Sabtu, 22 Mei 2021

Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama

Aktivitas 1. Pendahuluan – Keberagaman Peserta Didik


 

Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik

 Materi Keberagaman Peserta Didik DOWNLOAD

 

Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama

1.Faktanya peserta didik memiliki keragaman, baik secara fisik, psikologis, sosial dan budaya. Berdasarkan pengalaman Anda, lakukan identifikasi  keberagaman peserta didik di kelas Anda! Tuliskan minimal 150 kata

Jawaban:

Keberagaman Peserta Didik

Peserta didik dalam kelas walaupun berbeda keyakinan, fisik, gender, latar belakang keluarga, harapan, kemampuan, kelebihan peserta didik memiliki hak untuk belajar.

Implementasi di kelas, guru secara perlahan dan pasti memberikan penanaman sikap simpati dan empati kepada peserta didik reguler bahwa dalam masyarakat itu memiliki karakteristik keragaman bentuk, keyakinan, sosial, dan karakter peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan demikian, ciptakan susana kebersamaan dalam berbagai aktivitas agar seluruh peserta didik membaur dan saling interaksi, sehingga akan tampak mereka bersosialisasi dan saling tolong menolong antarsesama.

Guru sangat penting memberikan wawasan kepada peserta didik bahwa masyarakat majemuk tradisional perlu mempertimbangkan adanya pluralitas horizontal (adanya perbedaan etnik, sub-sub etnik) dan pluralitas vertical (adanya pelapisan-pelapisan sosial).

Penamaan istilah “peserta didik” kepada siswa di sekolah dewasa ini sudah tepat, mengingat cara pandang ini yang lebih positif dibanding dengan istilah “murid atau siswa”. Hal ini, kata “peserta didik” dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik dalam melihat kebutuhannya. 

Identifikasi keragaman peserta didik:

 

Faktor internal Siswa berhubungan dengan perkembangan/ketrampilan dasar anak, berkaitan menemukan dan mengenali siswa yang berbeda dalam hal:

Sensori (gangguan penglihatan, gangguan pendengaran)

a.Motorik (gangguan gerak)

b.Kesulitan belajar dan gangguan intelegensi (membaca, menulis, matematika, memahami konsep)

c.Perilaku, sosial, emosi (autism, gangguan pemusatan perhatian/hiperaktif)

d.Perbedaan kondisi lainnya (gender, etnik minoritas, kemiskinan, penyakit tertentu, konflik, bencana, dll

Faktor eksternal siswa : informasi tentang riwayat kesehatan, kondisi keluarga

Contoh Identifikasi Keragaman Peserta Didik

 ......

 

 

 

2.Terhadap keberagaman peserta didik di kelas. Bagaimana sikap yang harus guru kembangkan dan apa yang harus guru lakukan untuk menjamin terwujudnya hak-hak Pendidikan bagi setiap peserta didik Tuliskan minimal 150 kata. Klik tombol Selesai Kuis di kanan bawah, untuk mengirim jawaban dan menyelesaikan quiz

Sebagai seorang tenaga pendidik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain

1. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Metode pembelajaran yang hanya membaca saja mungkin tidak cocok untuk anak yang mengandalkan kemampuan audio. Sebaliknya, tidak semua anak bisa menangkap materi hanya dengan penjelasan. Dengan mengetahui karakter seperti apa saja yang ada di kelas, Anda bisa memadukan beragam metode pembelajaran untuk satu materi agar bisa dipahami oleh semua anak.

 2. Memperlakukan Peserta Didik Secara Adil

Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama dalam satu mata pelajaran. Salah satu sikap guru menghadapi perbedaan karakter ini adalah tetap memperlakukan semua siswa dengan sama rata. terlepas dari seberapa besar kemampuan mereka dalam menerima materi yang diajarkan.

 3. Memberikan Motivasi yang Tepat

Anda mungkin akan menemukan siswa yang tidak punya kemampuan berbahasa sehebat teman-temannya yang lain. Di sinilah Anda sebagai guru berperan memberikan motivasi yang tepat. Alih-alih menganggap kemampuannya yang minim sebagai kekurangan, coba temukan kelebihannya yang lain. Setelah itu dorong dia untuk mengembangkan potensi yang dia miliki. Dengan begitu, anak didik tidak akan merasa kurang berharga dibanding teman-temannya yang lain.

 4.  Berinteraksi Secara Tepat

Pemahaman yang baik terhadap perbedaan individual anak adalah kunci untuk menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik. Murid A mungkin akan lebih semangat jika dikritik tapi B menjadikan kritikan sebagai cambuk untuk membuatnya lebih baik. Salah satu sikap guru menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda adalah dengan menyampaikan apa yang Anda pikirkan dengan cara interaksi yang baik dan tidak melukai hati anak-anak.

 

 

Lanjut
Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar