Kamis, 21 Mei 2020

MENCIPTAKAN POLA BELAJAR YANG EFEKTIF DARI RUMAH





Omjay akan berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah.
Saat belajar di rumah harusnya guru dan siswa sama-sama menyenangkan disana senang disini senang itulah inti dari pada pola pembelajaran efektif yang seharusnya terjadi di rumah baik di rumah maupun di rumah siswa. Bagaimana pembelajaran itu bisa terjadi pertama, karena akses Internetnya lancar kalau akses internetnya tidak lancar, maka pembelajaran menjadi tidak menyenangkan, tapi menegakkan saya pernah melihat anak saya Ketika internet dirumah mati tiba-tiba akibatnya pembelajarannya awalnya menyenangkan menjadi menegangkan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pola adalah suatu sistem kerja atau cara kerja sesuatu sedangkan menurut kamus antropologi pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau untuk mendeskripsikan gejala itu
 Menciptakan sesuatu yang baru dari belum ada menjadi karya dari sesuatu yang benar-benar tercipta karena kondisi yang dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan teknologi yang ada efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal. Sesuai yang diharapkan selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang diinginkan belum tercapai
Sementara rumah Anda tahu rumah, rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menempati rumah tersebut ada ungkapan mengatakan “Rumahku Surgaku”.
Berdasarkan definisi-definisi di atas yang saya sampaikan pola belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan pembelajaran harus menyenangkan semua.
Peserta didik atau siswa yang melakukan pola belajar ketika di rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan penjadwalan yang berlangsung terus-menerus di dalam rumah jadwal ini harus diikuti secara konsisten disiplin dan terjadwal rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi siswa kegiatan dapat dibuat sebagai patokan untuk melakukan kegiatan belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi Ingatlah Surip Bangun Tidur Tidur lagi Bangun tidur lagi. 
Kalau anak-anak kita sudah terbiasa membuat jadwal pembelajaran dari rumah seperti halnya kegiatan homeschooling,  maka mereka dilatih untuk mandiri, mencoba mencari sendiri pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapatkan dari internet tentu dibutuhkan pendamping dalam hal ini orang tua yang selalu mengawasi anak-anaknya di rumah dan juga guru memantau dari rumah masing-masing dengan menghubungi orang tuanya melalui wa grup.
Membuat jadwal di mana tersebut dapat dibuat sesuai dengan selera peserta didik sendiri yang penting dapat dilaksanakan secara konsisten dengan jadwal yang terpola sedemikian rupa peserta didik dapat melakukan dengan konsisten setiap harinya maka siswa akan terbiasa dengan pola yang sudah terjadi perubahan perilaku peserta didik akan mengalami peningkatan yang diharapkan ini yang disebut dengan belajar. Rumah yang merupakan tempat tinggal dapat dirancang sedemikian rupa agar peserta didik merasa nyaman bisa dilakukan sambil selonjoran lebih bagus lagi bila ada meja belajarnya yang diharuskan atau dikhususkan untuk kegiatan belajar Hal inilah yang membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan siswa merasa nyaman tetap belajar dari rumah.
Belajar efektif di rumah harus dilaksanakan oleh guru dan terjadwal bagaimanapun efektivitas belajar harus membiasakan diri untuk konsisten disiplin dalam mengikuti jadwal yang sudah dibuat jadi anak-anak kita harus dibiasakan untuk menempati jadwalnya hari ini kita terbiasa menggunakan penjadwalan belajar di rumah akan mengalami perubahan tingkah laku yang sangat signifikan sementara peserta didik yang tidak menggunakan perencanaan dalam pembelajaran bahkan tidak pernah mau belajar sama sekali akan memperoleh nilai yang tidak maksimal Oleh karena itu menciptakan belajar efektif di rumah Harus dibimbing oleh orang tua atau guru Sehingga peserta didik terbiasa dan positif dengan jadwal yang dibuatnya sendiri sekaligus melatih kemandirian siswa untuk disiplin masalah waktu 

Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orng tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks, foto dan video
Beliau menyarankan untuk melejitkan keterampilan menulis siswa lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing.
Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.
Jadwal jelas harus berubah, tidak sama dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan memadukan iptek dan imtak.
Untuk penelitian guru dapat melakukan penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dengan kondisi murid SD.
Menurut beliau akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern.
Gunakan teknologi yang ada. kalau yang  ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tidak mau, suka atau tidak suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul.
Menurut beliau Jangan dipaksa anak didik kita, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yang belum mengumpulkan tugasnya, orangtua harus diberitahu karena kerjasama guru dan orangtua sangat penting dalam pembelajaran yang efektif dari rumah.
Menurut beliau guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kepada murid. Kolaborasi guru sangat penting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dengan teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orangtua murid yang terus menerus.
Omjay menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka, walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara
Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tidak ada. memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya. apalagi bila rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah pengabdian, terutana buat guru di daerah 3T. Omjay salut dan memberikan penghormtan dengan guru guru tangguh sperti ini. Mereka selalu datang dgn solusi dari masalah yg dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat kurang. tapi yakinlah dengan pesan pak harfan dalam film laskar pelangi. hiduplah dengan memberi sebanyak banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
Omjay gunakan wa group atau line group,  sering menggunakannya dengan bentuk teks, karena bentuk teks ini tdk makan kuota banyak.
Setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah dengan memperhatikan gaya belajar siswa.
Penilaian hanya guru yang bersangkutan yg lebih tahu, kalau dirasa dengan online sudah cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila belum cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online. Hal itu beliau lakukan bila ada nilai siswa yang kurang dengan menghubungi wali kelas dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir.
KESIMPULAN :
Dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar,

1 komentar: