Saya memulai jadi blogger dg
wordpress gratisan sejak 2008 dg alamat APIQQUANTUM.COM
Lalu 2012 makin aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel
1. youtube.com/pamanapiq
2. youtube.com/edujiwa
Semua membahas tentang pendidikan dan khususnya
matematika kreatif dengan metode APIQ.
Memang jadi youtuber lebih menggoda karena penghasilan
dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran penghasilan 1 canel saya di atas sekitar 100 sd
2000 dolar per bulan.
Berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar
Tips jadi blogger dan youtuber
1. Gunakan program gratis. Misalnya saya pakai wordpress
dan youtube
2. Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita.
Misalnya saya guru dan penulis matematika.
3. Pelajari statistik u improvement. Baik wordpress atau
youtube menyediakan statistik yg berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
AGUS
NGGERMANTO : Kenalkan Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman
APiQ.
Di balik sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik
Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua
orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi
Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta
matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton
telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh
siswa-siwa yang belajar matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter
Paman APiQ, para siswa itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas
Agus, Kak Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman
APiQ muncul seirama dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu
Al, Geo, dan Meti. Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang
matematika Aljabar, Geometri, dan Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an,
tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung
dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika
dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi
memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode
APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak
yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang
rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008.
Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk
membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru sejak sekolah menengah dengan
mengajar di kelompok-kelompok belajar siswa SMA yang merupakan teman-teman
sendiri. Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil mengajar di lembaga bimbingan
belajar untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta menjadi asisten dosen di kampus
ITB sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan
perguruan tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa
yang tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep yang paling
sederhana sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan cara-cara
belajar matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah
benih APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan metode APiQ, Agus lalu memulai membuka
kursus APiQ dengan modal sendiri dan bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas
kursus APiQ berawal dari kota Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan
tempat-tempat lain di Indonesia. Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa
senang belajar matematika dengan cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya
takut dengan matematika menjadi senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak
yang berhasil meraih nilai matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100
ini juga berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga mengembangkan game matematika orisinal,
yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak
jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah selingan seperti game pada
umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa
menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ.
Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal
matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat
mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga
menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil ia sudah menyukai matematika.
Tetapi matematika sering menjadi korban fitnah, dianggap sebagai mata pelajaran
paling sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus, kesan menakutkan pada matematika
itu bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat langsung mengalami asyiknya
belajar matematika seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak orang dewasa yang
mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus,
kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata
manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata. Dan itulah yang ia
kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi
asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ,
rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering
dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah
menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti
proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut Agus, memang banyak yang salah dengan pengajaran
matematika saat ini, sehingga menempel fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi
kita tidak cukup menyalahkan pihak lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik
berangkat masing-masing. Misalnya dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa
berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika yang asyik dan
kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah. Paman APiQ juga
menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan orang
dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum yang
lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu terus
berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus
mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan
Indonesia.
Kini Agus memilih media Youtube untuk memberikan edukasi,
karena ia menganggap media Youtube merupakan media belajar matematika yang
efektif dan efisien. Siswa menjadi mudah memahami konsep matematika kreatif
APiQ melalui video multimedia Paman APiQ atau www.youtube.com/agusyes. Hal ini
karena video multimedia dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan
atau animasi. Siswa juga dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman
APiQ. Video pertama Agus unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi
pengunjung. Tapi sekarang sudah ramai. Tanggapan pertama saat video dirilis
masih biasa-biasa saja. Mungkin, menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet
di Indonesia belum mudah. Tetapi sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat
sangat bagus. Trik khususnya adalah, Agus menampilkan video yang memang
dibutuhkan masyarakat dengan tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti.
Saat ini yang paling banyak ditonton adalah tentang cara cepat berhitung
pembagian, trik perkalian cepat, dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan tanggapan masyarakat. Ini
menunjukkan bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk kepentingan positif semisal
belajar matematika bersama Paman APiQ. Masyarakat juga bisa langsung
berkonsultasi melalui media Youtube Paman APiQ dengan menuliskan komentar di
bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi dapat bergabung dengan
komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com dan melalui media sosial seperti
www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah berhasil meraih beberapa prestasi.
Antara lain mendapat kehormatan dengan diundang oleh Youtube Indonesia (Google
Indonesia) untuk menjadi narasumber di seminar pendidikan nasional melalui
Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia sebagai saluran
pendidikan Indonesia yang prospektif. Demikian juga wordpress.com memberikan
beberapa penghargaan kepada APiQ. Sementara secara bisnis, franchise APiQ
memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk kategori waralaba nasional.
Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi di sekolah sampai tingkat
Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan internasional dalam
ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus masih fokus pada usaha kursus
matematika kreatif APiQ yang ia dukung dengan inovasi pada teknologi
multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem belajar matematika online melalui
www.APiQQuantum.com. APiQ juga menawarkan beragam aplikasi di Android baik
berupa game matematika atau buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik
dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau
waralaba, yang merupakan sistem usaha paling efektif saat ini. Adapun, kendala
yang masih Agus hadapi adalah karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya
memerlukan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat
diatasi dengan memperkuat konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan
pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada
APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai
seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia
selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin
setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita memang perlu konsisten untuk
membangun negeri tercinta ini sesuai kapasitas masing-masing. Dan barangkali,
ia memang sengaja memilih jalur pendidikan matematika untuk berkontribusi
memajukan negeri. Memang berat rasanya, tapi sepanjang proses itu disyukuri,
maka rasa berat itu menjadi lebih ringan. Dan Agus beruntung memiliki keluarga
yang mendukung perjuangannya untuk berkontribusi melalui pendidikan matematika.
Pun secara finansial, ia juga masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal
kebutuhan untuk keluarganya, meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di
perusahaan besar, tentu akan berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari
perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah
satu jurusan terbaik yaitu Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat
berpeluang untuk bekerja di perusahaan besar nasional atau internasional.
Tetapi ia lebih memilih mengabdi melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta
ini. Sampai saat ini, Agus dan keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan
bila seandainya ada fasilias berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari
keluarganya untuk hidup sederhana, lebih banyak membantu sesama, dan memilih
hidup yang penuh makna. Dan Agus juga sangat bersyukur mendapatkan tanggapan
yang positif dari keluarga besarnya
Trik
konsisten improvement.
Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan
dan editing.
Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat
waktu, biaya, dan energi.
Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten
positif.
Gali lebih dalam analytic dan perhatikan trending serta
analytic canel lain.
Buat video lagi sesuai analytic.
Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.
Agar banyak nonton maka riset kata kunci di youtube juga
bisa.
Misal ketik "matematika" maka yang muncuk
konten apa aja. Kita buat konten yang sesuai tersebut.
Triknya bikin konten yang menarik yang sedang dicari
banyak orang.
Misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul
fitri?
Hisab hitungannya gimana?
Maka beliau buatkan video hitungan idul fitri ini. Dalam
1 hari ditonton 19 000 kali.
Banyak
apk gratis.
1. Polaris u papan digital
2. Mobizen u rekam layar dan suara
Bila perlu tambahan,
3. Canva desain gambar
4. Inshot edit video
Semua cukup pakai hp aja ya
Harus
memenuhi syarat jadi youtube partner
1. Subs minimal 1000
2. Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir
Maka bisa monet dan dapat uang
Cara
membuat konten kreatif di youtube sehingga ribuan orang bisa like video kita.
1. Bikin saja konten apa aja
2. Perbaiki dengan konten lebih baru
3. Pelajari statistik analytic yang disediakan youtube
4. Bikin konten lagi yang lebih baik
5. Ulangi lagi
Beliau
akan menambah dengan beberapa contoh pengalaman pribadi sebagai youtuber.
Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing.
Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting.
Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak
perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu
lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen
editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat
video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar
mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam
editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?
Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang.
Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit
sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.
Persiapan saya yang paling penting adalah desain power
point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan
polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing
video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling
berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.
Saya mengamati untuk konten matematika para penonton
lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya
buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian
akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan
materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis
komen.
Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan
desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda
mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya
perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload
ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video
untuk youtube.
Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia.
Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda
jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber
sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda
sendiri.
Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi
video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi
video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi,
suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup
produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan
bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman.
Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan
trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati
penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari
mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?
Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak
lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas
tanpa batas.
Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari
analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama
masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video
yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa
begitu?
Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang
mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih
dari 3 juta view.
Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya
buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.
Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu
bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count yang
sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending
youtube.
Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak
positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus
memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga.
Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.
KESIMPULAN :
Syarat
jadi youtube partner
1. Subs minimal 1000
2. Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir
Maka bisa monet dan dapat uang
Cara
membuat konten kreatif di youtube sehingga ribuan orang bisa like video kita.
1. Bikin saja konten apa aja
2. Perbaiki dengan konten lebih baru
3. Pelajari statistik analytic yang disediakan youtube
4. Bikin konten lagi yang lebih baik
5. Ulangi lagi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar