Jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru
Belajar Seri AKM Tingkat SD
[01] Pernyataan
yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
·
Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas
pembelajaran
·
Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai
individu
·
Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan
siswa
·
Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
[02] Dalam Asesmen Nasional pemetaan
aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
·
Survei karakter
·
Survei lingkungan belajar
·
Asesmen Kompetensi Minimum
·
Survei kualitas sekolah
[03]
Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam
pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….
·
Mengukur kualitas pembelajaran dan
iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
·
Mengukur hasil belajar non
kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
·
Mengukur hasil belajar secara
kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
·
Mengukur kemampuan akademik siswa
dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah
[04]
Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
·
Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI
sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
·
Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan
Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
·
Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa
sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
·
Ujian Nasional dilakukan secara
daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring
[05]
Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen
Kompetensi Minimum yaitu….
·
Jumlah butir soal yang diujikan pada
semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
·
Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan
mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
·
Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda,
menjodohkan, isian singkat, dan uraian
·
Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda
sesuai dengan peminatannya
[06] Dalam pelaksanaan Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
·
Teks informasi dan teks fiksi
·
Teks prosedur dan teks prosedur
kompleks
·
Teks observasi dan teks deskripsi
·
Teks wacana dan teks argumentasi
[07]
Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
·
Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi
apapun
·
Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
·
Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
·
Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa
[08] Asesmen Kompetensi Minimum dan
Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari
pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi
Minimum?
·
Konteks masalah yang diberikan
bersifat rutin dan sederhana
·
Soal bersifat relevan
dengan dunia nyata dan aplikatif
·
Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang
dipelajari
·
Dalam soal teks yang disajikan
pendek namun kurang mendalam
[09]
Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen
Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
·
Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang
esensial pada mata pelajaran tertentu
·
Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat
melanjutkan ke jenjang berikutnya
·
Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih
menekankan pada penguasaan materi
·
Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan
penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
[10] Dari yang sudah dipelajari
mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
·
Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi
penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
·
Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi
melaksanakan Ujian Sekolah (US)
·
Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk
mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
·
Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur
penguasaan siswa terhadap konten
[11] Perhatikan komponen berikut:
(a) Konten
(b) Proses kognitif
(c)
Proses non kognitif
(d)
Konteks
Manakah
yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?
·
(a), (b), (c)
·
(a), (b), (d)
·
(a), (c), (d)
·
(b), (c), (d)
[12]
Guru Anwar memberikan soal teks bacaan sederhana pada siswanya dengan
menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan
diukur oleh Guru Anwar?
·
Menemukan informasi
tersurat
·
Membandingkan hal-hal utama dalam
teks
·
Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
[13] Pada soal-soal literasi yang
diberikan, Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani
membuat pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi
komodo lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur
oleh Guru Rani?
·
Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks
·
Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
·
Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
[14] Guru Aziz meminta siswa untuk
memilih setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi
apakah yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?
·
Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen
intrinsik lain
·
Membandingkan hal-hal utama dalam
teks sastra
·
Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
·
Mengidentifikasi perubahan dalam elemen
intrinsik pada teks
[15] Pada asesmen numerasi tingkat SD,
hal yang akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran
2 yaitu….
·
Mengenal segi empat, segitiga, segi
banyak, dan lingkaran
·
Mengenal limas kerucut dan bola
·
Mengenal prisma dan tabung
·
Mengenal balok dan kubus
[16] Menyelesaikan soal mengenai
persamaan linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi
yaitu….
·
Bilangan
·
Geometri dan pengukuran
·
Aljabar
·
Data dan ketidakpastian
[17]
Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….
·
1 level pembelajaran
·
2 level pembelajaran
·
3 level pembelajaran
·
4 level pembelajaran
[18]
Analisis soal berikut dan temukan manakah yang termasuk dalam soal Asesmen
Kompetensi Minimum!
·
Andi memiliki 200 gram gula pasir
dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi ….
kilogram.
· Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut!
Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari
buah apel?/
·
KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama
adalah….
·
Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?
[19]
Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak
ada Ujian Nasional sebelumnya?
· Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada
siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan
·
Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD
untuk memasuki jenjang SMP
·
Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi
tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa
· Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban
karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses
[20] Pada tingkat SD asesmen literasi
maupun numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan
penjelasan yang tepat mengenai setiap level tersebut?
·
Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi,
mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun
geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan
serta relasi dan fungsi bilangan.
·
Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi,
mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan
bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya.
Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio
dan proporsi. Mempelajari data dengan
representasinya.
·
Pada level pembelajaran 1, siswa
akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan,
pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun
geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan,
relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan
representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
·
Pada level pembelajaran 3,
siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan,
pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun
geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan
fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan
representasinya.
[21]
Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
·
Berpusat pada materi pembelajaran
·
Belajar untuk cakupan materi
·
Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
·
Berorientasi pada nilai akhir
[22] Berikut adalah beberapa pernyataan
mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
- Menunjukkan kinerja dengan
menerapkan konsep
- Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata
siswa
- Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
- Berorientasi pada konteks dan penguasaan
kompetensi
- Berorientasi pada nilai akhir
- Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan
teks
Manakah pernyataan yang menunjukkan
pembelajaran berbasis konten?
·
1), 3), 5)
·
2), 4), 5)
·
3), 5), 6)
·
1), 4), 6)
[23]
Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang
dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat
dikategorikan dalam kelompok….
·
Perlu intervensi khusus
·
Dasar
·
Cakap
·
Mahir
[24]
Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan
beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat
dikategorikan dalam kelompok….
·
Perlu intervensi khusus
·
Dasar
·
Cakap
·
Mahir
[25] Bagaimana keterkaitan antara
Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
·
Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan
konten kurikulum
·
Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas
konten kurikulum secara keseluruhan
·
Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa
yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
·
Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan
kurikulum sekolah
[26]
Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik
dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….
·
Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
·
Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
·
Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk
menghasilkan kesimpulan
·
Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan
hal lain diluar teks maupun pengalamannya
[27] Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi
Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi
pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
·
Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat
kompetensi siswa
·
Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
·
Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
·
Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi
terendah siswa
[28] Dalam asesmen numerasi siswa
dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi
yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa
untuk….
·
Menyelesaikan soal sesuai konsep
matematika
·
Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami data dalam bentuk tabel
maupun grafik
·
Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika
[29] Apa tindak lanjut yang dapat
diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
·
Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan
untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
·
Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk
mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
·
Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan
mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
·
Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran
sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
[30] Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan
AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
·
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada
kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
·
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai
yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi
yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai
·
Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru
mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan
pembelajaran berbasis kompetensi
·
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan
memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua
siswa akan mencapai level mahir bersamaan