Omjay
akan berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari
rumah.
Saat belajar di rumah harusnya
guru dan siswa sama-sama menyenangkan disana senang disini senang itulah inti
dari pada pola pembelajaran efektif yang seharusnya terjadi di rumah baik di
rumah maupun di rumah siswa. Bagaimana pembelajaran itu bisa terjadi pertama, karena
akses Internetnya lancar kalau akses internetnya tidak lancar, maka
pembelajaran menjadi tidak menyenangkan, tapi menegakkan saya pernah melihat
anak saya Ketika internet dirumah mati tiba-tiba akibatnya pembelajarannya
awalnya menyenangkan menjadi menegangkan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
pola adalah suatu sistem kerja atau cara kerja sesuatu sedangkan menurut kamus
antropologi pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu
gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau untuk
mendeskripsikan gejala itu
Menciptakan sesuatu yang
baru dari belum ada menjadi karya dari sesuatu yang benar-benar tercipta karena
kondisi yang dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan teknologi yang
ada efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan
maksimal yang diharapkan pengertian efektif merupakan suatu usaha yang
dilakukan secara maksimal. Sesuai yang diharapkan selain itu efektif juga bisa
diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang
diinginkan belum tercapai
Sementara rumah Anda tahu
rumah, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama
jangka waktu tertentu rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang
menempati rumah tersebut ada ungkapan mengatakan “Rumahku Surgaku”.
Berdasarkan definisi-definisi
di atas yang saya sampaikan pola belajar efektif dari rumah dapat diartikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan
tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai
dengan yang diharapkan pembelajaran harus menyenangkan semua.
Peserta didik atau siswa yang
melakukan pola belajar ketika di rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar
dengan membuat perencanaan penjadwalan yang berlangsung terus-menerus di dalam
rumah jadwal ini harus diikuti secara konsisten disiplin dan terjadwal rumah
sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman
bagi siswa kegiatan dapat dibuat sebagai patokan untuk melakukan kegiatan
belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai tidur
lagi Ingatlah Surip Bangun Tidur Tidur lagi Bangun tidur lagi.
Kalau anak-anak kita sudah
terbiasa membuat jadwal pembelajaran dari rumah seperti halnya kegiatan
homeschooling, maka mereka dilatih untuk
mandiri, mencoba mencari sendiri pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapatkan
dari internet tentu dibutuhkan pendamping dalam hal ini orang tua yang selalu mengawasi
anak-anaknya di rumah dan juga guru memantau dari rumah masing-masing dengan
menghubungi orang tuanya melalui wa grup.
Membuat jadwal di mana
tersebut dapat dibuat sesuai dengan selera peserta didik sendiri yang penting
dapat dilaksanakan secara konsisten dengan jadwal yang terpola sedemikian rupa
peserta didik dapat melakukan dengan konsisten setiap harinya maka siswa akan
terbiasa dengan pola yang sudah terjadi perubahan perilaku peserta didik akan
mengalami peningkatan yang diharapkan ini yang disebut dengan belajar. Rumah
yang merupakan tempat tinggal dapat dirancang sedemikian rupa agar peserta didik
merasa nyaman bisa dilakukan sambil selonjoran lebih bagus lagi bila ada meja
belajarnya yang diharuskan atau dikhususkan untuk kegiatan belajar Hal inilah
yang membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan siswa merasa nyaman
tetap belajar dari rumah.
Belajar efektif di rumah harus
dilaksanakan oleh guru dan terjadwal bagaimanapun efektivitas belajar harus
membiasakan diri untuk konsisten disiplin dalam mengikuti jadwal yang sudah
dibuat jadi anak-anak kita harus dibiasakan untuk menempati jadwalnya hari ini
kita terbiasa menggunakan penjadwalan belajar di rumah akan mengalami perubahan
tingkah laku yang sangat signifikan sementara peserta didik yang tidak
menggunakan perencanaan dalam pembelajaran bahkan tidak pernah mau belajar sama
sekali akan memperoleh nilai yang tidak maksimal Oleh karena itu menciptakan
belajar efektif di rumah Harus dibimbing oleh orang tua atau guru Sehingga
peserta didik terbiasa dan positif dengan jadwal yang dibuatnya sendiri
sekaligus melatih kemandirian siswa untuk disiplin masalah waktu
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola
pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua.
Siswa senang, orng tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar,
dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di
rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola
pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA
Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video
Beliau menyarankan untuk melejitkan keterampilan menulis siswa
lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui
blognya masing-masing.
Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin
disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga
tulisan.
Jadwal jelas harus berubah, tidak sama dengan tatap muka
di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter
dengan memadukan iptek dan imtak.
Untuk penelitian guru dapat melakukan penilaian berbasis
proyek atau potofolio, disesuaikan dengan kondisi murid SD.
Menurut beliau akan terjadi pembelajaran blended
learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena
itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi
modern.
Gunakan teknologi yang ada. kalau yang ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab
mau tidak mau, suka atau tidak suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan
teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul.
Menurut beliau Jangan dipaksa anak didik kita, biarkan
mereka mengerjakan tugasnya dengan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila
ada murid atau siswa yang belum mengumpulkan tugasnya, orangtua harus
diberitahu karena kerjasama guru dan orangtua sangat penting dalam pembelajaran
yang efektif dari rumah.
Menurut beliau guru harus melakukan evaluasi dan refleksi
diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kepada murid. Kolaborasi guru
sangat penting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dengan
teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran efektif dari
rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan
justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orangtua murid
yang terus menerus.
Omjay menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka,
walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah
dan mudah cara
Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat
Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat
diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran
jarak jauh tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru
bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tidak ada. memang
dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya.
apalagi bila rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah
pengabdian, terutana buat guru di daerah 3T. Omjay salut dan memberikan
penghormtan dengan guru guru tangguh sperti ini. Mereka selalu datang dgn
solusi dari masalah yg dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat
kurang. tapi yakinlah dengan pesan pak harfan dalam film laskar pelangi.
hiduplah dengan memberi sebanyak banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
Omjay gunakan wa group atau line group, sering menggunakannya dengan bentuk teks,
karena bentuk teks ini tdk makan kuota banyak.
Setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di
sekolah dengan memperhatikan gaya belajar siswa.
Penilaian hanya guru yang bersangkutan yg lebih tahu,
kalau dirasa dengan online sudah cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila belum
cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online. Hal itu beliau lakukan bila
ada nilai siswa yang kurang dengan menghubungi wali kelas dan orang tua siswa,
biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa
yang jarang hadir.
KESIMPULAN
:
Dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah,
guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan
dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah
masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga
pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan
pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa
menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar,
Mantap omjay
BalasHapus