Kamis, 28 Mei 2020

MEMBUAT SIARAN TELEVISI PENDIDIKAN LEWAT APLIKASI DI HP




Guru hebat di seluruh Indonesia hari ini telah hadir bersama kita guru besar dari UPI yaitu bapak Profesor Deni Darmawan memberikan materi yang luar biasa.
Moderatornya adalah ibu Fatimah dari Aceh,

Pada kesempatan ini Alhamdulillah beliau di beri amanah oleh Sekjen guru PGRI Omjay untuk menyampaikan pengalaman mengenai bagaimana mengembangkan sebuah siaran program siaran televisi bidang pendidikan terutama secara mobile dan personal yaitu memanfaatkan produk-produk teknologi digital televisi yang bisa diunduh dan di download oleh handphone dilaman website yang beliau sediakan sebenarnya.

Bagi yang membutuhkan sebenarnya bisa menghubungi atau mengakses website humas.upi.edu

Dibawahnya disediakan aplikasi untuk bisa di install ke handphone sebagai fungsi dari kamera  jurnalis. Kita sedikit mengenal kamera jurnalis untuk memproduksi siaran lain atau recording live dimanapun berada dengan menggunakan handphone yang dimiliki melalui aplikasi daripada nanti yang akan di installkan namanya aplikasi wojawocoder.

Wojawocoder ini merupakan aplikasi kamera yang bisa kita pakai ketika bapak/ibu akan meliput aktivitas dimanapun berada. Wojawocoder ini bisa di install bisa dipakai melalui kamera  depan maupun kamera belakang. Wojawocoder ini bisa masuk di playstore maupun di iOS jika playstore berbasis android dengan handphone yang berbasis apple.   

Program televisi yang selama ini kita tonton sebenarnya bisa diproduk melalui kamera yang sudah kita setup atau kita installkan melalui handphone, dengan demikian ketika  Wojawocoder itu sudah ada di handphone maka bisa melakukan request ke TVUPI.

Bagi yang sedang berada di mana punya acara apa, silakan kamera handphone nya itu seperti biasa shootkan ke arah kegiatan atau ketika berbicara tujukan kamera handphone ke objek atau kegiatan-kegiatan yang akan di rekam secara live namun demikian untuk bisa mengirimkan dan memasukkan program siaran perlu tim TVUPI setup sebelum nya.

Panduan ketika di rumah harus mensetup login password dari pada kamera yang sudah terinstall tadi jadi langkahnya sebenarnya ada  tiga yaitu :.

1.     Download aplikasi Wocoder di http://humas.upi.edu/upi-tv/
2.     Menginstalkan aplikasi Wocoder kepada handphone
3.     Men-setup kode kode siaran langsung yang bisa dihubungkan dengan MCR yang ada di TVUPI.

Ketika tiga tahapan itu sudah dilakukan maka sudah siap menggunakan kamera, kamera broadcast yang nempel pada aplikasi Android atau iOS pada handphone masing-masing.

Ketika tim TVUPI sudah setup dan request dari kita, jam berapa atau kapan masuk dan telepon ke tim TVUPI  maka TVUPI akan sudah tersambung dengan handphone . Berikut akan beliau kirimkan teknologi atau aplikasi yang ada di website humas.upi.edu. Jadi silahkan melakukan akses ke humas .upi.edu disana diplaystorenya gulung kebawah dilaman depan humas.upi.edu paling bawah ada dua logo. Satu logo playstore satu lagi logo iOS nya untuk handphone yang menggunakan apple. Setelah melakukan proses downloadnya pakai handphone tentunya aksesnya pakai handphone supaya otomatis masuk  di handphone masing-masing, begitu mungkin sebagai gambarannya silakan bisa dicoba dilaman humas.upi.edu

Namun demikian saat ini kapan pun sebenarnya  mau malam hari siang hari ya silakan di-download bebas gratis, namun nanti upayakan bahwa handphone  ,apa baterainya juga kuat kemudian apa memorinya juga harus cukup, karena mau video audio ya tentunya tidak bisa lama-lama , pengalaman beliau untuk shoot berdurasi sekitar 2 jam memang memang tidak terlalu, minimal acaranya itu maksimal 1 jam itu cukup lah menyampaikan beberapa informasi yang sifatnya videonya audio dan visual.

Mendownload file Setup Encoder supaya kita secara riil dan bisa menyesuaikan langkah-langkah setup Wocoderwoja di handphone masing-masing. Dalam powerpoint tersebut ada langkah-langkah yang berhubungan dengan pertama misalnya siapa host disitu ada setup. Bagaimana ukuran dan kecepatan suara ukuran gambar kemudian apa visualisasi besarnya visual yang akan ditampilkan dan kecepatan suara yang ditampilkan itu ada setup-setupnya bisa mengikuti tahapan tahapan di setup encoder tutorial yang beliau kirimkan di WhatsApp grup. Tentunya ketika sudah mendownload atau beliau kirimkan kode download atau website laman  humas.upi.edu kepada kita sebelumnya, ini setup encoder dilakukan tahapannya kalau aplikasi itu kan sudah gratis  sudah beliau siapkan di website humas.upi.edu .














Membuat acara-acara sendiri tentunya kalau melihat jam tayang memang tidak bisa bersamaan beliau akan atur  Kapan reques dan kapan akan dilayani secara livenya oleh tim TVUPI namun walaupun waktunya tidak bisa diulang misalnya bisa merekam saja yang meliput biasa rekamannya kirim ke tim TVUPI. Nanti akan di tayangkan juga di laman LCJ TVUPI yang beliau kelola ada TVUPI 1 ada TV UPI 2 silakan untuk mengirimkan file rekaman nya kalau memang itu bentrok yang nanti tidak mungkin bersamaan ingin live semua itu bisa disiasati dengan siaran tunda.

Ada beberapa contoh siaran pesanan misalnya pribadi sebagai contoh di beliau ada pengajian rutin setiap Rabu pagi, Rabu subuh itu Pak Ustad Profesor dari TVUPI Profesor Sofyan Sauri misalnya itu memblok acara yang ingin ditayangkan setiap hari Rabu subuh live. Ustad itu sudah mensetup kan kameranya jadi tinggal membaca PowerPoint dari laptop nya di layar laptopnya jadi simpan handphone nya. Request ke TVUPI  dan Ustad langsung tausiah maka acara itu akan tayang di TVUPI 1 atau TVUPI 2 sesuai request yang sampaikan ke TVUPI . Jadi acara tersebut bisa live di rumahnya begitu ya di rumahnya di ruang tamu waktu itu juga TVUPI live. Jadi tidak perlu ada dari tim TVUPI yang datang ke rumahnya untuk mengshoot apa acara Ustad menyampaikan tausiyah tetapi bisa merekam dan menyampaikannya oleh handphone-nya sendiri.

Menurut beliau kebayangkah  kalau misalnya acaranya livenya misalnya di Surabaya Apakah kru Kameramen TVUPI dari Bandung harus datang ke Surabaya hanya ingin menayangkan 1 jam 30 menit ataupun berapa lama acara di Surabaya dan tidak mungkin tetapi dengan teknologi ini di TVUPI solusi tersebut bisa dicapai diwujudkan di mana Kameramen sudah nempel di handphone yang sekaligus sebagai narasumber ataupun sebagai pembawa acara narator merangkapnya Kameramen,  merangkap jadi tiga fungsi dari perfilm-an yang bisa ada dalam satu handphone genggaman sebagai Kameramen sebagai director sebagai narasumber .

Teknologi ini mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh para guru ketika ingin menyumbangkan program-program siaran atau pengalaman-pengalaman nya di tempat masing-masing misalnya sedang bimbingan sedang mengajar di kelas sedang diskusi itu bisa direkam bisa dishoot  siaran ulang atau siaran langsung silakan jadi ini dunia itu ada dalam genggaman.

Beliau suguhkan untuk memanfaatkannya dalam proses pendidikan acara ini launching kemarin itu sudah diresmikan oleh apa ketua pengurus besar PGRI Profesor UNIVA. Sudah melaunching dan memberikan Selamat kepada berdirinya TVUPI  yang termasuk Pak Wijaya Kusumah (Omjay) sendiri yang waktu itu diundang hadir untuk memberikan ucapan selamat launching.


Beliau punya rekaman Ibu Profesor UNIVA  dalam upaya memberikan semangat kepada semuanya  untuk menjadi broadcast pendidikan seluruh Indonesia terutama bapak dan ibu guru yang berkesempatan untuk menyumbangkan materinya.





KESIMPULAN :

Panduan ketika di rumah harus mensetup login password dari pada kamera yang sudah terinstall tadi jadi langkahnya sebenarnya ada  tiga yaitu :.

1.     Download aplikasi Wocoder di http://humas.upi.edu/upi-tv/
2.     Menginstalkan aplikasi Wocoder kepada handphone
3.     Men-setup kode kode siaran langsung yang bisa dihubungkan dengan MCR yang ada di TVUPI.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar