Kamis, 20 Agustus 2020

MENJADI GURU ENTERPRENEUR BERSAMA BU Dra. BETTI RISNALENNI, MM


Beliau mengatakan “Sebenar jiwa enterpreuner saya itu sudah ada dari kecil tapi ya kadang kadang saya pribadi tidak mau disebut tukang dagang . Apa karena tukang dagang itu kurang sekeren guru sepertinya”.

Kebetulan dari kecil ibu beliau suka buat buat kue. tapi beliau yang suka memasukan atau menawarkan ke toko toko untuk dititipkan. Dulu beliau keci di cempaka putih jakarta. Jadi kue ibu beliau, beliau titipkan di toko toko pasar cempaka putih. Berlanjut waktu pindah ke bekasi, kue ibu beliau, beliau titipkan di toko toko di bekasi. Termasuk di koperasi sekolah beliau di SMA 1 bekasi.

Karena jaga gengsi juga, karena beliau aktif disekolah, makanya beliau datang sebelum teman beliau datang.. Jadi ga ada yang tau bahwa kue di koperasi itu kue beliau. Jaga image .

Berlanjut sampai kuliah, ibu beliau punya catering, dan beberapa kantor dan pabrik langganan beliau.. Singkat cerita beliau suka lah. Tapi setelah beliau menikah, usaha catering keluarga beliau ditutup. Karena kata ibu beliau cukuplah berusaha di catering karena capek. Jadi lah  beliau tidak pernah menengok lagi ke usaha makanan tersebut..Setelah beliau lulus kuliah, beliau mulailah dengan mengajar di sekolah punya orang lain. Jadi beliau  hanya sebagai guru.

Kemudian pada tahun 1996, beliau mulai buat kursus. Ya disinilah beliau mulai lagi menjadi seorang enterpreneur. Menjadi seorang pengelola pusat kursus. Kebetulan beliau mempunyai 24 pusat kursus di bekasi.

Lanjut tahun 2003 beliau mulai merintis mengelola sekolah TK dan SD Insan Kamil. Kebetulan punya beliau sendiri dan berada di Bantar Gebang Bekasi. Selagi mengelola sekolah itu, beliau masih aktif bekerja sama dengan Mal  di bekasi. Metropolitan Mall. Beliau dari tahun 1996 sd 2007 mengadakan lomba di mal. Free beliau pakai mal bahwa untuk hadiah suka dibantu oleh teman – teman mal.

Beliau bekerja sama dengan orang yang mau membuat pusat kursus. Beliau  melatih guru gurunya, kemudian mereka wajib memakai buku beliau.. Jadi dari kegiatan pusat kursus dan lomba itu timbul bisnis baru yaitu jualan piala.

Karena lomba di mal itu lebih ke entertaint ya. Membuat anak anak senang. Orang tua juga senang. Jadi dana dana untuk piala dan makan sudah kita masukan ke pendaftaran. Beliau kerjasama lagi dengan makanan siap saji. Disitu dapat keuntungan lagi.

Sebenarnya cerita ini sudah pernah beliau ceritakan di group om jay ini juga. Tapi ngakpapa beliau ceritakan sedikit. Dulu dari salah satu cabang yang 24 itu, ada yang ingin sekali buat TK. tapi cuma ingin. Kebetulan beliau sudah punya yayasan nya tapi belum berani buat TK. Karena beliau berpikir masih takut, ga punya modal dan lain-lain.

Akhirnya beliau bekerja sama dengan salah satu pengelola pusat kursus itu. Beliau mulai dengan mengontrak sebuah rumah. Beliau yang buat buku materi buat TK tersebut. Dari mengenal tarik garis, mengenal angka, mengenal huruf dsb..Dan tidak terlupakan, Aritmatika adalah unggulannya selain hafalan surat pendek.

Tapi mengelola sekolah itu tidak seperti jualan batik, seperti usaha teman beliau itu sebelumnya. Banyak ruginya katanya. Ya memang kalau berhitung untung rugi ya harus mikir mikir buat sekolah.. Jadi teman beliau itu hanya bertahan 3 bulan..

Ini bener bener best practise beliau waktu beliau lomba kepala sekolah berprestasi, yang membuat beliau jadi juara 1 di kota bekasi dan hanya urutan harapan di provinsi jawa barat. Jadi beliau jual buku di pusat pusat kursus untuk membantu operasional sekolah . Alhamdulillah tahun 2009 beliau sudah dapat bos, jadi untuk SD sudah sangat terbantu untuk operasionalnya.

Kalau cerita tentang mengikuti lomba , beliau mulai dari lomba kecamatan..Jadi setiap sekolah diwajibkan ikut lomba. Dari lomba kecamatan itu beliau juara 1. Kemudian dilanjut tingkat kota, dan alhamdulillah dari 12 kecamatan itu, beliau juara 1 juga. Jadi di lomba tersebut ada test nya..seperti test tertulis, psikotest, tes bahasa inggris, presentasi dari best practice kita masing masing..

Selain itu peserta juga mengumpulkan seperti borang gitulah..Biodata, sertifikat, kegiatan dan hasil karya. kebetulan waktu tahun itu beliau  sudah menulis buku tentang aritmatika itu..buku A, B, C , 1 , 2 sd 27. buku itu saja sudah 30 buku.. yah lumayan lah buat penilaian..Buku itu nilainya tinggi..Kalau beliau dulu menulis buku karena butuh duitnya..

Nah sekarang sekolah sudah berjalan baik. Jadi beliau sudah tidak perlu mandorin lagi. Semua sudah berjalan. Sekarang beliau mulai tertarik lagi dengan kuliner. Beliau ikutlah pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan itu. Sekarang selain beliau punya sertifikasi pendidik, beliau juga sudah punya sertifikat sertifikasi wirausaha.

Beliau juga mulai mematenkan merk lewat HaKI, mulai meng " halal " kan produk dan mulai meng " pirt " kan produk. Dan sekarang beliau juga menjadi UMKM binaan Dinas Koperasi Bekasi. Oh ya hari ini Ultah ke 5 UMKM lho. Kalau besok baru ultahnya beliau . Untuk paten kan merk itu, kita lewat Dinas Koperasi..Kebetulan memang harus punya dulu ijin domisili usaha. itu bisa diurus ke RT, RW, kelurahan.

Karena besok beliau ada acara " halal " jadi murid beliau sudah merayakannya kemarin dan tadi”.




Produk beliau brownis

Cookis yang kering, karena kalau pirt itu barangnya harus bisa tahan diatas 10 hari. baru bisa ijinnya keluar.



Motivasi beliau awalnya karena beliau sedih tidak dapat menyekolahkan anak beliau di sekolah bagus karena beliau seorang guru.

Dulu anak beliau pertama pernah test di sekolah yang bagus tapi ga diterima karena gaji suami beliau kecil . karena beliau dan suami.sama sama guru. Beliau sedih banget. Makanya beliau  bertekad pengen buat sekolah, yang siapa aja yang mau sekolah disitu bisa. yang kaya ya bayar normal..yang mampunya bayar berapa , silahkan bayar semampunya. yang yatim gratis.

Karena kalau anak orang kaya sekolah ditempat bagus, itu biasa. yang miskin di tempat jelek itu biasa..tapi yang ga mampu bisa sekolah ditempat bagus itu luar biasa. makanya beliau buat sekolah itu karena kita guru, kita pasti bisa. jadi lah itu SeKolah KB- TK dan SD Insan Kamil. sekarang sudah dikelola anak anak beliau , dan sekarang beliau menikmati.masa tua beliau dengan buka kedai disamping rumah. Tempat ngumpulnya guru guru atau siapa aja yang mau ngumpul..

Waktu membuka pusat kursus, beliau ada juga mengajar di salah satu sekolah dibekasi. Itu karena sekolah itu pake buku beliau dan minta beliau yang ngajar. Demi duit dan dedikasi akhirnya beliau mengajar di situ khusus mengajar aritmatika saja.

Beliau mengatakan “saya menikmati segala yang terjadi. Jadi kalau mau melakukan sesuatu, saya selalu berdoa. Ya Allah jika engkau ridho dengan yang aku lakukan maka permudahlah. Jika itu sulit buat ku dan engkau tidak ridho, maka persulitlah. Jadi apapun yang saya lakukan tidak pernah saya berharap berhasil . itu saja doa saya. Jadi saya selalu menikmati apa yang saya lakukan. Jika sulit, berarti itu sinyal Allah tidak ridho dengan itu.Tim di sekolah saya sudah seperti saudara saya semuanya. Boleh tanya om jay, bu wiwin, pak youri atau teman teman yang pernah ke sekolah saya”.

Menurut beliau kita harus bisa membaca lawan bicara kita dulu. Kalau beliau  biasanya agak nurut dulu. Jadi kita jangan meninggikan diri kita dulu. Kalau lawan bicara kita meninggi baru kita keluarkan juga kesombongan kita. pamer juga. Beliau suka membaca , kalau menulis beliau  masih tersendat sendat sekarang. Kalau bercerita suka susah di rem bu.

Beliau mengatakan “ hambatan pasti ada. tapi nikmatin aja..saya pernah beli tanah bu deket dari sekolah, 50 meter lah dari sekolah. tanah kampung nempel sama perumahan. saya beli, saya rapikan . Maksud saya buat lapangan olah raga anak anak. Eh ditutup jalannya. jadilah tanah itu tidak bisa berfungsi. Tapi Allah kasi jalan bu. Tanah yang pas dibelakang sekolah saya dijual oleh yang punyanya. Akhirnya saya beli dengan uang jual rumah orangtua saya di Padang. Ya sedekahnya orang tua saya buat sekolah”.

Bagus menurut beliau, bagus fisiknya, bangunan dan peralatannya. Bagus materinya. disekolah beliau baru hafal juz 30, disekolah ada braingym, semua ekskul gratis, anak anaknya ada yang berprestasi. murid beliau ada yang juara olympiade matematika se jabar, duta baca jabar, juara karate nasional, dan kalau di bekasi, alhamdulillah agak terkenal lah.

Ini anak anak belajar tentang energi. sekalian belajar, mereka senang dan tau juga prosesnya. sekalian belajar SBDP.




KESIMPULAN :

Berani mencoba dan pantang menyerah. Gunakan peluang setiap ada kesempatan. Karena kesempatan itu belum tentu terulang kembali.

Lakukanlah sesuatu, karena kalau kita melakukan sesuatu yang baik, disitu Allah juga sudah siap menolong kita.

Selagi kita bisa berkarya, berkiprah, lakukanlah. Kalau itu memang bagus, hati kecil kita tak mungkin mengingkarinya. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan . Yang penting kegiatan itu positif dan tidak merugikan orang lain.




 

3 komentar:

  1. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan . Yang penting kegiatan itu positif dan tidak merugikan orang lain.

    Memberi komentar tidak merugikan, kan?

    BalasHapus