Jawaban Soal Aktivitas 8 Penilaian Sistem Layanan Pembelajaran
Pembelajaran Hari Kedelapan Aktivitas 8 Penilaian Sistem Layanan
Question 1 of 10
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Question 2 of 10
Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….
Modifikasi
Duplikasi
Subsitusi
Omisi
Replikasi
Question 3 of 10
Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
Kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
perkembangan bahasa
Keterbatasan latar belakang pendidikan
Keterbatasan logistik
Masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
Question 4 of 10
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….
Mendiagnosa peserta didik
Mengasesmen peserta didik
Menganalisa peserta didik
Memberikan label terhadap peserta didik
Mengidentifikasi peserta didik
Question 5 of 10
PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….
Program pembelajaran individual (PPI)
remedial teaching
pembelajaran home schooling
pembelajaran berkelompok
pembelajaran fleksibel
Question 6 of 10
Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah….
Proses
Tujuan
Evaluasi
Media pembelajaran
Materi
Question 7 of 10
Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan….
identifikasi
diagnosa
asesmen
klasifikasi
monitoring
Question 8 of 10
Salah satu tujuan planning matrix adalah …
Mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan diantara peserta didik berkebutuhan khusus.
Mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
Memetakan kondisi aktual akademik maupun kekhususan ABK berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan
Menemukenali dan menandai peserta didik.
Membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
Question 9 of 10
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
Question 10 of 10
Dibawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
Preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik
riwayat tumbuh kembang
Lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
Hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
Lanjut
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar