Senin, 16 November 2020

ANTARA MENGAJAR DAN BERWIRAUSAHA

Beliau mengatakan “Sebenarnya saya agak ga enak berbagi dikelas menulis ini karena disini banyak orang hebat dan penulis. Tapi saya bukan penulis tapi pernah menulis. Ok saya akan bercerita pengalaman saya saja. Dari jadi guru sampai punya usaha.

Tapi banyak guru yang sudah melakukan itu juga. Ya hanya sekedar sharing aja ya. Jadi saya lebih suka tanya jawab aja.

https://youtu.be/_txR-OhkTpA

Suscreb Dan Like & Comment

Sampai sekarang saya masih mengajar walau hanya sedikit jam. Itu juga sudah cukup menguras pikiran juga karena jaman pandemi begini guru harus lebih kreatif dalam mengajar.

Terima kasih bu Aam yg telah menjadi moderator kali ini. Salam kenal dan juga kepada teman teman semua salam kenal..Kepada Om Jay selamat ulang tahun..

Kita sebagai guru mempunyai peluang besar untuk menjadi pengusaha karena kita mempunyai bangsa pasar yang banyak. Mulai dari murid, orang tua murid, teman seprofesi dan lain nya.

Saya sih sebenarnya juga  pedagang pedagang amat. Cuma kalau ada kesempatan kepala saya sering muter , kira kira kalau jualan, apa ya yg akan dibeli orang atau diperlukan orang. Dan saya kalau berjualan juga ga selalu laku tapi saya senang aja..Kalau dalam ilmu jualan itu ga boleh, ini baru saya ketahui setelah saya belajar lewat pelatihan UMKM..

Oh ya ibu ibu , saya ngobrol tentang pengalaman saya dari guru menjadi punya usaha ya. Walau ga berarti saya hebat di wirausaha. Justru kalau secara ilmu baru saya dapatkan tapi kalau secara praktis sudah saya jalankan.”

Jadi beliau memulai jualan itu sejak beliau membuat kursus. itu jualan juga kan ? Jualan materi. Beliau awalnya membuat kursus Aritmatika tahun 1996..Kemudian beliau menulis buku aritmatika dan menjualnya sendiri dengan mengadakan pelatihan pelatihan.

Itu beliau mulai pada tahun 1998. Dan beliau memiliki 24 cabang untuk daerah bekasi saja, belum termasuk luar daerah. Dan pada tahun 2003 beliau mulai mendirikan sekolah TK dan TPQ. Pada tahun 2004 mulai dengan SD. Itu juga usaha , walau itu bukan profit yang kita tujukan. Profit dengan serta merta ikut serta .

Karena usia jualah, maka beliau mulai mengurangi kegiatan di sekolah dan mulai buka kedai di samping rumah.

Dan karena musibah Covid ini usaha yang baru dirintis juga mengalami kemacetan yang sangat berdampak.

Beliau mengatakan “Alhamdulillah nya , pada masa ini pemerintah kota bekasi dan indonesia pada umumnya sangat memperhatikan UMKM. Ya saya dapat mengikuti berbagai pelatihan dengan gratis.

Dan produk saya pun sudah mendapatkan ijin PIRT dan sertifikat halal.”

 




 

Menurut beliau kalau buka usaha sendiri itu kita bisa sesuai dengan ide dan keinginan kita walau kita harus lebih kerja keras karena kita sendiri. Kita buat situasi kerja yang enak aja dengan rekan kerja kita. Kalau beliau di sekolah itu udah kayak saudara sendiri.

Perselisihan atau beda pendapat itu pasti ada, tapi ya harus segera diselesaikan.


Ini kegiatan yang baru saja dilakukan tadi pagi sampai siang

Pelepasan yang tertunda dan dilakukan dengan sederhana. Walau sudah pada jauh hanya 3 anak yang tidak datang. 1 karena sudah di jawa tengah, 1 karena tidak dapat ijin dari pesantren dan 1 karena ada yang meninggal saudaranya.

Sekolah ini beliau mulai tahun 2003 dimulai karena diajak kerjasama oleh salah satu cabang aritmatika beliau. Tapi kerjasama nya hanya berjalan 3 bulan karena menurut teman malah bikin rugi, tidak ada untungnya. Setiap usaha baru pasti banyak cobaannya. Beliau tetap melanjutkan perjalanan mendirikan sekolah tersebut.

Beliau mengatakan “Alhamdulillah dengan mendirikan sekolah tersebut saya banyak berkenalan dengan orang dan banyak kegiatan yg membuat saya bisa berprestasi dan wawasan saya menjadi bertambah luas.”


Menurut beliau sebenarnya kalau mengajar dan menjadi pengusaha itu kalau usahanya sudah jalan sih sebenarnya bisa aja mengaturnya. Kalau salah satunya masih baru, ya lumayan sibuk juga pak. apalagi kalau di situ banyak kegiatannya.

Ya harus bisa membagi bagi waktunya. Kalau beliau sudah mengalokasikan kalau jam mengajar , kegiatan yang lain ditunda dulu.

Beliau masih mengunakan tunai dan non tunai ( transfer ).

Menurut beliau jadi Guru harus profesional. Tapi jadi guru juga harus kaya. Kalau guru kaya, maka ngajarnya lebih totalitas. Beliau bukan guru PNS, jadi gajinya juga alhamdulillah tapi beliau juga pengen lebih dari itu. Kan awalnya beliau jadi pengusaha juga gara gara menulis dan dirasa menulis itu bisa menghasilkan uang. Jadi beliau awalnya menjadi guru yang keliling keliling ngasi pelatihan buku beliau. Beliau milih dua duanya. Jadi guru dan pengusaha. Beliau berusaha arahnya tentang kependidikan juga


 

Ini murid beliau waktu beliau ngajar di SD Al Izhar Pondok Labu ngajar di kelas 4

Ini yang membuat beliau minder sebenarnya dikelompok ini. Beliau melihat teman teman bisa produktif menulis, beliau masih akan akan saja. Tapi beliau sangat antusias dalam kegiatan literasi. Suatu saat beliau pasti bisa santai dan konsen untuk menulis. Beliau mempunyai 2 TBM ( Taman Bacaan Masyarakat ) . TBM insan Kamil dan TBM kartini Kreatif. Dan beliau juga ikutan di gareulis, kebetulan pengurus juga.


Sebenarnya sudah beliau mulai tapi belum serius nulisnya jadi ga selesai selesai. In syaa Allah beliau etap jadikan buku buat kenang kenangan dan bisa menginspirasi. 

Menurut beliau usaha dengan sungguh sungguh dan selalu mohon ridhonya Allah. Kerja keras intinya.

 Jualan aja . Mulai di kantin sekolah dan kalau ada kegiatan bawa produknya.

Harus pede. Kita kalau nawarin harus siap. Karena yang beli juga banyak yang ngetes, merendahkan dan lain-lain. Pede aja, yakin akan produk kita.

Awalnya beliau mau bantu merintis usaha dan bisa diwariskan ke anak. Trus beliau juga mau berkegiatan di rumah. Cafe nya kebetulan samping rumah. Jadi beliau bisa bertemu dengan teman dan banyak orang tanpa harus pergi pergi.

Beliau awalnya ga hobby masak. Beliau kalau masak, ya masak wajib saja. Walau dulu ibu beliau punya usaha catering, beliau hanya bantu bagian administrasinya aja.

Ide buka usaha itu karena beliau mau pensiun dari kegiatan keliling menjadi kegiatan di rumah.

Kalau untuk sekolah beliau sudah punya team work yang baik. Kalau untuk kegiatan preunership masih dalam tahap memulai kerja bareng belum solid karena masih baru dan sekarang juga usaha sedang harus kerja keras dan lebih giat mencari cara terbaik..


Kebetulan di bekasi memang ada pelatihan untuk UMKM..Syaratnya punya SKU ( Surat Keterangan Usaha ) caranya mulai buka usaha dengan ikut pelatihan gratis

 

Lebih mudah apa boga apa menulis?

Menurut beliau sebenarnya dua duanya bisa sulit dan bisa gampang, tergantung kesungguhannya. Dulu karena beliau sungguh sungguh menulis, gampang aja jadi buku. Sekarang kayaknya beliau kurang sungguh sungguh karena banyak cabang yang dipikirkan jadi sulit buat beliau untuk menulis. Dulu beliau ga bisa bikin kue, sekarang pengennya nyoba resep terus. jadi banyak bikin ini dan itu. Tergantung kesungguhan.

 

Ingin memulai usaha sampingan selain mengajar.Yang perlu disiapkan mental dulu..Kalau nunggu modal, nanti ga jadi jadi. Dan beliau rasa dan alami , enaknya dari modal kecil, seadanya dulu. Nanti akan membuat pondasi yang kuat.

 

Untuk pelatihan UMKM Seharusnya ada disemua wilayah. Sekarang ada istilah UMKM naik kelas.

Menurut beliau harusnya diri kita yang tau membaginya. Kalau beliau prioritaskan yang utama baru yang lainnya. Jadi kalau ibu ibu, ya paling dulu diberesin itu urusan dalam negeri ( rumah ), baru mengajar dan setelah itu usaha.

 

KESIMPULAN :

Selagi kita bisa membagi waktu antara mengajar dan berwirausaha, kenapa tidak? Mengajar dapat pahala. Wirausaha dapat tambahan buat beli susu anak. Semangat teman-teman.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar