereka. Jadi anak anak juga senang. bisa dilihat di IG insankamil. Bekasi

Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali tantangan. Untuk bisa survive beliau memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. minimal rencana per tahun  itu harus cermat walau bukan profit tujuannya. Tapi beliau jangan nombok juga. Nanti beliau tidak semangat dalam bekerja . Kan di sekolah ada koperasi, sebaiknya itu dikelola dengan baik. karena itu sumber keuangan juga.

Beliau juga membuat kursus berbayar untuk umum . Kebetulan beliau memang masih senang dengan aritmatika, dan bukunya juga buatan sendiri. Jadi beliau bisa jualan buku . Beliau juga buat kursus Bahasa inggris metode pare karena anak beliau juga pernah belajar di situ.

Awalnya beliau pengen murid beliau bisa bahasa inggris dengan lebih deket. Ke Pare kan jauh dan muridnya masih kecil kecil. Dan unggulan di sekolah beliau adalah lulus Insyaa Allah  hafal juz 30

Awal mula beliau memulai mendirikan KB, TK dan SD dan sejauh mana perjuangn beliau sampai terwujud itu semua?

Awalnya beliau tahun 1996 membuat kursus aritmatika . 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. tapi beliau bertahan. tahun 1998 beliau membuat buku sendiri dengan harga 10 rb, cabang beliau di bekasi aja ada 24 cabang dan salah satu cabang beliau ada yang  ingin membuka TK. Dan beliau diajak kerjasama, karena beliau sudah punya yayasan. awalnya beliau takut untuk buka sekolah. Karena desakan teman beliau itu, beliau akhirnya mau bekerjasama dengan  mengontrak sebuah rumah. . 3 bulan berjalan teman beliau mundur karena merasakan rugi. buat beliau itu ga bisa. makanya akhirnya beliau teruskan sendiri. 1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yang jual / Over rumah, akhirnya beli. Beliau  mulai dari rumah itu dan beliau didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender  perumahan. lumayan promosi bareng.

Kalau di bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan program. Itu juga dinilai dulu. Tidak langsung boleh buka. Tapi daerah beliau zona hijau. Beliau juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, ya bisa tatap muka. kalau belum ok ya PJJ lagi.

Ini adalah langkah-langkah yang harus kita taati pada saat berada di sekolah sesuai protokol kesehatan.

Selamat menyaksikan Ini adalah video aktifitas KBM di era new normal. https://youtu.be/1r4dS-z9qFw

Apa Motivasi Awal Beliau Mendirikan Sekolah di Bekasi?

Awalnya beliau pengen anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasi beliau adalah prinsip ini. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. Tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. Itulah yang beliau lakukan di insan kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. saya tidak pernah , mereka harus bawa SKTM . karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. kalau yang mampu bayar normal..

Memang  mencari guru itu gampang gampang susah. Kebetulan kan anak beliau sarjana psikologi, jadi beliau sering mengadakan  acara parenting . Narsum nya bisa beliau, teman beliau, anak beliau atau teman anak beliau. Jadi sosialisasi tentang keorang tuaan dan masalah anak bisa dibicarakan. Sekolah beliau sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita. Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.

Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak KB dan TK  itu sering membosankan bagi anak. Tapi beliau lebih memberikan kegiatan yang membuat mereka senang . contohnya membuat kue.

Cara/prosedur Untuk mendirikan Sekolah

Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda tangan. ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke disdik kota. Jaman beliau, di sidangkan di tingkat kotamadya.

Dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2. harus punya akte yayasan yang sampai KemHumkam.

Tips Beliau Dapat Mengelolah Tiga Lembaga Sekaligus KB-TK-SD

- Jaga kesolidan dalam sekolah itu sendiri.

- Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.

- Sering pantau dengan sharing. ( di sekolah beliau setiap senin setelah pulang siswa )

Menejemen Keuangan Saat Pandemik

Pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak terbebani taip kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.

Program Karakter Yang Ada di Sekolah Beliau

Salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha.

Pengalaman hidup beliau sebagai seorang guru yang pernah mengajar di tempat bagus dan didalamnya ada anak panti asuhan yang nasibnya kurang beruntung. Sekolah itu adalah pelecut beliau sehingga beliau bisa mendirikan sekolah seperti itu. Sekolah itu adalah sekolahnya bapak menteri pendidikan sewaktu SD. Alhamdulillah, tidak ada satupun yang kurang malah semua termotivasi untuk mendirikan sebuah sekolah untuk menunjang kegiatan pendidikan.


 

KESIMPULAN :

Kalau ada niat baik lakukanlah, In syaa Allah akan membantu..Kalau mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik karena nilainya akan memperbaiki citra dan kehidupan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar